Monday, August 18, 2014

Satu penyedia menang di tiga paket dengan alat dan tenaga yang sama


Peserta A mengikuti Lelang Pekerjaan Konstruksi lebih dari 3 Paket Pekerjaan. Dalam Evaluasi Penawaran, Evaluasi Kualifikasi dan Pembuktian Kualifikasi peserta A lulus/memenuhi syarat dan ditetapkan sebagai Pemenang Lelang sebanyak 3 Paket Pekerjaan Konstruksi.
Dalam Dokumen Penawaran, Peserta menyampaikan data personil inti/tenaga terampil hanya satu orang untuk ketiga Pekerjaan tersebut begitu juga Data Peralatan minimal yang dibutuhkan dengan menyampaikan Surat Dukungan dari Pemberi Dukungan yang sama.
Dalam Dokumen Pengadaan yang di upload, hanya menyebutkan persyaratan Tenaga Ahli/Tenaga Terampil dan persyaratan Peralatan Minimal (tidak ada menyebutkan terkait Pembatasan Tenaga Ahli/Tenaga Terampil dan Peralatan).
Dalam hal ini PPK tidak sependapat dengan hasil Penetapan Pokja.
Tanggapan :
Pasal 19 ayat 1 b. memiliki keahlian, pengalaman, kemampuan teknis dan manajerial untuk menyediakan Barang/Jasa;
1. dengan adanya paket-paket yang lain yang dimenangkan penyedia yang sama tentunya harus memperhatikan kemampuan penyedia, mengenai pengunaan alat dan tenaga kerja yang sama. Dilakukan klarifikasi kemungkinan penyedia dapat menyelesaikan dengan baik atau dapat diganti dalam pelaksanaan kontrak.
2. PPK dapat melakukan tindakan untuk meyakini bahwa penyedia yang akan kontrak memiliki kemampuan tersebut, dengan melihat klarifikasi kemungkinan penyedia dapat menyelesaikan dengan baik klarifikasi kemungkinan penyedia dapat menyelesaikan dengan baik atau dapat diganti dalam pelaksanaan kontrak
Terhadap perbedaan yang terjadi agar diselesaikan bersama antara ULP dan PPK, atau dengan melibatkan tim teknis yang kompeten. Tim teknis dapat membantu menilai kewajaran kesanggupan penyedia atas penggunaaan alat atau tenaga kerja klarifikasi kemungkinan penyedia dapat menyelesaikan dengan baik atau dapat diganti dalam pelaksanaan kontrak
Dalam hal tidak terjadi kesepakatan antara PPK dan ULP agar disampaikan ke PA/KPA untuk diputuskan. 

No comments:

Post a Comment