header 2

𝘉𝘭𝘰𝘨 𝘪𝘯𝘪 𝘩𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘱𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘱𝘳𝘪𝘣𝘢𝘥𝘪 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘶𝘬𝘶𝘯𝘨 𝘬𝘦𝘮𝘢𝘫𝘶𝘢𝘯 𝘐𝘯𝘥𝘰𝘯𝘦𝘴𝘪𝘢 𝘮𝘦𝘭𝘢𝘭𝘶𝘪 𝘱𝘦𝘯𝘨𝘢𝘥𝘢𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘶𝘥𝘢𝘩 , 𝘦𝘧𝘪𝘴𝘪𝘦𝘯,𝘦𝘧𝘦𝘬𝘵𝘪𝘧,𝘵𝘳𝘢𝘯𝘴𝘱𝘢𝘳𝘢𝘯,𝘣𝘦𝘳𝘴𝘢𝘪𝘯𝘨, 𝘢𝘥𝘪𝘭/𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘥𝘪𝘴𝘬𝘳𝘪𝘮𝘪𝘯𝘢𝘵𝘪𝘧 𝘥𝘢𝘯 𝘢𝘬𝘶𝘯𝘵𝘢𝘣𝘦𝘭.

Kebijakan Kejaksaan dalam pelaksanaan lelang dan pelaksanaan kontrak



Begitu pula halnya dalam mengantisipasi banyaknya laporan terkait pengadaan barang dan jasa,
yang semata-mata merupakan ungkapan ketidakpuaasan dari pihak-pihak tertentu yang kalah dalam proses lelang. Dalam hal ini, Jampidsus telah mengambil kebijakan dan memberikan petunjuk kepada para Kajati didaerah untuk tidak melakukan penyelidikan, baik terhadap proyek yang masih dalam tahap pelelangan maupun terhadap proyek yang belum diserahterimakan pekerjaannya dari pemborong kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) atau Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) ataupun terhadap proyek yang masih dalam tahap pemeliharaan. Kegiatan penyelidikan dapat dilakukan, apabila terdapat bukti yang cukup adanya tindak pidana penyuapan ataupun permufakataan jahat, yang menimbulkan kontra produktif  dan bias dalam pelaksanaan pembangunan.

Surat JAM  Pidsus No. B1237/Fd.1/06//2009 Tentang Penanganan Laporan Dugaan Tindak Pidana Korupsi Pada Proyek Pemerintahan Masih Pada Tahap Pelelangan.

Tulisan ini diambil dari buku “Dikotomi Terminologi Keuangan Negara Dalam Perspektif Tindak Pidana Korupsi”, Penulis D. Andhi Nirwanto

Post a Comment

1 Comments

  1. jaksa polisi pengacara...
    pernahkah bapak ngobrol-ngobrol dengan polisi yg lurus? ada pak, tapi jumlahnya SANGAT sedikit.
    instansi tercermin pada pimpinan, pimpinan tercermin pada anak buah.
    pernahkah bapak dengar idiom ular-katak?
    tahukah bapak mekanisme subsidi info dan setor kasus?
    andai bisa ada yang melakukan penelitian tentang hal-hal tersebut, borok-borok negeri ini MUNGKIN dapat dikelupas lebih cepat dan tuntas daripada sekedar undang-undang atau kebijakan pun petunjuk, model seperti itu. sayangnya, semakin tinggi kedudukan semakin ia mengaburkan warna tanah yang
    masih dipijak dan rasa air yang masih ditenggak.
    salam hormat pak

    ReplyDelete