Saturday, September 14, 2013

Pembukaan dokumen dilihat bersama-sama

Apakah bisa Pembukaan Dokumen Penawaran di sistem pengadaan secara elektronik (SPSE), di buka dan disaksikan bersama - sama rekanan yang menawar pada paket yang diikuti. karena kami sebagai rekanan tidak bisa melihat jelas penawaran rekanan yang lainnya.

Dalam sistem manual atau lelang non eproc, di acara pembukaan penawaran penyedia dapat melihat bersama-sama lengkap atau tidaknya dokumen (bukan isinya dokumen). Dalam sistem ini jumlah data atau isian data, dimungkinkan bisa terjadi penyimpangan data atau penyimpangan post bidding. Penyimpangannya data bisa ditambah atau diganti.

Sistem yang digunakan sekarang adalah sistem pengadaan secara elektronik dengan pengamanan data yang dikembangkan oleh Lemsaneg (Lembaga Sandi Negara), data yang ada diserver tidak bisa diubah-ubah lagi oleh pokja ULP, sehingga tidak diperlukan lagi acara pembukaan dokumen oleh para penyedia untuk melihat lengkap tidaknya dokumen penawaran, karena dokumen tersebut tersimpan di server (yang tidak bisa dirubah atau ditambah oleh pokja ULP).
Bila penyedia meragukan proses pelelangan yang dilakukan oleh pokja ULP maka dapat menyampaikan pengaduan ke aparat pemeriksa internal pemerintah yaitu inspektorat. Aparat pemeriksa internal pemerintah (inspektorat) dengan ijin tertulis dapat diberi akses untuk melihat data yang tersimpan di server untuk paket tersebut.

No comments:

Post a Comment