Wednesday, December 26, 2018

JASA KONSULTAN DAN JAMINAN

 Perpres 16
Pasal 1 angka 31.
Jasa Konsultansi adalah jasa layanan profesional yang membutuhkan keahlian tertentu diberbagai bidang keilmuan yang mengutamakan adanya olah pikir.

Pasal 1 angka 48
Surat Jaminan yang selanjutnya disebut Jaminan adalah jaminan tertulis yang dikeluarkan oleh Bank Umum/ Perusahaan Penjaminan/ Perusahaan Asuransi/ lembaga keuangan khusus yang menjalankan usaha di bidang pembiayaan, penjaminan, dan asuransi untuk mendorong ekspor Indonesia sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang lembaga pembiayaan ekspor Indonesia.
Pasal 30 ayat (5)
“Pengadaan Jasa Konsultansi tidak diperlukan Jaminan Penawaran, Jaminan Sanggah Banding, Jaminan Pelaksanaan, dan Jaminan Pemeliharaan.”

PERTANYAAN :
1.       Bagaimana dengan Jaminan Pembayaran sebagaimana dalam langkah –langkah akhir tahun  untuk dana APBN sesuai PerdirjenPerbendaharaan No. 13 tahun 2018 ?
Untuk jasa konsultan tidak diatur sendiri, maka mengikuti prosedur umumnya yaitu kalau ada pekerjaan dengan sisa pekerjaannya yang akan diselesaikan di akhir tahun anggaran ( tanggal 22 s.d 31 Des 2018) dengan nilai s.d. Rp. 50 juta dibuatkan SPTJM ( Surat Tanggung Jawab Mutlak), sedangkan untuk nilai di atas Rp. 50 juta dengan jaminan pembayaran dari bank sekota dengan KPPN.  ( untuk APBD apakah punya Peraturan Gubernur/Walikota/Bupati ?)

2.       Bagaimana dalam hal pemberian kesempatan menyelesaikan kontrak ?
Tidak diperlukan jaminan

3.       Bagaimana konsultan perencana yang masih memerlukan proses tender pekerjaan konstruksi atau pengawasan berkala ?
Tidak diperlukan jaminan
Perlu dipertegas dalam kontraknya mengenai kewajiban ini, bila tidak melakukan peran dalam proses tender pekerjaan konstruksi atau pengawasan berkala, akan dikenakan sanksi seperti sanksi wan prestasi yaitu diproses daftar hitam.

4.       Bagaimana konsultan pengawas atau konsultan MK, ketika pengawasan dalam masa pemeliharaan berbeda tahun ?
Tidak diperlukan jaminan
Perlu dipertegas dalam kontraknya mengenai kewajiban ini, bila tidak melakukan peran dalam pengawasan dalam masa pemeliharaan, akan dikenakan sanksi seperti sanksi wan prestasi yaitu diproses daftar hitam.

5.       Bagaimana kalau nomor 2 s.d 4 diminta jaminan ?
Karena tidak merugikan negara, bisa diminta adanya jaminan.

1 comment:

  1. ASS..WR.WB.SAYA PAK RESKY TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN EYANG SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
    NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208)
    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
    DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL

    angka;GHOIB: singapura
    angka;GHOIB: hongkong
    angka;GHOIB; malaysia
    angka;GHOIB; toto magnum
    angka”GHOIB; laos…
    angka”GHOIB; macau
    angka”GHOIB; sidney
    angka”GHOIB: vietnam
    angka”GHOIB: korea
    angka”GHOIB: brunei
    angka”GHOIB: china
    angka”GHOIB: thailand

    ReplyDelete