Tuesday, July 16, 2013

Pembuatan spesifikasi oleh penyedia

Dalam hal  kita sebagai PPK yang tidak memahami cara membuat spesifikasi atau cara mencari spesifikasi maka tidak dapat mempercayakan sepenuhnya pembuatan spesifikasi untuk dibuatkan oleh penyedia, apalagi penyedia ini nantinya juga akan mengikuti pelelangan. Kecenderungan bila dibuatkan oleh penyedia yang akan ikut dalam pelelangan nantinya akan mengarah kepada spesifikasi tertentu dan saat evaluasi teknis banyak yang gugur.


Terhadap spesifikasi yang diperoleh agar direview, apakah spesifikasi ini hanya dapat dipenuhi oleh penyedia satu-satunya atau mengarah kepada penyedia tertentu. Kemungkinan besar kalau spesifikasi mengarah kepada penyedia tertentu dalam pelelangan nanti akan banyak yang gugur dalam  evaluasi teknis.

Spesifikasi dibuat agar dapat dipenuhi oleh banyak penyedia sehingga dapat dilakukan pelelangan dan hasil pekerjaan dapat untuk memenuhi kinerja kita. Untuk spesifikasi tertentu yang memang dibutuhkan/diperlukan yang hanya bisa dipenuhi oleh satu penyedia maka dilakukan  penunjukkan langsung dengan klarifikasi teknis dan negosiasi kewajaran harga.

No comments:

Post a Comment