header 2

š˜‰š˜­š˜°š˜Ø š˜Ŗš˜Æš˜Ŗ š˜©š˜¢š˜Æš˜ŗš˜¢ š˜±š˜¦š˜Æš˜„š˜¢š˜±š˜¢š˜µ š˜±š˜³š˜Ŗš˜£š˜¢š˜„š˜Ŗ š˜¶š˜Æš˜µš˜¶š˜¬ š˜®š˜¦š˜Æš˜„š˜¶š˜¬š˜¶š˜Æš˜Ø š˜¬š˜¦š˜®š˜¢š˜«š˜¶š˜¢š˜Æ š˜š˜Æš˜„š˜°š˜Æš˜¦š˜“š˜Ŗš˜¢ š˜®š˜¦š˜­š˜¢š˜­š˜¶š˜Ŗ š˜±š˜¦š˜Æš˜Øš˜¢š˜„š˜¢š˜¢š˜Æ š˜ŗš˜¢š˜Æš˜Ø š˜®š˜¶š˜„š˜¢š˜© , š˜¦š˜§š˜Ŗš˜“š˜Ŗš˜¦š˜Æ,š˜¦š˜§š˜¦š˜¬š˜µš˜Ŗš˜§,š˜µš˜³š˜¢š˜Æš˜“š˜±š˜¢š˜³š˜¢š˜Æ,š˜£š˜¦š˜³š˜“š˜¢š˜Ŗš˜Æš˜Ø, š˜¢š˜„š˜Ŗš˜­/š˜µš˜Ŗš˜„š˜¢š˜¬ š˜„š˜Ŗš˜“š˜¬š˜³š˜Ŗš˜®š˜Ŗš˜Æš˜¢š˜µš˜Ŗš˜§ š˜„š˜¢š˜Æ š˜¢š˜¬š˜¶š˜Æš˜µš˜¢š˜£š˜¦š˜­.

Eskalasi harga



Bulan 1 s.d 12
Bulan 13
Bulan 14
Bulan  15
Bulan 16
Rencana Progress
60%
12%
11%
10%
7%
Kumulatif
60%
72%
83%
93%
100%

Eskalasi harga (penyesuaian harga) diberikan bila di kontrak multi years pada bulan ke 13 dst, di kontrak harus ada klausul mengenai esakalasi harga.
Eskalasi harga diberikan  untuk pekerjaan yang terjadwal di bulan ke ke 13 dst, bukan untuk pekerjaan yang terlambat yang seharusnya dikerjakan di bulan 1 s.d. 12. ( Contoh warna merah yang dimungkinkan ada bagian yang dapat dieskalasi harga).
Bagaimana kalau ada pembelian bahan yang dilakukan pada bulan sebelum bulan 13, untuk pekerjaan-pekerjaan yang akan dilakukan pada bulan 13 dst, misal pembelian semen atau besi ternyata dilakukan penyedia pada bulan 10 ? 
Waktu pembelian tidak mempengaruhi perhitungan eskalasi harga, volume terpasang yang bukan pekerjaan terlambat dari bulan sebelum bulan 13 yang dapat dihitung.

Penyesuaian Harga silahkan lihat Perpres 70 tahun 2012 pada Pasal 92



Post a Comment

1 Comments

  1. halo bapak mudji, saya mau bertanya.
    gimana dengan cara perhitungan eskalasi di tahun ini pak.? di BPS indeks dari desember 2019 ke Januari 2020 itu turun. hal tersebut di karenakan perbedaan metode perhitungan menuru BPS, ini cara pemakaian indeksnya bagaimana..?
    mohon penjelasannya, terimakasih..
    email saya ighfiraba23@gmail.com

    ReplyDelete