Wednesday, January 8, 2014

Syarat kualifikasi pengalaman di pekerjaan jasa konstruksi



PERSYARATAN penyedia berdasar pasal 19 ayat 1 b sbb :

memiliki keahlian, pengalaman, kemampuan teknis dan manajerial untuk menyediakan Barang/Jasa;

PERSYARATAN penyedia berdasar pasal 19 ayat 1 h sbb :
memiliki Kemampuan Dasar (KD) untuk usaha non-kecil, kecuali untuk Pengadaan Barang dan Jasa Konsultansi;

Dalam pekerjaan konstruksi, mengenai pengalaman dan kemampuan dapat diperhatikan terhadap data kontrak yang disampaikan yang merupakan pekerjaan yang pernah dilakukan.
Bila meragukan atau kurang jelas kita dapat melakukan klarifikasi dengan meminta dokumen serah terima pertama pekerjaan ( PHO = provisional hand over).
Sedangkan untuk KD, yang nilainya perlu diangkat,  misal ada pekerjaan senilai Rp. 4.5 miliar maka penyedia yang memenuhi syarat adalah yang pernah mempunyai satu pekerjaan senilai Rp. 1.5 miliar.
Suatu penyedia memiliki satu kontrak yang paling tinggi adalah Rp. 1,4 miliar, untuk nilai ini bisa tidak diangkat menjadi minimal senilai Rp. 1.5 M.
Dengan melihat PHO dari kontrak tersebut pada tanggal sekian maka dapat dinilai pada saat ini mampu mencapai minimal  persyaratan KD senilai Rp. 1.5 atau tidak.
Meskipun  bilamana  memenuhi, terhadap penyedia yang dipilih dan dilakukan kontrak, yang paling penting adalah persiapan kontrak yang baik dan pengendalian kontrak yang baik. (Bahkan jangan mengira nanti toh akan ada kesempatan perpanjangan waktu s.d. 50 hari)
Penyedia yang tidak memenuhi targetnya agar diberikan peringatan, dua kali peringatan tidak ada perkembangan dengan memperhatikan klausul kontrak penyedia dapat diputus kontrak.

No comments:

Post a Comment