Tuesday, May 8, 2012

Negosiasi Harga di Jasa Konsultan


Bila merujuk kepada Perpres 54 tahun 2010 maka negosiasi teknis dan harga  tidak ada di :
1.     Pelelangan Umum,
2.     Pelelangan Sederhana atau Pemilihan Langsung
3.     Pelelangan terbatas
Negosiasi teknis dan harga  ada di :
1.       Pengadaan Langsung
2.       Penunjukan langsung
3.       Jasa konsultansi badan usaha dan Jasa konsultansi Perorangan
Pemilihan Penyedia Jasa Konsultansi dilakukan melalui negosiasi teknis dan biaya sehingga diperoleh harga yang sesuai dengan harga pasar dan secara teknis dapat dipertanggungjawabkan.


Jadi negosiasi harga bukan mencari harga serendah-rendahnya tetapi untuk menemukan harga sebenarnya atau harga pasar dari tenaga ahli atau untuk mencari rate /harga pasar atas kompetensi dari tenaga ahli konsultan.

Semua evaluasi penawaran Pekerjaan Jasa Konsultansi harus diikuti dengan klarifikasi dan negosiasi, dengan ketentuan sebagai berikut:

a.    Harga Satuan yang dapat dinegosiasikan yaitu biaya langsung non-personil yang dapat diganti (reimburseable cost) dan/atau biaya langsung personil yang dinilai tidak wajar;
b.    aspek biaya yang perlu diklarifikasi atau negosiasi terutama:
1) kesesuaian rencana kerja dengan jenis pengeluaran biaya;
2) volume kegiatan dan jenis pengeluaran; dan
3) biaya satuan dibandingkan dengan biaya yang berlaku  dipasaran/
    kewajaran biaya;
c.    klarifikasi dan/atau negosiasi terhadap unit biaya langsung personil dilakukan berdasarkan daftar gaji yang telah diaudit dan/atau bukti setor Pajak Penghasilan tenaga ahli konsultan yang bersangkutan;
d.    biaya satuan dari biaya langsung personil paling tinggi 3,2 (tiga koma dua) kali gaji dasar yang diterima tenaga ahli tetap dan paling tinggi 2,5 (dua koma lima) kali penghasilan gaji yang diterima tenaga ahli tidak tetap; dan
e.    unit biaya langsung personil dihitung berdasarkan satuan waktu yang telah ditetapkan.

Cara negosiasi konsultan untuk biaya langsung personil , sebagai berikut,

misal untuk konsultan badan usaha dalam perekrutan Calon Pegawai Negeri di Pemda  Amansentosa , dalam jasa konsultan ini di biaya langsung personil diperlukan 3 tenaga ahli, yaitu tenaga ahli Sumber Daya Manusia (SDM),  tenaga ahli psikologi  dan tenaga ahli statistik .  Maka untuk setiap tenaga ahli diklarifikasi dan dinegosiasi, apakah harga tenaga ahli tersebut sesuai kompetensinya, apakah sudah wajar .

Kepada penyedia diminta untuk menunjukkan ijasah asli, referensi dari PPK sebelumnya atau pemberi kerja sebelumnya mengenai pekerjaan yang telah dilaksanakan dengan baik oleh tenaga ahli tersebut.

Kemudian diminta tentang surat penetapan sebagai tenaga ahli tetap atau tidak tetap. Bila tenaga ahli tetap dapat dibayarkan 3.2 kali gaji dasar, kalau tenaga ahli tidak tetap dapat dibayarkan 2.5 kali gaji dasar.

Gaji dasar dilihat atau dicari dari bukti pembayaran pajak (bukti setor Pajak Penghasilan tenaga ahli konsultan yang bersangkutan) atau dari daftar gaji yang telah diaudit oleh akuntan publik.

Contoh :
Anggaran untuk konsultan tenaga ahli SDM, perbulan                Rp. 20 juta
HPS untuk konsultan tenaga ahli SDM, perbulan                        Rp. 18 juta
Penawaran konsultan tenaga ahli SDM Perbulan                        Rp. 18 juta
Bukti pajak menunjukkan gaji dasar perbulan                             Rp.   5 juta
Karena tenaga tetap maka dapat dibayar 5 jt x 3.2            Rp.  16 juta
Maka konsultan dinegosiasi bisa dibayar                                   Rp.  16 juta .

Karena perhitungan ratenya hanya mencapai Rp 16 juta maka yang bisa disepakati adalah  Rp 16 juta

Anggaran untuk konsultan tenaga ahli psikologi, perbulan          Rp. 17 juta
HPS untuk konsultan tenaga ahli psikologi, perbulan                  Rp. 15 juta
Penawaran konsultan tenaga ahli psikologi perbulan                   Rp. 15.5 juta
Bukti pajak menunjukkan gaji dasar perbulan                             Rp.   6 juta
Karena tenaga tetap maka dapat dibayar  6 jt x 3.2                 Rp.  19,2 juta
Maka konsultan dinegosiasi bisa dibayar                                   Rp.  15.5 juta

Perhitungan ratenya  mencapai Rp 19.2 juta, tetapi yang diminta dibawah rate  yaitu hanya Rp. 15.5 juta maka yang bisa disepakati adalah  Rp 15.5 juta


Anggaran untuk konsultan tenaga ahli Statistik, perbulan  Rp. 12 juta
HPS untuk konsultan tenaga ahli Statistik, perbulan                   Rp. 12 juta
Penawaran konsultan tenaga ahli Statistik perbulan           Rp. 12.5 juta
Bukti pajak menunjukkan gaji dasar perbulan                             Rp.   4 juta
Karena tenaga tetap maka dapat dibayar  4 x 3.2                        Rp.  12,8 juta
Maka konsultan dinegosiasi bisa dibayar                                   Rp.  12 juta

Perhitungan ratenya  mencapai Rp 12.8 juta,  yang diminta Rp. 12.5 namun anggaran hanya Rp. 12 juta maka yang bisa disepakati adalah  Rp 12 juta


Perlu diingat, penawaran penyedia dapat melebih HPS, asal masih dibawah pagu DPA/DIPA (khusus untuk evaluasi pagu anggaran, penawaran penyedia tidak boleh melebihi HPS).

Mengapa tenaga ahli bisa dibayar mahal ? Karena dalam pembayaran untuk tenaga ahli tersebut sudah termasuk diantaranya untuk keuntungan penyedia. Jadi yang dibayarkan untuk tenaga ahli misal Rp. 16 juta, belum tentu yang diterima adalah sebesar itu, mungkin yang diterima bersih hanya Rp. 9 juta.



Apabila Penyedia tidak bisa menunjukkan daftar gaji yang telah diaudit dan/atau bukti setor Pajak Penghasilan tenaga ahli konsultan yang bersangkutan maka dibayar gaji dasar minimal sesuai UMR dan dapat dikalikan dengan 3.2

Untuk konsultan perorangan  negosiasi harga mengacu kepada biaya satuan dari Biaya Langsung Personil, maksimum 2,5 (dua koma lima) kali gaji dasar yang pernah diterima berdasarkan perhitungan dari daftar gaji yang telah diaudit dan/atau bukti setor pajak  penghasilan penyedia jasa konsultansi perorangan yang bersangkutan.   



Mengapa di semua jasa konsultan perlu negosiasi ?

-      Diperlukan untuk menilai kesesuaian antara kerangka acuan kerja (KAK) dengan kompetensi tenaga ahli dan harganya, karena kemampuan  pemikiran dari setiap tenaga ahli tidak bisa sama
-      Diperlukan untuk  memastikan kualitas produk /layanan yang diberikan oleh konsultan atau penilaian terhadap proposal, sekaligus menilai kewajaran biayanya. Produk konsultan berupa kajian, software atau laporan secara  fisik sulit dinilai.

15 comments:

  1. Apakah pembuatan software di SKPD (pembuatan sistem pengelolaan data Pegawai) termasuk jenis pengadaan jasa konsultan

    ReplyDelete
  2. Kalau untuk jasa konsultansi kontrak lumpsum cara negosiasinya bagaimana pak, katanya kalau lumpsum harga total penawaran tidak boleh berubah

    ReplyDelete
  3. Salam Sukses Bos,

    Bagi rekan rekan yang membutuhkan jasa pembuatan Software wajib baca ini….

    PT. Metalogic Informatika adalah usaha di bidang Konsultan Komputer, Maintenance Komputer, Service dan Reparasi Komputer, dll yang berhubungan dengan komputer. Kami menerima jasa panggilan ke perbankan,kantor asuransi,perkantoran,sekolah, kampus,pabrik,toko dan intitusi lainnya yang berhubungan dengan komputer.

    Kami juga menyediakan pengadaan laptop, komputer ke perkantoran,sekolah,kantor asuransi ,kampus,Pemda,toko dan institusi lainnya dan kami juga memasok berbagai macam kebutuhan komputer baik itu partai besar / partai kecil dengan harga kompetitif dan sangat menarik.

    Kami melayani pemesanan dan pengiriman dari Jabodetabek dan Seluruh Propinsi di Indonesia.

    Di Cari Reseller di tiap propinsi se Indonesia

    Untuk Info lebih lanjut Hub :

    Herry HP 081808848274
    021 5324790 92 atau klik http://www.metalogic.co.id

    ReplyDelete
  4. apakah gaji personil berdasarkan UMR ada aturannya

    ReplyDelete
  5. Trimakasih, artikel yang bermanfaat. Oya untuk angka 3,2 itu apakah tahun 2015 ini masih sama?
    Trimakasih.

    ReplyDelete
  6. terima kasih guru atas pencerahannya

    ReplyDelete
  7. Penetapan angka 3,2 dan 2,5 ini dasar hukumnya ada dimana, mohon dapat diinformasikan...tks

    ReplyDelete
  8. KABAR BAIK BERITA BAIK

    Halo semuanya, saya SUWANDI dari Indonesia. Saya menyarankan Anda semua di sini untuk tidak mengajukan pinjaman di mana-mana untuk perusahaan atau pemberi pinjaman di halaman web ini, sebagian besar perusahaan di sini adalah palsu, curang dan penipuan, dan juga beberapa kesaksian di sini salah mereka adalah orang yang sama. Karena itu, berhati-hatilah untuk tidak menjadi mitra mangsa Indonesia. Saya ditipu empat kali sekitar Rp 200.000.000 untuk biaya pendaftaran, biaya transfer, bea masuk dan biaya asuransi, setelah pembayaran ini saya tidak mendapatkan pinjaman, tetapi mereka meminta saya untuk membayar lagi dan lagi. Ini akan menarik Anda untuk Mengetahui ada undang-undang tentang pembiayaan hukum atau aturan boardings ini dalam memperoleh pinjaman dari setiap hukum pemberi pinjaman atau perusahaan. Saya bersyukur bahwa saya menerima pinjaman cepat sebesar $ 250.000 dari sebuah perusahaan yang teman saya Achmad Halima telah perkenalkan. Perusahaan pinjaman yang benar dan dapat dipercaya (ALEXANDER ROBERT). Mereka sekarang adalah perusahaan terbesar di AS, Eropa, dan di seluruh Asia. Misi dan komitmen Anda kepada Alexander's Loan Company didedikasikan untuk memudahkan impian Anda dan membantu kita semua yang telah ditipu dan ditipu dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda keramahan kelas dunia. Perusahaan Pinjaman Alexander atau pemberi pinjaman tahu apa yang harus ada di sepatu Anda dan mereka berusaha keras untuk tidak melupakan perasaan itu. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dengan menyampaikan kepada Anda informasi yang perlu Anda ketahui, jika Anda perlu tahu dan hak untuk menawarkan pinjaman (pedagang atau pinjaman pribadi) dan layanan keuangan.

    Saya sangat berbakti untuk membantu negara saya mendapatkan pinjaman terhadap penipuan dan segera, email saya adalah (suwandirobby01@gmail.com) atau (achmadhalima@gmail.com)

    Hubungi saya atau (alexanderrobertloan@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut, saya bersedia membantu. Tuhan memberkati kalian semua.

    ReplyDelete
  9. Klo di jasa konsultan..apakah ada evaluasi kewajaran harga..? Bagaimana klo penawaran harga dibawah 80% dari HPS anggap saja 70%...??selama ini adanya dijasa konstruksi..mohon pencerahannya pa..

    ReplyDelete
  10. Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}


    WhatsApp:(+44) 7480 729811
    Tel....(+44) 7480 729811
    e_mail:::[aditya.aulia139@gmail.com]
    https://wordpress.com/view/iskandarlestari.wordpress.com
    [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    ReplyDelete
  11. Salam kenal Pak Muji, untuk kewajaran di atas di tahun ini apakah ada perubahan angkanya? apakah masih di 2,5 dan 3,2?

    Terima kasih banyak sebelumya.

    ReplyDelete
  12. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    ReplyDelete
  13. Nama Perusahaan::"":":":"ONE BILLION RISING FUND
    Gmail Perusahaan:":":":":"::"onebillionrisingfund@gmail.com                       
    Selamat siang
    Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp150.000.000.00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp150.000.000.00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: """""""onebillionrisingfund@gmail.com"""""""karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. "

    BBM: D8E814FC 


    Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah

    Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com))

    Allahu akbar

    ReplyDelete