Sunday, July 31, 2016

DISKRESI DALAM UU NO 30 TAHUN 2014

DISKRESI
Bila diperhatikan secara lebih cermat, dari hal-hal yang secara keseluruhan diatur dalam undang-undang no.30 tahun 2014, dapat dikatakan bahwa tampaknya undang-undang tersebut berusaha mewadahi berbagai ketentuan yang selama ini telah dilaksanakan dalam praktek ke dalam sebuah dokumen hukum. Tujuannya adalah agar terdapat kepastian hukum dan keseragaman dalam penafsiran. Dengan lahirnya Undang-undang tersebut, berbagai pihak kini memiliki kepastian tentang pengertian administrasi pemerintahan, pejabat pemerintahan, maupun tindakan yang dilakukannya.

Dobel PPN ?

PPN
Selamat pagi. Sy mau tanya pak. yg di maksud dengan PPN dalam pengadaan barang dan jasa itu bgmn? karena waktu pembelian bahan bangunan di toko, kita sudah dikenakan PPN, sedangkan dalam akhir RAB total biaya selalu di kali denga PPN 10%. Berarti dalam pengadaan barang dan jasa, PPN dikenakan 2x. Mohon penjelasannya..

SURAT DUKUNGAN DALAM PEKERJAAN KONSTRUKSI ?

Kalo penyedia pt z ditetapkan pemenang lelang saat ini.
Ternyata seorang tenaga ahli si f dan alat yang sama telah dipakai pt w untuk kontrak yg sedang berjalan.
Apakah pt z dibatalkan dan digugurkan ?
Atau tenaga ahli dan alat agar diganti saja ?

Wednesday, July 27, 2016

SATU PENYEDIA MENAWAR BEBERAPA PAKET PEKERJAAN DENGAN TENAGA DAN ALAT YANG SAMA

Dalam hal Penyedia mengikuti beberapa paket pekerjaan konstruksi dalam waktu bersamaan dengan menawarkan peralatan yang  sama untuk beberapa paket yang diikuti dan dalam evaluasi memenuhi persyaratan pada masing-masing paket pekerjaan, maka hanya dapat ditetapkan sebagaipemenang pada 1 (satu) paket pekerjaan dengan cara melakukan klarifikasi untuk menentukan peralatan tersebut akan ditempatkan, sedangkan untuk paket pekerjaan lainnya dinyatakan peralatan tidak ada dan dinyatakan gugur.

Tuesday, July 26, 2016

DUKUNGAN BANK

1. dukungan bank adalah bahwa bank akan memberikan dana bila penyedia yang bersangkutan ditunjuk sebagai penyedia

PENUNJUKAN LANGSUNG HARAM MUTLAK ?

Penunjukan langsung ?
Pengadaan itu tidak harus lelang.
Dimulai dari identifikasi kebutuhan
Dan identifikasi penyedia.
Hasilnya pengadaan dengan katalog / lelang / penunjukan langsung.
Kemudian dicari aturan terkait itu.

KD untuk perusahaan yang baru

Pada pengadaan jasa konstruksi kualifikasi non kecil. apakah persyaratan KD (Kemampuan Dasar) berlaku mutlak? Untuk perusahaan yang baru berdiri kurang dari 3 tahun dan belum memiliki pengalaman pada sub bidang sejenis, bisakah dikecualikan dari persyaratan KD tersebut?

Monday, July 18, 2016

PEKERJAAN KONSULTAN PERENCANA / PENGAWASAN DI KERJAKAN SENDIRI

Apakah ada batasan besar nilai paket supervisi untuk paket fisik?
Misal : paket fisik jalan rP. 5 milyar, apakah boleh diswakelola supervisinya?, bila tidak, berapa nilai supervisinya?

Respon 

LELANG CEPAT DAN PEMBUKTIAN KUALIFIKASI

Saya sudah lelang cepat..untuk beberapa paket....tetapi tidak ada penyedia yang datang pembuktian kualifikasi...padahal sudah pada menawar penyedianya....apakah penyedia tersebut melanggar aturan karena tidak datang pembuktian kualifikasi.
Respon :

Thursday, July 14, 2016

Pengadaan instalasi dan partisi untuk infrastruktur teknologi

Pengadaan jaringan it, peralatan it dan bangunan partisi ruangan. Yang jaringan it nya melekat pada bangunan. Ini baiknya pengadaan barang atau pengadaan konstruksi ?

Tuesday, July 12, 2016

Data pembuatan HPS konsultan internasional

1. data INKINDO
2. KELLY SERVICE
3. ROBERT HALF
4. Kontrak-kontrak sejenis
dsb

Ketidaktepatan pembuatan HPS di tipikor kan ?

Assalaikum apakah bisa disangkakan korupsi akibat hps yg diduga saya lakukan tidak atas dasar keahlian sementara telah memiliki sertifikat pepres 80 dan pepres 70 ?

Dokumen pengadaan salah maka lelang ulang ?

Bapak dan ibu, di pojka kami ada pekerjaan kontruksi dan sudah ada pemenangnya PT. A, kemudian di sanggah oleh PT. B karena spek yg ditawarkan pemenang tidak sesuai dengan spek pada RKS yaitu K-500 sedangkan pemenang menawarkan K-450 (catatan: ada perbedaan spesifikasi di dokumen RKS yg dibuat konsultan perencana memuat mutu beton tiang pancang K-500 dan di BoQ mutu beton tiang pancang K-450) sehingga kami menilai bahwa ada perbedaan pada dokumen pengadaan dan menyatakan lelang dibatalkan, kemudian PT. A mengajukan surat keberatan kepada kami atas pembatalan tsb dan mengancam kami akan memperkarakan ke ranah hukum, tindakan apa yg harus pokja lakukan? Apakah perlu dikonsultasikan ke LKPP? Adae pendapat lain? Terima kasih atas bantuannya...