Saturday, June 29, 2013

Kerugian negara dan harga pasar

 Dalam menentukan kerugian negara sangat berkaitan dengan penentuan harga pasar yang wajar. Penentuan ini akan sangat bergantung pada ada tidaknya pembanding dari barang yang sejenis yang dinilai. Harga pembanding ini harus sama atau mendekati harga wajar yang terjadi. Untuk itu harga pembanding harus memenuhi unsur  arm’s lenght transaction (  transaksi yang bersifat wajar) 

Arm’s lenght transaction  digunakan di pemerintah Amerika serikat untuk menentukan nilai  kewajaran harga, jika kriteria arm’s lenght transaction   tidak terpenuhi maka harga barang tersebut adalah harga yang tidak wajar.
Kriteria arm’s lenght transaction (  transaksi yang bersifat wajar)    antara lain :
    1. Transaksi tidak dilakukan dengan para pihak yang mempunyai hubungan istimewa (Sedarah semenda, perusahaan dalam afiliasi, pihak yang mempunyai kepentingan modal dll)
    2. Mewakili kepentingan terbaik, untuk mencari profit dan tidak ada penyuapan.
    3. Dalam kondisi nilai pasar yang wajar
    4. Dilakukan dengan niat atau itikat yang baik.  Kalau suatu pengadaan barang dan jasa dalam perencanaan dan prosesnya sudah terindikasi adanya kecurangan, maka dikatakan pengadaan tersebut telah dipenuhi niat yang tidak baik.
    5. Dalam perjalanan bisnis yang normal. Yaitu tidak dalam kondisi adanya monopoli atau adanya tata niaga yang mengarah kepada praktik persaingan yang tidak sehat.
    6. Pihak-pihak yang terkait mempunyai kepentingan yang independen 
(dari berbagai sumber di internet)

No comments:

Post a Comment