Sunday, July 28, 2013

Waktu pelaksanaan kontrak tidak cukup, tidak sesuai dengan draft kontrak

Pokja pengadaan sudah menetapkan dalam Dokumen Pengadaan bahwasanya suatu paket pengadaan konstruksi mempunyai masa pelaksanaan yang tidak melampaui tahun anggaran dengan mempertimbangkan tanggal tanda tangan kontrak.


Karena terjadinya keterlambatan proses penetapan pemenang lelang pada saat proses pengadaan, masa pelaksanaan yang terdapat dalam Dokumen Pengadaan sudah melampaui tahun anggaran.
Pada saat PA/KPA/PPK menyusun Dokumen Kontrak, kalau masa pelaksanaan diambil masa pelaksanaan yang terdapat dalam Dokumen Pengadaan, maka masa pelaksanaan kontrak akan berakhir melampaui tahun anggaran.
Yang menjadi pertanyaan kami, dalam kondisi seperti ini, apa yang harus dilakukan oleh seorang PA/KPA/PPK?.

 Keterlambatan proses penetapan pemenang lelang selain akan berakibat pada masa pelaksanaan yang mungkin melampaui akhir tahun anggaran, kemungkinan akan berdampak pula terhadap masa berlaku penawaran dan jaminan penawaran.

Bila penawaran dan jaminan penawaran masih berlaku dan penyedia bersedia untuk mempercepat masa pelaksanaan, tanpa menuntut penambahan biaya yang diakibatkan, maka kontrak dapat ditandatangani dengan masa pelaksanaan yang disesuaikan. Namun bila penyedia tidak bersedia, maka dilakukan pembatalan.

No comments:

Post a Comment