Sunday, July 21, 2013

Satu orang yang sama, ada namanya di dua penawaran penyedia



Pada proses pelelangan secara elektronik pada satu paket pekerjaan, CV. ABC melakukan penawaran dan CV. FGH juga melakukan penawaran pada paket yang sama.
Setelah kami evaluasi ternyata CV. FGH  memakai ijazah dan SKA atas nama direktur CV. ABC yang juga menawar pada paket yang sama.

Kebetulan CV. FGH  merupakan calon pemenang lelang.

Apa tindakan panitia lelang terhadap nama 1 orang yang sama dalam dua penawaran tersebut ?

Hal tersebut sebagai pertentangan kepentingan.   
Bila terbukti benar atau dilakukan klarifikasi benar  bahwa orang tersebut sama  maka kedua penyedia tersebut digugurkan.
Pasal 6 Perpres 70  tahun 2012 menyebutkan contoh ANTARA LAIN, yang mengandung maksud, dalam hal adanya substansi yang sama maka diperlakukan ketentuan yang sama.

Pasal 6 huruf e  Perpres 70  tahun 2012
Menghindari dan mencegah terjadinya pertentangan kepentingan para pihak yang terkait, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam proses Pengadaan Barang/Jasa;
Penjelasan: Pertentangan kepentingan para pihak yang terkait, baik secara langsung maupun tidak langsung meliputi antara lain :
a. dalam suatu Badan Usaha, seorang anggota Direksi atau Dewan Komisaris merangkap sebagai anggota Direksi atau Dewan Komisaris pada Badan Usaha lainnya yang menjadi peserta pada Pelelangan/ Seleksi yang sama;

No comments:

Post a Comment