Wednesday, May 15, 2013

metode evaluasi konsultan dengan nilai penawaran penyedia


Dalam evaluasi jasa konsultan ada empat metode evaluasi yaitu :
1.  Evaluasi kualitas
2.  Evaluasi kualitas dan biaya
3.  Evaluasi pagu anggaran
4.    Evaluasi biaya terendah

Ada hal yang menarik mengenai metode evaluasi konsultan bila dikaitkan dengan nilai penawaran dari para penyedia contoh untuk SELEKSI UMUM METODE EVALUASI KUALITAS sebagai berikut :
Total penawaran biaya terkoreksi yang melebihi pagu anggaran tidak menggugurkan penawaran sebelum dilakukan negosiasi biaya.
Negosiasi biaya dilakukan terhadap total penawaran biaya terkoreksi yang melebihi pagu anggaran, agar didapatkan total penawaran biaya hasil negosiasi yang tidak melampaui HPS, tanpa mengurangi kualitas penawaran teknis.

Apabila hasil evaluasi harga serta klarifikasi dan negosiasi teknis dan biaya tidak ditemukan hal-hal yang tidak wajar, total penawaran biaya dapat diterima sepanjang tidak melebihi pagu anggaran.

Dalam metode evaluasi kualitas, dapat terjadi suatu penawaran yang disepakati dari proses negosiasi adalah melebih HPS tapi masih dibawah pagu anggaran

Untuk metode evaluasi yang lain silahkan dilihat untuk masing-masing metode evaluasi di Peraturan Kepala LKPP No. 14 tahun 2012.





No comments:

Post a Comment