Minggu, 13 Mei 2012

BAGAIMANA PENGADAAN LANGSUNG ?




Dalam membahas pengadaan langsung ada beberapa pertanyaan yang sering terulang.

1.   Apakah beda pengadaan langsung dengan penunjukkan langsung ?

Pengadaan Langsung adalah Pengadaan Barang/Jasa langsung kepada Penyedia Barang/Jasa, tanpa melalui Pelelangan/ Seleksi/ Penunjukan Langsung.

Pengadaan Langsung dapat dilakukan terhadap Pengadaan Barang/ Pekerjaan Konstruksi/Jasa Lainnya yang bernilai paling tinggi Rp100.000.000,00, untuk pekerjaan konsultan s.d. Rp. 50 juta rupiah.


Sedangkan penunjukan langsung  adalah metode pemilihan Penyedia
Barang/Jasa dengan cara menunjuk langsung satu  Penyedia Barang/Jasa , penunjukan langsung tidak dibatasi Rp. nilainya, penunjukan langsung dilakukan karena :
a.   Memenuhi syarat khusus atau tertentu berdasar pasal 38
b. Setelah pelelangan ulang/seleksi ulang yang lulus prakualifikasi atau yang memasukkan penawaran hanya satu

2.   Apakah semua yang dibawah batasan nilai Rp pengadaan langsung dapat dilakukan secara pengadaan langsung ?

Semua nilai paket sesuai batasan nilai pengadaan langsung dapat dilakukan dengan pengadaan langsung, meskipun ada kriteria untuk pengadaan langsung.
Untuk yang diluar kriteria pengadaan langsung, seperti untuk pengadaan mesin, bila tidak dapat dipaketkan dengan mata anggaran yang lain, maka dapat dilakukan dengan pengadaan langsung.

3.   Sumber informasi apakah dari dua sumber informasi atau dua penyedia ?
Sumber informasi dalam melakukan transaksi bagi pejabat pengadaan langsung dapat dilakukan minimal dari dua sumber informasi atau  minimal informasi dari dua penyedia. Salah satu sumber informasi harga adalah dari internet.

4.   Bagaimana bentuk dokumennya ?

-      Dokumen untuk pengadaan langsung untuk pengadaan barang s.d. Rp. 5 juta dapat dibuat dalam bentuk bukti pembelian.
-    Untuk pengadaan barang, pekerjaan konstruksi, jasa konsultan dan   jasa lainnya yang bernilai sampai dengan Rp10 juta  dibuat dalam kuitansi
-   untuk yang bernilai sampai dengan Rp100 juta (konsultan s.d. Rp. 50 juta ) berupa Surat Perintah Kerja (SPK).

Untuk pengadaan diatas Rp 10 juta dibuatkan berita acara  pengadaan langsung
5.   Apakah dokumen pengadaan langsung dapat dibuat untuk pertanggung jawaban keuangan ?

Dokumen pengadaan langsung merupakan dokumen pengadaan, sedangkan untuk dapat digunakan sebagai pertanggungjawaban keuangan maka perlu dikoordinasikan dengan bagian keuangan, termasuk beban pajak yang harus dipungut atau disetor.


6.   Apakah harus diundang penyedianya ?
Terutama untuk pengadaan diatas Rp. 10 juta, untuk pengadaan barang, pejabat pengadaan dapat ke tempat usaha penyedia, sedangkan untuk pengadaan selain barang dapat dilakukan dengan mengundang penyedia.

7.   Apakah lebih dari satu pesertanya ?
Pengadaan langsung dilakukan hanya kepada satu penyedia yang memenuhi kompetensi sebagai penyedia. Bilamana tidak memenuhi ke penyedia yang lain.

8.   Apakah diumumkan atau tidak diumumkan  yang ditunjuk sebagai penyedia pengadaan langsung ?
Sebaiknya diumumkan penyedia yang ditunjuk, sebagai bagian keterbukaan  untuk informasi publik.

9.   Apakah satu rekening di DPA/DIPA bisa dilakukan dengan berkali-kali pengadaan langsung ?
Misal ada dana Alat tulis Kantor senilai Rp. 75 juta, dapat dilakukan pengadaan langsung berkali-kali. Contohnya tiga kali pengadaan langsung senilai Rp. 30 juta,  lalu Rp. 20 Juta dan terakhir Rp. 25 juta.

10.               Bagaimana pembayaran pengadaan langsung ?

Pembayaran pengadaan langsung dapat dilakukan dengan :
-      uang persediaan yang dibawa oleh pejabat pengadaan, kemudian bukti berupa transaksi pengadaan langsung oleh pejabat pengadaan diserahkan kepada PPHP (panitia penerima hasil pekerjaan) dan PPK.
-      Memakai pembayaran langsung kepada penyedia, yaitu setelah bukti transaksi diserahkan oleh pejabat pengadaan kepada PPHP dan PPK kemudian diproses, yang pembayarannya akan diterima langsung ke rekening penyedia tersebut.

11.               Apakah pengadaan langsung memakai prakulifikasi atau pascakualifikasi ?

Tidak termasuk pra maupun pasca, namun disederhanakan data yang diminta, misalkan untuk hal tertentu yang sederhana cukup NPWP.

12. bagaimana untuk pembelian nilai kecil-kecil sedangkan penyedianya tidak memiliki NPWP ?
Bila penyedia tidak memiliki NPWP, sedangkan pengadaan tersebut harus dikenakan pajak, maka pajak dihitung lebih sesuai peraturan perpajakan.

13.     Apakah pengadaan langsung dapat dilakukan ke toko/bengkel atau harus melalui penyedia dalam bentuk CV/PT dsb ?

Pengadaan langsung dilakukan langsung ke penyedianya, kalau memang barangnya ada di toko, dapat langsung dilakukan dengan toko.

14.   Mengapa pejabat pengadaan perlu melakukan survey harga ?

Data HPS yang diberikan oleh PPK, sering mengacu kepada pagu anggaran atau data-data pengadaan yang telah lalu, mengingat item pengadaan langsung sangat banyak dan sering, maka diperlukan survey harga yang lebih tepat oleh pejabat pengadaan .

15.       Apakah di pengadaan langsung harus dilakukan negosiasi harga ?

Pengadaan Langsung dilaksanakan berdasarkan harga yang berlaku di pasar sehingga  pengadaan langsung dilakukan dengan negosiasi  harga, dikecualikan dari negosiasi bila harganya resmi dimana-mana sama atau penyedia tersebut selalu menjual dengan harga yang pasti (misal beli di toko retail dengan harga pasar yang wajar, umumnya harganya yang tercantum tidak bisa ditawar) .

16.   Apakah ada jaminan penawaran atau jaminan pelaksanaan di pengadaan langsung ?
Jaminan penawaran maupun jaminan pelaksanaan tidak dipergunakan dalam pengadaan langsung.


17. Untuk pekerjaan kontrsuksi, apakah diperlukan  dukungan bank ?
     Dukungan bank tidak diperlukan dalam pengadaan langsung.


18. Apakah sertifikat garansi diperlukan dalam pengadaan langsung ?
Untuk pengadaan barang yang memerlukan jaminan purna jual diperlukan adanya sertifikat garansi.

19. Apakah pengadaan langsung harus melalui sistem pengadaan secara elektronik (SPSE) ?
Pengadaaan langsung tidak melalui SPSE, pengadaan langsung dilakukan dengan sistem manual.


20. Berapa lama waktu pengadaan langsung (jadwal pengadaan langsung) ?
     Pengadaan langsung semua bisa dilaksanakan dalam satu hari. Lebih dari satu hari bisa juga, sesuai kebutuhan karena jarak atau evaluasi dsb 

 21. DIPA/DPA Rp. 123 juta, apabila HPS kurang dari Rp.100 juta maka dapat dilakukan dengan metoda Pengadaan Langsung





23 komentar:

  1. Terim kasih Pak Mudji atas artikelnya, hal ini yang banyak ditanyakan teman-teman peserta diklat PBJ. Sangat bermanfaat.....

    BalasHapus
  2. Thanks pak, saya rasa tulisan ini belum sempurna, mungkin ada yang bisa menulis lebih jauh lagi.

    BalasHapus
  3. Salam Pak Mudji, saya menerima pengadaan langsung mesin 50 juta include ppn & pph jdi ppn nya 4,48 jt, trus waktu pencairan transfer dari bendahara dipotong sebesar 4,48 juta langsung, padahal sya punya faktur masukan atas mesing sebesar 4 juta, bisakah faktur masukan tersebut saya kreditkan? sehingga nantinya bendahara hanya memotong sebesar 480 ribu dan sesuai dengan laporan pajak ppn bulanan saya yang mana komposisisnya faktur keluaran dikurangi faktur masukan menjadi nilai ssp nya, thanks.

    BalasHapus
  4. pa muji yang sy hormati temen sy punya cv baru 2 bulan bolehkah di tunjuk untuk npengadaan barang seniali pagu 125 juta

    BalasHapus
  5. bagaimana cara menyusun hps yang sederhana dan mudah di praktekan dengan contoh pagu 120 jt

    BalasHapus
  6. Kalo pengadaan modul sebesar 7 juta masih perlukah pejabat pengadaan?

    BalasHapus
  7. Kalo pengadaan modul sebesar 7 juta masih perlukah pejabat pengadaan?

    BalasHapus
  8. Kalau jasa perencanaan (konsultansi) untuk pembangunan hanya Rp. 2 juta apakah perlu dilakukan dengan mekanisme pengadaan langsung ? bolehkah di tetapkan oleh PPK dengan sistem pembayaran honor tenaga konsultan tsb, makasih

    BalasHapus
  9. Kalau pengadaan barang untuk pengadaan printer di bwah 5 juta apakah bisa belanja langsung ke toko komputer, bagaimana mekanismenya? mohon pencerahan Pak... Maksih

    BalasHapus
  10. Dalam suatu pengadaan langsung, PPK menyusun HPS berdasarkan survey harga 3 rekanan (misalnya). Kemudian bisakah Pejabat Pengadaan melakukan survey harga dengan memakai rekanan dari hasil survey harga PPK? Mohon dibantu pak pnjelasannya... (Adyani)

    BalasHapus
  11. Biasanya di daerah saya, pengadaan langsung harus melalui pihak ketiga (bukan toko), sehingga kalau beli barang, tidak langsung ke toko, tentu saja bertambah mahal karena pihak ketiganya mau untung, apa memang harus begitu pak?

    BalasHapus
  12. Pengadaan lgs bibit pohon senilai 35 jt. Bibit utk dibagikan ke masyarakat sesuai permintaan (bs sampe 6 bl lebih bibit br habis). Bgmna pembyarannya? Apakah dibyr tunai di muka stlah diperiksa pejabat pemeriksa, atau pembyaran sesuai bibit yg dikeluarkan?

    BalasHapus
  13. Mohon penjelasan pak....bentuk perjanjian untuk konsultansi nilai perencanaan 0 sampai 5 juta apakah harus memakai SPK atau cukup pakai bikti surat pesanan saja..terima kasih

    BalasHapus
  14. Pak mudji, untuk point no. 7, apakah ada dasarnya bahwa pejabat pengadaan bisa mengundang 1 penyedia saja?mohon pencerahannya pak. Terima kasih

    BalasHapus
  15. Pak mudji, untuk point no. 7, apakah ada dasarnya bahwa pejabat pengadaan bisa mengundang 1 penyedia saja?mohon pencerahannya pak. Terima kasih

    BalasHapus
  16. Mohon penjelasannya, Pak Mudji ,untuk pengadaan langsung jasa konstruksi apakah, dengan mengundang satu perusahaan atau dengan beberapa perusahaan sebagai pembanding?saya mau tahu aturan jelasnya pak?Mohon pencerahannya. Terima kasih

    BalasHapus
  17. Pak mau nanya, setelah kita membuat KAK, kita kan harus buat HPS. Nah kapan kita membuatHPS pak.selang waktunya berapa lama pak setelah pembuatan KAK ?

    BalasHapus
  18. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk investasi yang lebih besar? Pinjaman untuk ekspansi bisnis? Pinjaman untuk investasi baru? Pinjaman untuk melunasi utang jangka panjang dan tagihan. Cari tidak lebih, kita pemberi pinjaman dalam hubungannya dengan bank dan jaminan penawaran yang transparan, menawarkan pinjaman dengan bunga rendah, non agunan. Kami di sini untuk menempatkan dan mengakhiri kemiskinan dan pengangguran, karena setiap orang memiliki / potensi sendiri. Hubungi kami hari ini dan Anda akan menjadi salah satu pelanggan kami yang terhormat. Email: gloryloanfirm@gmail.com

    mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Terimakasih telah datang.

    BalasHapus
  19. Halo,
    Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Mrs Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi hari ini kami melalui e-mail sehingga kami dapat memberikan persyaratan pinjaman dan kondisi di: (saintloanss@gmail.com)

    BalasHapus
  20. Halo, semua tolong berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, begitu banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di sini untuk scam Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar 200 juta dan saya diminta untuk membayar beberapa biaya dan saya dibayar, mereka meminta lagi dan lagi, saya membayar hampir 9 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, terjadi ditunjukan kepada saya sekitar 5 kali dari perusahaan pinjaman yang berbeda, saya Ingin saya akan bertemu orang yang tepat tetapi saya tidak.

    Allah menjadi Glory saya bertemu seorang teman yang baru saja diterapkan pada pinjaman dan dia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya ke Ibu Tracy Morgan, saya diterapkan untuk 300 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya dalam 2% tanpa agunan. saya sangat senang karena saya adalah menyelamatkan dari mendapatkan miskin.

    jadi saya saran semua orang di sini membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Dewi dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda. id emailnya tracymorganloanfirm@gmail.com
    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan info lebih lanjut dan bantuan pada widayatarmuji@gmail.com

    BalasHapus
  21. Halo semua, saya fatma dari Indonesia menyenangkan aku saran Anda semua di sini tidak untuk mengajukan pinjaman di setiap perusahaan atau pemberi pinjaman di situs ini, orang-orang ini di sini adalah palsu, penipu dan penipuan, bahkan beberapa kesaksian di sini adalah semua palsu mereka orang yang sama yang melakukan itu semua, mereka masih orang yang sama melakukannya. jadi harap berhati-hati untuk tidak jatuh sebuah tertipu atau menipu sesama Indonesia, saya ditipu empat kali sekitar Rp200.000.000 juta untuk biaya pendaftaran, biaya transfer, biaya pajak dan biaya asuransi, tapi setelah pembayaran saya saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar lagi dan lagi,

     Ini akan menarik bagi Anda untuk mengetahui bahwa tidak ada undang-undang keuangan atau aturan untuk biaya ini dalam memperoleh pinjaman dari bank, pemberi pinjaman atau perusahaan selain Allah bersyukur bahwa saya kemudian menerima pinjaman sebesar $ 100.000 dari perusahaan yang seorang teman saya yang memperkenalkan saya ke nyata dan perusahaan pinjaman dapat diandalkan, (THERESALOANCOMPANY), mereka adalah perusahaan terkemuka sekarang di Asia, mereka berada di sini untuk membantu kita semua yang telah scammed dan ditipu, jadi jika Anda membutuhkan kredit yang lebih baik pergi ke perusahaan di

    (THERESALOANCOMPANY) atau jika Anda memiliki teman-teman dan memberitahu mereka untuk membantu Anda untuk menghubungi mereka untuk pinjaman, oke, Anda bisa mendapatkan yang sangat sederhana untuk mendapatkan serendah 2% dari pinjaman tanpa agunan atau penjamin. Ini adalah email mereka

    (THERESALOANCOMPANY@GMAIL.COM) Anda dapat menghubungi mereka dengan aplikasi Anda baik-baik saja dengan mereka Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu 24 jam, Genuine cepat dan saya harus membantu penipuan negara saya, email saya adalah (Feyzilfatma@gmail.com) hubungi saya untuk info lebih lanjut, saya siap untuk membantu Tuhan memberkati Anda CATATAN all.PLEASE. NO BIAYA PENDAFTARAN, NO BIAYA TRANSFER, biaya NO PAJAK, NO ASURANSI FEE) pemberi pinjaman real atau perusahaan tidak mengumpulkan charges.Allah ini memberkati kita TRANSFER BIAYA, BIAYA NO PAJAK, NO ASURANSI FEE) Lender nyata Perusahaan ATAU TIDAK mengumpulkan penutup biaya Singer .

    BalasHapus
  22. KABAR BAIK!!!

    Ramadhan adalah di sini sudah tidak Anda berpikir itu adalah waktu untuk mendapatkan berkah dari Allah bisa Koneksi hari ini dan Anda yakin akan bahagia dengan kasih karunia Allah.

    Nama saya Mia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  23. Halo, ini adalah PATRICIA BERTHA PINJAMAN PERUSAHAAN. Dalam Perusahaan ini kami memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup.
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal.
    untuk meningkatkan bisnis Anda?
    Apakah Anda pernah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya?
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek?
    Hari ini, kita mengatakan berhenti dan mencari lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu
    membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang
    untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2% .Kami ingin menggunakan ini
    media untuk memberitahu Anda semua bahwa kami membuat handal dan penerima bantuan dan
    akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Kami adalah kesetiaan, kita terus kata dan janji-janji kita. Jadi hubungi kami hari ini via email:
    Patriciaberthaloancompany@gmail.com
    Data peminjam
    1) Nama Lengkap: ......................................................
     2) Negara: .........................................................
     3) Alamat: .........................................................
     4) Negara: ............................................................
     5) Sex: ...............................................................
     6) Status Pernikahan: .............................................
     7) Pekerjaan: ...................................................
     8) Nomor Telepon: ................................................
     9) posisi Saat ini di tempat kerja: ...................................................
     10) Pendapatan Bulanan: .............................................
     11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .................................
     12) Pinjaman Durasi: ................................................
     13) Tujuan Pinjaman: ..........................................
     14) Agama: ......................................................
     15) Apakah Anda sudah menerapkan sebelumnya: ...................................................
     16) mata uang yang dipilih: ...................................................

     Terima kasih,
     mrs Bertha

    BalasHapus