Thursday, December 26, 2013

SURAT PEMUTUSAN KONTRAK



Sehubungan dengan pekerjaan ………………………………………. Sesuai kontrak No…. tanggal…   disampaikan bahwa pekerjaan sampai saat ini(atau sesuai batas kontrak)  pada tanggal .....   mencapai …….     %   yang seharusnya ….. %.  dan memperhatikan mengenai pemutusan kontrak sesuai :
a.      

Penunjukan langsung menjadi pidana ?

Kalau kontrak harga pasar sebenarnya dan tidak ada suap/gratifikasi dsb maka hanya menjadi masalah kesalahan administrasi negara.

Monday, December 23, 2013

Penulisan rencana pengadaan secara multi years di SIRUP



SIRUP (Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan).

Biaya Overhead Berdasar panduan Analisa Harga Satuan Ditjen Bina Marga Kemen PU



Biaya umum atau overhead adalah biaya yang dikeluarkan untuk mendukung terwujudnya pekerjaan (proyek) yang bersangkutan, atau biaya yang diperhitungkan sebagai biaya operasional dari Penyedia meliputi pengeluaran untuk:

Pekerjaan Selesai tapi ditemukan kekurangan



Dalam pelaksanaan pekerjaan kontruksi diperiksa oleh konsultan pengawas telah selesai 100%. Kemudian dilakukan serahterima kepada panitia penerima hasil pekerjaan dan selanjutnya diproses pembayaran 100% oleh PPK.
Berikutnya dalam masa pemeliharaan PPK meragukan progres pekerjaan yang mencapai 100%. 

Tidak selesai, apakah dikenakan denda ?



Kontrak pengadaan barang senilai Rp. 5 miliar dengan berakhir kontrak tanggal 11-12-2013
Penyedia menyerahkan barang pada tanggal 10-12-2013.   Pada tanggal 23-12-2013 akan dibayar.

Saturday, December 21, 2013

Sedang kontrak ternyata kena daftar hitam



Pekerjaan dengan PT ABC sedang dilakukan kemudian diketahui PT ABC dikenakan daftar hitam.
Kontrak dilakukan pada 1 Agustus 2013 s.d. 30 Nopember 2013.
Pada tanggal 30 September 2013 PT ABC diketahui dikenakan daftar hitam.
Ini harus diperjelas lagi.

Sudah kena daftar hitam sebelum kontrak atau dikenakan daftar hitam sesudah kontrak ?

Bila sebelum kontrak mengenai pengenaan daftar hitam maka kontrak diputus.
Bila pengenaan daftar (penetepan daftar hitam) di saat kontrak berjalan, maka kontrak diteruskan.

Penyedia yang melakukan pekerjaan tidak boleh terkena dafatar hitam berdasar Pasal 19 ayat 1n  
 ...”tidak masuk dalam Daftar Hitam

Selanjutnya penyedia yang kena daftar hitam, dapat dilakukan pemutusan kontrak berdasar Perpres 70 tahun 2012 Pasal 93 ayat 1c
Penyedia Barang/Jasa terbukti melakukan KKN, kecurangan dan/atau pemalsuan dalam proses Pengadaan yang diputuskan oleh instansi yang berwenang.”
Selanjutnya apakah kontrak diputus  dalam hal sudah terkena daftar hitam ketika pelaksanaan kontrak, sedangkan bila diputus akan mengakibatkan negara lebih rugi maka bila kontrak tersebut bukan satu kesatuan output maka agar diputus kontrak tersebut.
Namun bila output pekerjaan dari kontrak ini merupakan satu kesatuan output maka pekerjaan dapat dipertimbangkan apakah bila diputus akan membawa dampak kerugian yang lebih besar. Dalam hal YA, dengan demikian bila output pekerjaan dari kontrak ini merupakan satu kesatuan output maka dengan memperhatikan prinsip efektif dan efisien kontrak dapat diteruskan.

Rujukan Peraturan Kepala LKPP No. 7 tahun 2011
Perka LKPP No 18 tahun 2015

Pekerjaan renovasi gedung yang tidak mencapai terminnya


Kontrak pekerjaan berakhir pada tanggal 15 Desember 2013, namun prestasi kerja hanya mencapai 27,8%, Beberapa kali rapat sudah disampaikan prestasinya yang buruk, sehingga sampai terbit Tegoran I dan II dari pengawas dan Peringatan I dari PPK.

Friday, December 20, 2013

Pilihan Pola Pembayaran Kontrak



Contoh ada kontrak pekerjaan selama 8 bulan maka pilihan pembayaran kontrak dapat  dibuat dengan pilihan-pilihan sebagai berikut :

Thursday, December 19, 2013

Persyaratan berlebihan mengenai SKA / SKT

Pada pelelangan pekerjaan Pembangunan Gedung Sekolah, Pokja ULP mensyaratkan personil inti bersertikat tenaga ahli (SKA) dan jumlahnya juga terlalu banyak, padahal pekerjaan tersebut diperuntukkan kepada badan usaha kualifikasi kecil. Hal itu mengacu pada nilai HPSnya yakni sebesar Rp 1.2 M.

Peraturan peraturan mengenai E purchasing



Wednesday, December 18, 2013

PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH DENGAN E-PURCHASING. SEBUAH PARADIGMA BARU


Perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi yang sangat pesat akhir-akhir ini mendorong perilaku individu maupun organisasi menjadi semakin lebih dinamis. Banyaknya kemudahan yang ditawarkan oleh produk yang dihasilkan dari perkembangan teknologi informasi semakin mempengaruhi gaya hidup, wawasan bahkan pengambilan keputusan baik yang dilakukan oleh pribadi, kelompok, maupun organisasi baik di sektor swasta dan juga pemerintahan

Monday, December 16, 2013

Penyesuaian Harga Atau Eskalasi Harga Dilakukan Oleh ?



Perhitungan penyesuaian harga atau eskalasi harga dilakukan oleh PPK sendiri atau dibantu oleh yang kompeten. Saya sarankan untuk melibatkan Inspektorat.

Rencana Anggaran ULP

1. Alat Tulis Kantor/Kertas/Tinta Printer

Sunday, December 15, 2013

Apakah Pembayaran Kontrak Jasa Konsultasi Yang Menggunakan Kontrak Lump Sum masih diperlukan rincian bukti ?



Dalam pasal 51 ayat 1 Perpres 54 tahun 2010 beserta perubahannya disebutkan antara lain bahwa kontrak lump sum  untuk sifat pekerjaan yang berorientasi kepada keluaran (output based), total harga penawaran bersifat mengikat dan tidak diperbolehkan adanya pekerjaan tambah/kurang.

Saturday, December 14, 2013

Pengaturan lelang melanggar hukum pidana ?

Pengaturan pengadaan untuk memenangkan penyedia tertentu oleh panitia pengadaan / penyedia adalah melanggar hukum persaingan usaha (Pasal 22 UU No. 5 tahun 1999 ). Sepanjang perbuatan tersebut tidak ada suap dan atau tidak mengetahui ada mark up HPS. Jadi jangan dinilai sebagai tindakan pidana.

Thursday, December 12, 2013

Daftar Perusahaan Penjaminan untuk surat jaminan pengadaan barang dan jasa

Daftar Perusahaan Penjaminan Yang dapat melakukan penjaminan pengadaan barang dan atau jasa (Surety Bond) Berdasar Surat No. S 346/NB.2/2013 Tanggal 2 Desember 2013

Pembayaran swakelola ke Perguruan tinggi negeri





Adanya MOU antara instansi dengan perguruan tinggi negeri (PTN)

Wednesday, December 11, 2013

Total lost atau bisa dibayar

Dalam pengadaan alat peraga yang dibagikan untuk banyak sekolah, ada kesalahan prosedur dalam proses pelelangan. Kesalahan ini diketahui setelah kontrak sudah selesai.

Kontrak berakhir diteruskan atau diputus

Kontrak berakhir tanggal 14 Desember 2013
Baru selesai 89%, dalam penilaian bersama diperkirakan bila diberi perpanjangan waktu 30 hari (s.d. 13 Januari 2014) akan selesai 100%.

Monday, December 9, 2013

PILIHAN PENGENAAN DENDA KONTRAK


Pilihan pengenaan denda sangat menentukan bagi penyedia. Jadi kepentingan penyedia untuk mensepakati pilihan pengenaan denda harusnya sangat dominan. Ketika denda yang seharusnya denda atas bagian kontrak namun ditetapkan atas nilai keseluruhan nilai kontrak, tentunya penyedia yang akan menanggung risiko pengenaan denda.

Saturday, December 7, 2013

Friday, December 6, 2013

Kontrak obat secara epurchasing yang tidak bisa dipenuhi



Telah dilakukan kontrak pengadaan obat secara catalog dengan Epurchasing. Dalam pelaksanaannya, penyedia tidak dapat memenuhi sebagian obat karena dihentikan/belum dipenuhinya ketentuan sesuai ketentuan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Tuesday, December 3, 2013

Surat dukungan pabrikan

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah pada penjelasan Pasal 96 ayat (9) dinyatakan bahwa untuk pengadaan barang impor dilengkapi dengan sertifikat keaslian (certificate of origin) dan surat dukungan pabrikan/prinsipal (supporting letter).

SIFAT MELAWAN HUKUM TINDAK PIDANA KORUPSI

SIFAT MELAWAN HUKUM TINDAK PIDANA KORUPSI PADA PASAL 2 UUTPK

KONTRAK LUMP-SUM Pekerjaan Konstruksi



Sering kita lebih suka memilih kontrak lump sum, tetapi dalam pelaksanaannya ternyata diperlukan perubahan.

Monday, December 2, 2013

Keberhasilan memilih jasa konsultan

Dalam pekerjaan non konsultan untuk memperoleh barang/jasa yang baik diperlukan adanya spesifikasi yang jelas seperti contoh adanya deskripsi barang/jasa dengan jelas atau gambar konstruksi yang jelas dsb.