Sunday, August 31, 2014

Item dalam penawaran, tidak sesuai dengan item dalam dokumen pengadaan



Saat ini Pokja ULP sedang mengevaluasi paket pekerjaan pengadaan alat-alat kedokteran. Disaat pemberian penjelasan minggu lalu, PPK menyatakan bahwa alat kedokteran yang akan diadakan tersebut membutuhkan stabilizer untuk memelihara usia produktifnya, sehingga PPK meminta kepada Pokja untuk menambahkan stabilizer pada daftar kuantitas dan harga serta spesifikasi teknis serta menyatakan penambahan ini tidak mempengaruhi nilai total HPS yang sudah ada.
Pada saat pembukaan penawaran ternyata tidak ada calon peserta yang mengupload dukungan ketersediaan stabilizer dari distributor/ pabrikan/ pendukung lainnya. Memang harga stabilizer tidaklah terlalu signifikan dibandingkan 1 unit alat bedah yang akan dilelangkan tersebut (antara 1-5%) dari HPS. Apakah kita dapat menggugurkan penawaran karena tidak ada dukungan ketersediaan stabilizer tersebut ?
Tanggapan :
Bila item alat tersebut ada didokumen pengadaan, sedangkan didokumen penawaran tidak ada, maka terhadap DOKUMEN PENAWARAN dilakukan klarifikasi kesanggupan penyedia tersebut, item harga tersebut dinilai dengan harga nol
Dalam Peraturan Kepala LKPP No 14 tahun 2012
Jenis pekerjaan yang tidak tercantum dalam daftar kuantitas dan harga disesuaikan dengan jenis pekerjaan
yang tercantum dalam Dokumen Pengadaan dan harga satuan pekerjaan dimaksud dianggap nol
.

No comments:

Post a Comment