header 2

𝘉𝘭𝘰𝘨 𝘪𝘯𝘪 𝘩𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘱𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘱𝘳𝘪𝘣𝘢𝘥𝘪 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘶𝘬𝘶𝘯𝘨 𝘬𝘦𝘮𝘢𝘫𝘶𝘢𝘯 𝘐𝘯𝘥𝘰𝘯𝘦𝘴𝘪𝘢 𝘮𝘦𝘭𝘢𝘭𝘶𝘪 𝘱𝘦𝘯𝘨𝘢𝘥𝘢𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘶𝘥𝘢𝘩 , 𝘦𝘧𝘪𝘴𝘪𝘦𝘯,𝘦𝘧𝘦𝘬𝘵𝘪𝘧,𝘵𝘳𝘢𝘯𝘴𝘱𝘢𝘳𝘢𝘯,𝘣𝘦𝘳𝘴𝘢𝘪𝘯𝘨, 𝘢𝘥𝘪𝘭/𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘥𝘪𝘴𝘬𝘳𝘪𝘮𝘪𝘯𝘢𝘵𝘪𝘧 𝘥𝘢𝘯 𝘢𝘬𝘶𝘯𝘵𝘢𝘣𝘦𝘭.

Bagaimana menilai kompetensi penyedia konsultan ?

Sering dalam menilai penyedia jasa konsultansi yang hanya berdasarkan penilaian data kualifikasi, administrasi, teknis dan harga  akan menemui kekecewaan, penyedia konsultan tidak sesuai yang diharapkan. Beberapa hal berikut ini dapat dilakukan untuk menemukan penyedia konsultan yang sesuai antara lain :

a. laporan-laporan atas pekerjaan yang pernah dilakukan
   Kita dapat melihat kontrak-kontrak yang pernah dilakukan dan hasil dari kontrak tersebut yaitu laporan
   pekerjaan yang dihasilkan.
   Laporan-laporan tersebut dapat kita nilai apakah penyedia konsultan ini kompeten atau tidak.

b. beauty contest
    Untuk memenuhi kualifikasi, administrasi dan teknis dapat lakukan beauty contest, yaitu penyedia diminta presentasi mengenai yang akan dilakukan mengenai pekerjaan yang kita minta. Disini kita harus dapat menggali dan  menanyakan hal-hal yang penting kepada penyedia untuk tercapainya pekerjaan ini. Bila metode ini digunakan agar disebutkan dalam dokumen pengadaan.

c. klarifikasi
Klarifikasi dilakukan kepada pihak-pihak yang pernah melakukan kontrak dengan penyedia konsultan ini.

d. pelacakan kompetensi  penyedia dan tenaga ahli
Pelacakan kompetensi penyedia dilakukan melalui data daftar hitam atau data-data lain yang tersedia di internet. Pelacakan meliputi nama perusahaan maupun nama-nama tenaga ahli, dikaitkan dengan permasalahan, prestasi atau sertifikasi yang dimiliki..

Post a Comment

0 Comments