Saturday, May 24, 2014

Pengadaan mesin penghancur sampah

Ada pengadaan mesin penghancur sampah sebanyak  7  unit beserta konstruksi (mesin dan bangunan). Tiap unit telah tercantum dalam setiap DPA (Dokumen Pelaks Anggaran) masing-masing SKPD (7 kecamatan masing-masing 1 unit mesin dalam 7 DPA). Nilai dalam pagu DPA per unit sebesar Rp 105 juta, sehingga apabila ditotal ada Rp 735 juta.

PERTANYAAN :
1. Metode pengadaan apakah yg sebaiknya dilaksanakan? apakah melalui masing-masing SKPD menggunakan metode Pengadaan Langsung dimana spesifikasi mesin tsb semua sama dan melalui 1 penyedia yg sama ATAU melalui Pelelangan Umum/Sederhana menggunakan kontrak Pengadaan Bersama?
2. Apabila kami akan melakukan pelelangan umum/sederhana, apakah perlu dilakukan revisi DPA terlebih dahulu dengan cara menggabungkan ke-7 unit mesin tsb ke dalam 1 DPA SKPD Badan Lingkungan Hidup atau Pekerjaan Umum ATAU tetap di masing-masing kecamatan DPA-nya (7 PPK dengan 1 penyedia)?


1. pengadaan adalah pilihan-pilihan, bila masing-masing DPA dibawah Rp 200 juta dilakukan pengadaan langsung, dapat juga dilakukan pengadaan bersama, silahkan dipertimbangkan berdasar efektif dan efisien untuk daerah Saudara
2. bila pengadaan bersama, tidak perlu revisi DPA, pembebanan kontrak mengacu kepada masing-masing DPA, selanjutnya silahkan koordinasikan dengan bagian keuangan

No comments:

Post a Comment