Friday, July 20, 2012

Pengadaan Soal ujian tes ujian penerimaan CPNS

Dalam penerimaan calon pegawai negeri sipil diperlukan adanya tes atau ujian masuk. Bagaimana dengan  pembuatan soal, pengadaan soal, pelaksanaan ujian dan koreksi soalnya ?


Pembuatan soal dapat dilakukan oleh :
1. pemberian soal dari lembaga terkait atau
2. tim teknis atau
3. swakelola ke instansi pemerintah lain seperti perguruan tinggi negeri  atau
4. lembaga konsultan

Sedangkan pengadaan soal dilakukan dengan pengadaan langsung bila anggaran untuk penggandaan s.d. Rp. 100 juta. Bila diatas nilai tersebut dilakukan dengan pelelangan.

Bagaimana bila jumlah peserta dan jumlah soal belum pasti, bagaimana pelelangannya ?

Langkahnya agar dilakukan estimasi perkiraan peserta yang lulus tahapan administrasi.  Misal yang lulus tahapan administrasi diperkirakan ada  6.000 orang. Ada berapa macam soal, dari data  yang pernah dilakukan misal ada 8 jenis kelompok soal dengan rata-rata halaman ada 12 (termasuk lembar jawabannya).
Jadi diperkirakan ada  6.000 x 8 x 12  =    576.000 lembar.

Dari harga survei cetakan perlembar  harga pasarnya adalah Rp. 200 (ini sudah termasuk keuntungan dan biaya pengiriman ke lokasi pelaksanaan ujian)

HPS ==> 576.000 lembar x Rp. 200 = Rp.  115.200.000 + PPN = 115.200.000 + 11.520.000 = Rp. 126.720.000

Dilakukan pelelangan dengan kontrak harga satuan, pemenangnya sebagai berikut :

PT  Zona Nyaman dengan penawaran setelah koreksi aritmatik  sbb  (Rp. 576.000 lembar x Rp. 180) + PPN  = Rp. 114.048.000. Kemudian dibuatkan kontrak senilai Rp. 114.048.000

Ketika jumlah peserta dan jumlah soal sudah pasti sbb :
Jumlah peserta pasti = 5.766 ditambah cadangan soal menjadi  5.800
Jumlah lembar soal dan jawaban = 94
Jumlah yang harus dicetak = 5.800 x 94 = 545.200
Pembayaran kontrak =  (545.200 x Rp. 180) + PPN  = .  Rp. 98.136.000 + 9.813.600 =  107.949.600

Jadi yang diikat dalam kontrak adalah harga satuannya.

Pelaksanaan ujian bisa  menggunakan swakelola dengan pelaksana ujian dan pengawas ujian dari instansi sendiri dan instansi  pemerintah lain serta kontraktual dengan perguruan tinggi negeri atau lembaga konsultan.

Koreksi soal  bisa  menggunakan swakelola dengan pelaksana dari instansi sendiri dan instansi  pemerintah lain serta kontraktual dengan perguruan tinggi negeri atau lembaga konsultan.






3 comments:


  1. Wah informasinya bagus banget gan. Ngomong2 bagi yang belum dapat kerjaan, persiapkan diri untuk melamar pekerjaan di lowongan kerja bumn dengan mempelajari soal-soal psikotes.

    ReplyDelete
  2. Bagus sekali artikelnya. Sebelum melamar pekerjaan ketahuilah bahwa pewawancara lebih tertarik pada isi dan design cv yang menarik. Lihatlah Contoh CV yang benar dalam membuat cv anda. Pertanyaan wawancara juga mengacu pada jawaban soal psikotes yang anda karjakan,

    Perhatikan juga contoh surat lamaran kerja yang benar.

    ReplyDelete
  3. Nyari info sambil blogwalking gan.... Artikel agan bagus-bagus.

    Info tambahan nie:

    Psikotes itu mudah jika tahu trik menghadapinya! Psikotes itu gampang jika tahu cara menjawabnya! Simak caranya di Soal Psikotes dan Jawabannya dan tips Wawancara Kerja serta Info kerja Aceh untuk wilayah Aceh dan sekitarnya. dapatkan juga soal Psikotes untuk Wawancara Kerja. Dapatkan juga Soal Psikotes untuk Penerimana TNI dan POLRI
    Ada berbagai cara untuk tes iq baik Soal Tes IQ online maupun menggunakan software.

    Flash disk rusak jangan panik dulu coba baca artikel Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk Rusak, Tidak Terbaca mungkin dapat membantu.

    Bagi anda yang belum memiliki momongan sebaiknya ikuti petunjuk dr. Rosdiana Ramli SpOG dalam bukunya Cara Cepat Hamil dan Tips Cepat Hamil. Semua persoalan kehamilan yang dihadapi pasangan baru menikah dibahas tuntas. Ini berdasarkan pengalaman beliau sebagai dokter kandungan.

    Begitu juga dengan bunda yang sedang menjalani Masa Kehamilan dan Tanda-tanda Kehamilan, tips dari dr. Riyani Limoa, SpOG cocok kiranya dijadikan sebagai panduan dalam memantau tumbuh kembang calon sibuah hati anda.

    Selain cara cepat hamil dan panduan ibu menyusui kami juga sudah menerbitkan buku Cara Merawat Bayi Baru Lahir satu tahun pertama, sangat cocok bagi bunda yang masih kesulitan atau masih bingung dalam mendidik dan merawat di masa perkembangan keemasannya tersebut.

    Kunjungi kami di Masa Hamil dan Menyusui. Terimakasih gan.

    ReplyDelete