Friday, August 31, 2012

Rencana Kebutuhan

Yang dibutuhkan atau yang diinginkan ?
Efisiensi dan efektifitas pengeluaran belanja negara atau belanja pemerintah daerah ditentukan dari perencanaan.

Perencanaan yang baik didasarkan kepada penyusunan rencana kebutuhan, bukan rencana keinginan, (keinginan manusia tiada bertepi kata pepatah). Rencana kebutuhan meliputi kriteria sebagai berikut :

1.  sesuai kebutuhan tugas dan fungsi instansi
2.  sesuai dengan jumlah personil
3.  sesuai dengan standar kebutuhan
4.  sesuai dengan  ketersediaan barang/jasa yang sudah ada

Standar kebutuhan ditetapkan oleh pemerintah dalam rangka memfasilitasi pegawai agar dapat berkinerja dan profesional dalam menjalankan tugasnya. Untuk pemerintah daerah, standar kebutuhan agar ditetapkan oleh kepala daerah.

Dengan rencana kebutuhan yang baik maka :
1. pengadaan dapat diadakan secara efektif
2. tercapai yang diperlukan, menjadi tersedia
3. tidak berlebih yang diadakan 
4. belanja menjadi efiesien, sehingga dapat dialihkan untuk
    peningkatan infrastruktur dan investasi lainnya.

Rencana kerja yang sudah disetujui oleh pengguna anggaran menjadi usulan DPA/DIPA dan akan berlanjut menjadi Rencana Umum Pengadaan.



1 comment:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

    ReplyDelete