Sunday, April 13, 2014

Pemaketan untuk pekerjaan di beberapa desa

Kadang mengherankan ada pemeriksa,  yang menanyakan kenapa dipecah atau kenapa disatukan pemaketannya untuk suatu pekerjaan ?  Yang benar pertanyaannya adakah kegiatan ini merugikan negara dan adakah yang menerima suap dan gratifikasi.


Berdasarkan Perpress 70 Tahun 2012 Pasal 24 Ayat 3 Point c, bahwa PA dilarang memecah Pengadaan Barang/Jasa menjadi beberapa paket dengan maksud menghindari pelelangan.
Pertanyaan:


Apakah pemaketan pada Dinas Kelautan dan Perikanan  menyalahi aturan dalam satu kode rekening banyak paketm yang berarti satu kode rekening akan banyak paket, mengingat Pagu Anggaran masing masing paket bernilai sama dan  hal ini dicantumkan dalam RUP.

Contoh:
a. Pembangunan Kolam ikan Desa Subur Rp.  175.000.000
b. Pembangunan Kolam ikan Desa Suka Makmur Rp. 175.000.000
c. Pembangunan Kolam ikan Desa Sukajadi  Rp. 175.000.000
d. Pembangunan Kolam ikan Desa Sukakreasi Rp. 175.000.000

Jawaban :
 Bila berdasar kajian prinsip efektivitasnya dan efisiensinya lebih baik dikerjakan untuk masing-masing lokasi  maka dapat dilakukan pemecahan paket.

 Pasal 24 Ayat 3 Point a
Dalam melakukan pemaketan Barang/Jasa, PA dilarang:
a.   menyatukan atau memusatkan beberapa kegiatan yang tersebar di beberapa lokasi/daerah yang menurut sifat pekerjaan dan tingkat efisiensinya seharusnya dilakukan di beberapa lokasi/daerah masing-masing;


No comments:

Post a Comment