header 2

𝘉𝘭𝘰𝘨 𝘪𝘯𝘪 𝘩𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘱𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘱𝘳𝘪𝘣𝘢𝘥𝘪 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘶𝘬𝘶𝘯𝘨 𝘬𝘦𝘮𝘢𝘫𝘶𝘢𝘯 𝘐𝘯𝘥𝘰𝘯𝘦𝘴𝘪𝘢 𝘮𝘦𝘭𝘢𝘭𝘶𝘪 𝘱𝘦𝘯𝘨𝘢𝘥𝘢𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘶𝘥𝘢𝘩 , 𝘦𝘧𝘪𝘴𝘪𝘦𝘯,𝘦𝘧𝘦𝘬𝘵𝘪𝘧,𝘵𝘳𝘢𝘯𝘴𝘱𝘢𝘳𝘢𝘯,𝘣𝘦𝘳𝘴𝘢𝘪𝘯𝘨, 𝘢𝘥𝘪𝘭/𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘥𝘪𝘴𝘬𝘳𝘪𝘮𝘪𝘯𝘢𝘵𝘪𝘧 𝘥𝘢𝘯 𝘢𝘬𝘶𝘯𝘵𝘢𝘣𝘦𝘭.

Sumber spesifikasi untuk pengadaan barang dan jasa pemerintah



Spesifikasi adalah rincian atau kriteria-kriteria dari suatu barang atau jasa.
Sedangkan spesifikasi untuk pengadaan barang dan jasa pemerintah adalah rincian atau kriteria-kriteria dari suatu barang atau jasa yang diperlukan dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.
Sering juga kita menyebut suatu kriteria minimal yang diperlukan. Namun dalam beberapa hal kriteria minimal yang telah ditetapkan ketika diperoleh suatu kriteria yang lebih, tidak cocok dengan yang kita perlukan.
Spesifikasi agar menuju ketepatan dari barang dan jasa yang diperlukan. Spesifikasi menggambarkan batasan minimum dan maksimum untuk barang dan jasa yang diperlukan.
Banyak cara untuk menyusun spesifikasi berdasar asal data spesifikasi, dalam penulisan ini diambil beberapa saja yang memudahkan dalam pemahaman kita. Spesifikasi bisa diperoleh dari :
a.       brosur atau penjelasan produk
b.      kinerja
c.       standar
d.      ahli /konsultan
e.      catalog inaproc
Dalam menyusun spesfikasi melalui brosur atau penjelasan produk kita bisa melihat dari brosur atau penjelasan produk  yang menjelaskan kemampuan teknis dari barang atau jasa yang diperlukan.  Lebih baik lagi bila ada beberapa brosur sehingga kita dapat membandingkan untuk mencari standar minimal dari kinerja yang diharapkan atas suatu produk atau jasa.
Bentuk dari brosur dari suatu produk atau penjelasan produk bisa berwujud daftar barang dan jasa yang dikeluarkan oleh suatu pabrikan atau catalog produk. 
Brosur atau daftar produk dapat diperoleh dari  lembar promosi atau buku catalog produk. Publikasi produk banyak ditemui di bagian pemasaran, di buku telpon atau di publikasi internet. 
Menyusun spesifikasi berdasar kinerja, dilakukan atas identifikasi atau keperluan kinerja tertentu yang kita harapkan. Setelah ditemukan kinerja yang diharapkan maka kita membuat kriteria teknis untuk mencapai kinerja tersebut. Contoh diperlukan kinerja mengangkut sampah seberat 50 ton sehari maka diperlukan secara teknis adanya kendaraan tertentu yang harus dapat didetailkan secara teknis kriteria atau spesifikasinya yang mampu menyelesaikan sampah sebesar 50 ton dalam sehari.
Spesifikasi secara standar dapat diperoleh dari standar yang telah ditetapkan oleh suatu lembaga tertentu, misalanya dari SNI (standar nasional Indonesia) atau standar pembangunan jalan dari Kemen PU. 
Untuk suatu institusi yang mempunyai kantor yang banyak dan menyebar dapat membuat spesifikasi standar  yang diwujudkan dalam pedoman/petunjuk teknis.  Dengan demikian maka spesesifikasi pengadaannya dapat langsung mengacu kepada spesifikasi dalam pedoman/petunjuk teknis.
Untuk keperluan akan barang/jasa tertentu yang kita tidak memiliki kompetensi maka dalam pembuatan spesifikasi dapat dibantu oleh yang ahli dalam bidang tersebut. Contoh untuk pengadaan alat-alat khusus atau alat yang merupakan teknologi tinggi dapat meminta kepada ahlinya untuk membantu membuat spesifikasinya dan sekaligus cara mengevaluasi penawaran dari segi teknisnya. Jangan sampai PPK menyusun spesifikasi sembarangan saja dan pokja ULP melakukan evaluasi dengan asal evaluasi saja.
Dalam pekerjaan konstruksi, dalam pembuatan spesifikasi dapat dibuatkan spesifikasinya oleh konsultan perencana. Tugas kita bersama dengan tim teknis untuk mengkaji hasil pekerjaan dari konsultan perencana. 
Proses pengadaan pemerintah yang cepat dapat diperoleh melalui catalog inaproc. Ketika suatu produk atau  jasa sudah ada dalam catalog inaproc, maka tidak diperlukan lelang, kita dapat langsung melakukan penunjukan langsung atau epurchasing berdasar kecocokan  kita atas spesifikasi yang ada dalam catalog inaproc. Bila spesifikasi yang ada, tidak ada dalam catalog inaproc maka dilakukan pengadaan langsung atau pelelangan sesuai dengan nilai pengadaan. Dalam hal memenuhi ketentuan khusus atau tertentu  maka dapat penunjukan langsung.

Post a Comment

3 Comments

  1. saya pernah mengikuti lelang komputer, kemudian panitia menggugurkan dengan alasan spek yang saya tawarkan tidak sesuai dengan RKS, sedangkan saya menawarkan spek yang lebih tinggi. Contohnya :
    yang saya tawarkan
    1. Ethernet Controller Realtek RTL 8111G-10/100/1000 controller (lebih tinggi karena sampai 1000 bit/s)
    2. Chip sound audio Realtek ALC887 8 Channel HD Audio (Lebih tinggi 8-chanel)
    3. Drive USB yang saya tawarkan 6x USB PORT

    sedangkan Spesifikasi versi RKS :
    1. Realtek RTL8106E-10/100 Controller, (lebih rendah karena hanya sampai 100bit/s) ,
    2. Chip sound audio RKS Realtek ALC662 6-Channel HD Audio (lebih rendah hanya 6-chanel),
    3. Drive USB versi RKS 4x USB Port (lebih rendah hanya 4x)

    Apakah panitia melanggar dan dasar hukumnya apa ?..terima kasih

    ReplyDelete
  2. Saya pernah mengikuti lelang pengadaan komputer, kemudia pada berita acara hasil lelang panitia menggugurkan penawaran saya dengan alasan spek tidak sesuai dengan RKS, sedangkan spek yang saya tawarkan lebih tinggi dengan harga penawaran lebih murah dari PAGU yang ada di rks..Contohnya :
    salah satu spek motherboard yang saya tawarkan adalah :
    1. Ethernet Controller Realtek RTL 8111G-10/100/1000 controller, (lebih tinggi hingga 1000 bit/s)
    2. Audio Controller Realtek ALC887 8 Channel HD Audio (Lebih tinggi sampai 8 channel)
    3. Drive USB 6x USB Port (lebih tinggi sampai 6x USB Port)

    Spek RKS :
    1. Ethernet Controller Realtek RTL8106E-10/100 Controller (lebih rendah karena hanya sampai 100 bit/s)
    2. Sound Audio Controller Realtek ALC662 6-Channel HD Audio (lebih rendah hanya 6-channel)
    3. Drive USB 4x USB Port (lebih rendah karen hanya sampai 4x USB Port)

    Apakah Panitia melanggar dan dasar hukumnya apa ? sedangkan Hampir seluruh spek sesuai dengan permintaan dan dokumen sesuai dengan petunjuk RKS..terima kasih

    ReplyDelete
  3. panitia lelang pemerintahan kan emang bego jadi ga ngerti mana spek yg bagus, karena mereka itu rata2 sangat teks book sesuai permintaan atasan. jadi lain kali mas harus jelaskan bahwa spek mas itu lebih bagus barulah si panitia yg bego itu paham

    ReplyDelete