Wednesday, December 11, 2013

Total lost atau bisa dibayar

Dalam pengadaan alat peraga yang dibagikan untuk banyak sekolah, ada kesalahan prosedur dalam proses pelelangan. Kesalahan ini diketahui setelah kontrak sudah selesai.


Kemudian pada saat serah terima, barang diterima tanpa dilakukan pemeriksaan dengan seksama. Kontrak dibayar 100%.


Sekarang barang sudah beredar dan dipakai.

Dalam proses lelang ada kesalahan prosedur yaitu pemalsuan surat dukungan. Terhadap pemalsuan surat dukungan , penyedia dapat dikenakan sanksi pidana.

Dalam serah terima ada kesalahan ketidaksesuaian spesifikasi. Spesifikasi yang diberikan lebih rendah, namun pembayaran dilakukan 100%.  Terhadap kesalahan spesifikasi dan barang telah beredar serta telah digunakan, maka agar tidak dihitung sebagai total lost, tetapi sebagai kerugian yang harus dinilai terhadap barang yang telah diberikan oleh penyedia, dengan demikian agar dinilai kembali atas barang yang dapat dimanfaatkan. Selanjutnya penyedia diwajibkan menyetor ke kas daerah/negara atas kelebihan bayar.
 
Terhadap kesalahan tersebut, peran pejabat/penerima pekerjaan sangatlah penting. Ketika pekerjaan diterima dan diperiksa dengan baik, dan dibayar sesuai dengan prestasinya, maka permasalahan yang ada hanya akan menjadi masalah hukum adminitrasi dan atau perdata saja.

No comments:

Post a Comment