header 2

𝘉𝘭𝘰𝘨 𝘪𝘯𝘪 𝘩𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘱𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘱𝘳𝘪𝘣𝘢𝘥𝘪 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘶𝘬𝘶𝘯𝘨 𝘬𝘦𝘮𝘢𝘫𝘶𝘢𝘯 𝘐𝘯𝘥𝘰𝘯𝘦𝘴𝘪𝘢 𝘮𝘦𝘭𝘢𝘭𝘶𝘪 𝘱𝘦𝘯𝘨𝘢𝘥𝘢𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘶𝘥𝘢𝘩 , 𝘦𝘧𝘪𝘴𝘪𝘦𝘯,𝘦𝘧𝘦𝘬𝘵𝘪𝘧,𝘵𝘳𝘢𝘯𝘴𝘱𝘢𝘳𝘢𝘯,𝘣𝘦𝘳𝘴𝘢𝘪𝘯𝘨, 𝘢𝘥𝘪𝘭/𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘥𝘪𝘴𝘬𝘳𝘪𝘮𝘪𝘯𝘢𝘵𝘪𝘧 𝘥𝘢𝘯 𝘢𝘬𝘶𝘯𝘵𝘢𝘣𝘦𝘭.

harga satuan timpang dengan audit dan apeha ?

Boleh nanya lagi mengenai harga satuan penawaran dari penyedia ?
Ini kontrak sudah selesai, ternyata ada harga satuan timpang

Tidak masalah ada harga satuan timpang , asal hps nya secara total wajar , tidak ada perubahan volume dan kontraknya prestasinya 100%

Dan ternyata pokja pemilihan TIDAK melakukan klarifikasi dan kontrak sudah dibayar lunas ?

 Pokja tidak mengklarifikasi, ya salah
Tetapi ya tidak apa-apa ketika tidak ada perubahan terhadap yang harganya timpang.
Mungkin pokja kurang teliti atau kurang kompetensi sehingga perlu ada training mengenai hal ini untuk pokja.
Jadi kalaulah ada perubahan perubahan volume ketika pelaksanaan kontrak dan harganya timpang maka memakai harga hps atau harga negosiasi kalo dipekerjaan konstruksi.

Kalaulah ada perubahan di kontrak yaitu perubahan volume dan harganya TIDAK timpang maka memakai harga SATUAN penawaran tersebut.
Kalo permen pupr 7 2019, untuk harga satuan yang tidak timpang, kalo bertambah melebihi 10% dilakukan negosiasi harga.

Bagaimana kalau kontraknya tidak mencapai 100% dan ada harga satuan timpang ?

Ini menjadi perhatian kalo yang harga satuan timpang terlaksana dan pekerjaan yang tidak timpang yang tidak terlaksana. Kalo demikian agar dihitung bersama, jangan sampai negara lebih bayar dan jangan sampai penyedia rugi.

Jadi pengembalian kelebihan bayar adalah sesuatu yang biasa dalam transaksi pemerintah ?

Ya diberbagai negara di dunia pengadaan itu proses administrasi atau perdata di kontraknya, di Indonesia sangat kental menjadi aspek hukum tipikor.

Ya kalau ada lebih bayar, kembalikan ke kas negara / kas daerah.
Bukan korupsi, sepanjang tidak ada intervensi negatif, kolusi dan aliran fee.

Auditor tidak perlu mempermasalahkan timpang ketika secara total HPS wajar, ada negosiasi atau memakai harga HPS bila ada tambahan volume , bagaimana sebenarnya auditor harus mengaudit ?

Audit memperhatikan kontrak, yaitu diaudit prestasi yang terbayar atas volume/gambar, mutu dengan spek yang benar, waktu terlambat , berfungsi, dan secara total harga kontrak wajar

Demikian, kita ikuti upate aturan setiap saat, patuhi dan jangan lakukan intervensi negative dari kepala derah , dewan , kepala dinas atau siapapun, jangan kolusi dan jangan ada aliran fee.

Post a Comment

1 Comments

  1. Do you need to hack into any, databaseserver spy on Facebook,Emails, Whatsapp, Viber, Snapchat, Instagram and many more.
    I urge you to get in touch with the best people for the job, i have confirm the service when i need to spy on my spouse phone. They are good at Phone Cloning and Bitcoin/binary minning and any other hack job.
    Thanks guys for the team work HACKINTECHNOLOGYATGMAILDOTCOM

    +12132951376(WHATSAPP)

    ReplyDelete