Tuesday, February 10, 2015

EPURCHASING OLEH PEJABAT PENGADAAN

Peran Pejabat Pengadaan dalam Epurchasing, tidak dibatasi nilainya, sampai nilai berapapun.

Pejabat Pengadaan. dalam Epurchasing, dapat melakukan untuk nilai berapa saja, karena Epurchasing seperti orang tinggal beli saja. Pejabat pengadaan dapat segera melakukan proses pengadaannya.

Pejabat Pengadaan dalam Epurchasing, melakukan negosiasi harga. Untuk pengadaan obat dan pengadaan buku, tidak diperlukan negosiasi. Untuk obat dan buku, harganya merupakan harga transaksi.

Aplikasi epurchasing akan ada permintaan untuk dilakukan negosiasi. Untuk obat dan buku dalam aplikasinya, tidak ada negosiasi.

Untuk Epurchasing, pajabat pengadaan tidak dibatasi nilainya. namun untuk Pengadaan Langsung atau Penunjukan Langsung Pejabat Pengadaan, dibatasi untuk paket Pengadaan Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa Lainnya yang bernilai paling tinggi Rp200 juta dan jasa konsultansi s.d Rp 50 juta.

Selain Pejabat Pengadan, PPK dapat langsung melakukan sendiri proses E-purchasing, tanpa melibatkan Pejabat pengadaan/ pokja ULP.

Selain Pejabat Pengadaan/PPK yang dapat melakukan pengadaan secara Epurchasing, dapat ditetapkan pejabat oleh Pimpinan Instansi/Institusi untuk melakukannya.
Pejabat yang diberi akses tersebut dapat dari BUMD/BUMN yang ingin melakukan epurchasing.

Epurchasing oleh Pejabat Pengadaan dilakukan dengan SPSE V.3.6

Pasal 110 ayat 5
E-Purchasing dilaksanakan oleh Pejabat Pengadaan/PPK atau pejabat yang ditetapkan oleh Pimpinan Instansi/Institusi.

1 comment:

  1. Salam pak Mudjisantosa,
    Dalam proses e-purchasing selain obat dan buku terdapat tahapan negosiasi, mengapa negosiasi ini harus dilakukan? Mengingat ketika penyedia menawarkan alat untuk ditayangkan pada sistem, LKPP pun telah melakukan negosiasi harga.
    Pada saat proses negosiasi, terkadang hal tersebut menjadi alasan penyedia untuk tetap mempertahankan harga sesuai dengan yang tertera pada e-katalog. Namun disisi lain, dengan maksud untuk mencapai efisiensi dalam pengadaan maka pihak pemesan tetap meminta untuk diberikan penurunan harga. Menurut Bapak apa solusi yang bisa dilakukan?

    Terima kasih atas perhatiannya, Salam.

    ReplyDelete