Rabu, 29 Mei 2013

Penetapan pemenang Seleksi Sederhana Metode Evaluasi Pagu Anggaran

Sesuai Perka 14 tahun 2012 penetapan pemenang Seleksi Sederhana Metode Evaluasi Pagu Anggaran berdasarkan Berita Acara Evaluasi Administrasi, Teknis, dan Biaya, Kelompok Kerja ULP menetapkan pemenang Seleksi dengan ketentuan : 
a) memiliki nilai teknis paling tinggi diantara peserta yang memiliki nilai teknis di atas ambang batas nilai teknis (passing grade); dan 
b) penawaran biaya terkoreksinya sama dengan atau lebih kecil dari nilai pagu anggaran.

Senin, 27 Mei 2013

Perangkapan tugas LPSE dengan pelaksana pengadaan



Perangkapan tugas pelaksana LPSE dengan  pelaksana pengadaan termasuk hal yang dilarang karena akan menimbulkan pertentangan kepentingan atau keraguan akan integritas sistem pelelangan lewat internet.

Instruksi Presiden mengenai Penghematan APBN

Instruksi Presiden Nomor 7 tahun 2013 tentang langkah-langkah Penghematan dan Pengendalian belanja kementerian/lembaga dalam rangka pelaksanaan APBN 2013.
Softvopy Instruksi Presiden dimaksud dapat diakses pada http//sipuu.setkab.go.id/index.php


hal-hal yang tidak substanstial yang menggugurkan penawaran



Seringkali dalam evaluasi ditemukan hal-hal yang tidak substanstial yang menggugurkan penawaran.

Pengadaan dari PNBP



Instansi kami mempunyai PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak), PNBP diterima dari waktu ke waktu ( day by day) selama satu tahun.

Sabtu, 25 Mei 2013

Pembayaran kontrak lump sum yang tidak selesai


Dalam banyak praktek pemilihan jenis kontrak lump sum lebih banyak  dipilih dibanding kontrak harga satuan. Dalam kenyataannya perencanaan kita dengan pelaksanaan dan dengan pembayarannya  seringkali mengalami dinamika yang tidak sama persis seperti yang kita bayangkan atau yang kita rencanakan.

Jumat, 24 Mei 2013

koreksi aritmatik untuk PPN

Penyedia yang akan ditetapkan sebagai pemenang dalam penawarannya memasukkan PPN dalam penawarannya, sedangkan barang yang akan diadakan (benih) bukan barang kena pajak , apakah kami (panitia) terlebih dahulu melakukan koreksi terhadap pajak (PPN 10%), sehingga harga penawarannya lebih kecil atau nanti setelah kontrak dibuat. Soalnya pajak tersebut tidak bisa dibayarkan ( Benih termasuk barang yang tidak kena pajak).

pengadaan buku untuk bahan pustaka

Bagaimana jenis pengadaan buku untuk bahan pustaka? dimana buku yang akan diadakan terdidiri dari berbagai jenis judul buku dengan nilai diatas 200 juta, dari pengarang dan penerbit yang berbeda? apakah dapat dilelangkan sekaligus atau dapat ditunjuk langsung dari penerbit masing-masing buku? bagaimana dengan pelelangan itemized? apakah dimungkinkan?
pengalamannya apabila dilelangkan sekaligus sering kali ada masalah karena penerbit mencabut dukungannya pada rekanan terpilih.


penggantian ditengah proses untuk pelaksana pengadaan

Apakah boleh mengganti pejabat pejabat pengadaan dan pejabat pembuat komitmen ditengah jalan (sebelum proses pengadaan selesai) apabila ybs dinilai tidak melaksanakan tugasnya? 

Kamis, 23 Mei 2013

Sanggahan banding di pemilihan langsung / pelelangan sederhana

Untuk yang menggunakan SPSE sebagai berikut :



Honorarium PPK, anggota ULP/Pejabat Pengadaan

Terkait Pasal 128 Perpres 54 tahun 2010, Pegawai Negeri yang ditugaskan sebagai PPK, anggota ULP/Pejabat Pengadaan, memperoleh tunjangan profesi yang besarnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Bagaimana membuat passing grade atau ambang batas ?



Tidak mencantumkan pembobotan dari unsur-unsur yang dinilai,

Pengadaan Pembangunan Gedung Kantor memakai sistem gugur yang menggunakan ambang batas nilai teknis, namun dalan Dokumen Pengadaan yang telah diupload tidak mencantumkan pembobotan dari unsur-unsur yang dinilai, sehingga dalam proses Evaluasi Teknis Panitia kesulitan dalam memberikan nilai terhadap unsurr-unsur yang dinilai tersebut.

Senin, 20 Mei 2013

Biaya Langsung Non Personil melebihi 40%



Biaya Langsung Non Personil dalam pekerjaan konsultan pada prinsipnya tidak melebihi 40%  dari total biaya, kecuali untuk jenis pekerjaan konsultansi yang bersifat khusus, seperti:

Minggu, 19 Mei 2013

Harga di catalog INAPROC ( info per 20 Mei 2013 )

Untuk pengadaan kendaraan, harga kendaraan masih merupakan acuan HPS sehingga diperlukan untuk dibuat HPS dan kemudian dilakukan negosiasi.

Pengadaan untuk alat pertanian dan bandwith internet, harga yang tertayang merupakan HPS sehingga masih dilakukan negosiasi.

Mengapa ada negosiasi harga ? Karena ketika dimasukan dalam katalog harga tersebut, bukan hasil pelelangan oleh LKPP sehingga masih diperlukan negosiasi.

Tidak mempunyai NPWP bisakah sebagai penyedia ?



Dalam pengadaan barang dan jasa, dimungkinkan penyedianya tidak memiliki NPWP, hal ini dapat dilakukan untuk pengadaan langsung.  Terhadap yang tidak memiliki NPWP maka tetap dikenakan PPN yaitu 10% (bila termasuk obyek PPN) dan dikenakan PPh lebih tinggi.

Standar dokumen pengadaan dapat diedit oleh pokja ULP



Standar dokumen pengadaan (SDP) atau standard bidding document (sbd) yang dibuat oleh LKPP adalah berfungsi sebagai acuan dalam pengadaan. Sehingga SDP atau SBD tersebut  dapat diubah, diedit, ditambah, atau dikurang sesuai kebutuhan pelelangan/seleksi.

Sabtu, 18 Mei 2013

DIPA masih dibintang ( di blokir )

DIPA kami masih diblokir bagaimana pelaksanaan pelelangan dan pekerjaan yang akan kami lakukan mengingat batas waktu anggaran adalah 31 Desember 2013 

PEDOMAN HPS KONSULTAN DI KEMENTERIAN PU



Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum
No. 03/SE/M/2013

PEMILIHAN HOTEL UNTUK KEGIATAN PERTEMUAN



Pengadaan jasa hotel diatas Rp. 200 juta dilakukan dengan penunjukkan langsung oleh kelompok kerja ULP (pasal 38 ayat 5f : sewa penginapan/hotel/ruang rapat yang tarifnya terbuka dan dapat diakses oleh masyarakat )

Pemilihan jasa hotel untuk perjalanan dinas



Jasa hotel untuk perjalanan dinas dapat dilakukan  kepada hotel mana saja asal tarif hotel tersebut

Rabu, 15 Mei 2013

Perpres 54 tahun 2010 masih tetap berlaku



Banyak dari para  pembaca Perpres pengadaan mendapati buku perpres di toko buku yang hanya berisi perubahan perpres 70 saja sehingga Perpres 54 tahun 2010 nya dianggap tidak ada dan Perpres 35 tahun 2011 dianggap dihapus.

metode evaluasi konsultan dengan nilai penawaran penyedia


Dalam evaluasi jasa konsultan ada empat metode evaluasi yaitu :

Minggu, 12 Mei 2013

Larangan Pertentangan Kepentingan



Para pihak dalam melaksanakan tugas, fungsi, dan perannya, menghindari dan mencegah pertentangan kepentingan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Klarifikasi dan Negosiasi untuk Konsultan Perorangan



Klarifikasi dan negosiasi teknis dan biaya dilakukan oleh Pejabat Pengadaan dengan Penyedia yang bersangkutan.

Rabu, 08 Mei 2013

Buku "Kontrak pengadaan pemerintah"


Buku ini Harga Rp. 50.000 (belum termasuk onkos kirim) dapat dipesan di  087 88 55 89 333 atau PIN BB 27328C11

Dapat juga diperoleh di Koperasi LKPP yaitu di Resepsionis

Buku "mudah memahami pbj jilid 3"


Buku ini berisi kumpulan pembahasan mengenai pengadaan barang dan jasa yang merupkan kelanjutan dari jilid 1 dan jilid 2. 

Harga Rp. 50.000 (belum termasuk onkos kirim) dapat dipesan di  087 88 55 89 333 atau PIN BB 27328C11

Dapat juga diperoleh di Koperasi LKPP yaitu di Resepsionis

Penunjukan KPA untuk dekonsentrasi , Urusan Bersama dan Tugas Pembantuan



Penunjukan KPA atas pelaksanaan dana Dekonsentrasi dilakukan oleh Gubernur selaku pihak yang diberikan pelimpahan sebagian urusan pemerintahan yang menjadi
kewenangan Kementerian Negara/Lembaga.

Sabtu, 04 Mei 2013

AS BUILT DRAWING



Shop drawing yang dibuat oleh  pelaksana kontruksi bila disetujui oleh konsultan pengawas maka akan dikerjakan. 

Jumat, 03 Mei 2013

shop drawing

Konsultan Perencana membuat  Detail Engineering Design diantaranya adalah gambar. 
Sedangkan pelaksana konstruksi  membuat gambar atau Shop drawing dengan memperhatikan gambar dari

Detail Engineering Design (DED)



Detail Engineering Design (DED)  adalah produk dari konsultan perencana, yang biasa digunakan dalam membuat sebuah perencanaan detail bangunan sipil seperti gedung, jalan, jembatan, bendungan, dsb

Kamis, 02 Mei 2013

Data kualifikasi dari anggota kemitraan


Apabila perusahaan yang melakukan KSO, tidak mengupload data kualifikasi kedua perusahaan, tetapi hanya perusahaan induk, apa yang harus dilakukan?

Ketua Pokja ULP / anggota pokja ulp ikut diklat

Kelompok kerja Unit Layanan Pengadaan  ada 5 orang.  Pokja ini dibentuk dengan SK Bupati. Ketua Pokja akan mengikuti

Rabu, 01 Mei 2013

Pembukaan Penawaran di sistem SPSE


Apakah bisa Pembukaan Dokumen Penawaran, di buka dan disaksikan bersama - sama rekanan yang menawar pada paket yang diikuti. karena kami sebagai rekanan tidak bisa melihat jelas penawaran rekanan yang lainnya.


Bagaimana pengadaan untuk barang rekondisi ?



Pemerintah dalam melaksanakan fungsi dan kinerjanya harus memiliki sarana dan prasarana