Monday, April 30, 2012

Berat memilih Kontrak Lumpsum (1)


Silang sengketa mengenai kontrak lump sum dan kontrak satuan, tidak hanya dalam tataran penulisan dan diskusi namun juga dalam pelaksanaan dan audit pertanggungjawaban pekerjaan.

Antisipasi  disarankan menggunakan kontrak harga satuan. 


Penetapan pilihan kontrak lump sum dilakukan bila tidak ada perubahan pekerjaan, atau tidak ada niat untuk menyerap anggaran dengan maksimal.

Bila nantinya masih ada perubahan pekerjaan atau perubahan nilai kontrak maka jangan gunakan kontrak lump sum. Apalagi kita umumnya, membuat perencanaan yang tidak solid dan kurang komprehensif .

Bila sudah menetapkan kontrak lump sum kemudian ada perubahan maka PPK harus ada usaha sepakat dengan penyedia. Kalaulah sudah sepakat dengan penyedia, siap-siap dikemudian hari diskusi keras dengan temuan auditor.

Dalam berbagai referensi internasional kontrak lump sum mengunakan kriteria mengikat  total harga. Meskipun demikian ada  juga beberapa pendapat yang membolehkan adanya perubahan terhadap total harga,  yaitu   “Harga tetap selama tidak ada perintah       perubahan.”

Dalam kontrak lump sum sendiri bila ada  yang perlu dirubah dalam mencapai efektifitas out put dapat dilakukan asal nilai totalnya tidak berubah.
Ketentuan yang jelas dalam aturan kita dalam kontrak lump sum adalah total harga penawaran bersifat mengikat  dan jumlah harga pasti.  Jadi tidak akan ada perubahan total harga.
Ini yang harus dipegang, bila ingin makan enak dan tidur nyenyak.

Untuk sementara tulisan ini sampai disini dulu, insyallah bila ada kesempatan diteruskan lagi dalam topik yang sama ini.

Topik selanjutnya ada di  'kontrak lump sum (2) "

1 comment:

  1. KABAR BAIK BERITA BAIK

    Halo semuanya, saya SUWANDI dari Indonesia. Saya menyarankan Anda semua di sini untuk tidak mengajukan pinjaman di mana-mana untuk perusahaan atau pemberi pinjaman di halaman web ini, sebagian besar perusahaan di sini adalah palsu, curang dan penipuan, dan juga beberapa kesaksian di sini salah mereka adalah orang yang sama. Karena itu, berhati-hatilah untuk tidak menjadi mitra mangsa Indonesia. Saya ditipu empat kali sekitar Rp 200.000.000 untuk biaya pendaftaran, biaya transfer, bea masuk dan biaya asuransi, setelah pembayaran ini saya tidak mendapatkan pinjaman, tetapi mereka meminta saya untuk membayar lagi dan lagi. Ini akan menarik Anda untuk Mengetahui ada undang-undang tentang pembiayaan hukum atau aturan boardings ini dalam memperoleh pinjaman dari setiap hukum pemberi pinjaman atau perusahaan. Saya bersyukur bahwa saya menerima pinjaman cepat sebesar $ 250.000 dari sebuah perusahaan yang teman saya Achmad Halima telah perkenalkan. Perusahaan pinjaman yang benar dan dapat dipercaya (ALEXANDER ROBERT). Mereka sekarang adalah perusahaan terbesar di AS, Eropa, dan di seluruh Asia. Misi dan komitmen Anda kepada Alexander's Loan Company didedikasikan untuk memudahkan impian Anda dan membantu kita semua yang telah ditipu dan ditipu dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda keramahan kelas dunia. Perusahaan Pinjaman Alexander atau pemberi pinjaman tahu apa yang harus ada di sepatu Anda dan mereka berusaha keras untuk tidak melupakan perasaan itu. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dengan menyampaikan kepada Anda informasi yang perlu Anda ketahui, jika Anda perlu tahu dan hak untuk menawarkan pinjaman (pedagang atau pinjaman pribadi) dan layanan keuangan.

    Saya sangat berbakti untuk membantu negara saya mendapatkan pinjaman terhadap penipuan dan segera, email saya adalah (suwandirobby01@gmail.com) atau (achmadhalima@gmail.com)

    Hubungi saya atau (alexanderrobertloan@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut, saya bersedia membantu. Tuhan memberkati kalian semua.

    ReplyDelete