header 2

š˜‰š˜­š˜°š˜Ø š˜Ŗš˜Æš˜Ŗ š˜©š˜¢š˜Æš˜ŗš˜¢ š˜±š˜¦š˜Æš˜„š˜¢š˜±š˜¢š˜µ š˜±š˜³š˜Ŗš˜£š˜¢š˜„š˜Ŗ š˜¶š˜Æš˜µš˜¶š˜¬ š˜®š˜¦š˜Æš˜„š˜¶š˜¬š˜¶š˜Æš˜Ø š˜¬š˜¦š˜®š˜¢š˜«š˜¶š˜¢š˜Æ š˜š˜Æš˜„š˜°š˜Æš˜¦š˜“š˜Ŗš˜¢ š˜®š˜¦š˜­š˜¢š˜­š˜¶š˜Ŗ š˜±š˜¦š˜Æš˜Øš˜¢š˜„š˜¢š˜¢š˜Æ š˜ŗš˜¢š˜Æš˜Ø š˜®š˜¶š˜„š˜¢š˜© , š˜¦š˜§š˜Ŗš˜“š˜Ŗš˜¦š˜Æ,š˜¦š˜§š˜¦š˜¬š˜µš˜Ŗš˜§,š˜µš˜³š˜¢š˜Æš˜“š˜±š˜¢š˜³š˜¢š˜Æ,š˜£š˜¦š˜³š˜“š˜¢š˜Ŗš˜Æš˜Ø, š˜¢š˜„š˜Ŗš˜­/š˜µš˜Ŗš˜„š˜¢š˜¬ š˜„š˜Ŗš˜“š˜¬š˜³š˜Ŗš˜®š˜Ŗš˜Æš˜¢š˜µš˜Ŗš˜§ š˜„š˜¢š˜Æ š˜¢š˜¬š˜¶š˜Æš˜µš˜¢š˜£š˜¦š˜­.

Jumlah Sumber HPS (HPS -4)

Dalam membuat HPS, sesuai dengan  uraian di HPS-3 bisa dibuat dari rata-rata atau harga tertinggi.. Selanjutnya berapa jumlah data yang diperlukan dalam pembuatn HPS ?

Jumlah sumber data untuk data survei HPS tidak disebut dalam Perpres 54, kecuali di Pengadaan Langsung..
Di Perpres 54 Pasal 57 untuk pengadaan langsung  dilakukan survei harga pasar dengan cara membandingkan minimal dari dua Penyedia, atau  mencari informasi barang dan harga melalui media  elektronik maupun non-elektronik 

Untuk pelelangan, berapa yang diperlukan, jawabnya adalah disesuaikan dengan kebutuhan pelelangan yaitu minimal bisa diikuti oleh tiga penyedia. Dengan demikian sumber data HPS diperlukan adalah minimal dari tiga sumber data.



Post a Comment

2 Comments

  1. apakah boleh nilai HPS memiliki selisih nilai yang sangat signifikan dengan nilai pagu pake???
    mohon jawabannya admin

    ReplyDelete