header 2

𝘉𝘭𝘰𝘨 𝘪𝘯𝘪 𝘩𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘱𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘱𝘳𝘪𝘣𝘢𝘥𝘪 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘶𝘬𝘶𝘯𝘨 𝘬𝘦𝘮𝘢𝘫𝘶𝘢𝘯 𝘐𝘯𝘥𝘰𝘯𝘦𝘴𝘪𝘢 𝘮𝘦𝘭𝘢𝘭𝘶𝘪 𝘱𝘦𝘯𝘨𝘢𝘥𝘢𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘶𝘥𝘢𝘩 , 𝘦𝘧𝘪𝘴𝘪𝘦𝘯,𝘦𝘧𝘦𝘬𝘵𝘪𝘧,𝘵𝘳𝘢𝘯𝘴𝘱𝘢𝘳𝘢𝘯,𝘣𝘦𝘳𝘴𝘢𝘪𝘯𝘨, 𝘢𝘥𝘪𝘭/𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘥𝘪𝘴𝘬𝘳𝘪𝘮𝘪𝘯𝘢𝘵𝘪𝘧 𝘥𝘢𝘯 𝘢𝘬𝘶𝘯𝘵𝘢𝘣𝘦𝘭.

PEKERJAAN REHAB / PEMELIHARAAN, APAKAH MEMERLUKAN KONSULTAN ?

Penggantian atas gedung senilai Rp 900 juta  ( diganti kerangka baja, genteng, plafon, pengecatan )
Perlukah adanya konsultan perencana dan konsultan pengawas ?
Pekerjaan yang memerlukan perencanaan  dan pengawasan maka diperlukan pihak yang merencanakan dan yang mengawasi agar pekerjaan terlaksana dan kuantitas/kualitas pekerjaan dapat diterima dengan baik.
Dalam hal di instansi kita ada yang memiliki kompetensi teknis konstruksi, misal di dinas pu , kemen PUPR, fakultas teknis perguruan tinggi dst, maka peran konsultan dapat digantikan oleh pejabat/pegawai yang memiliki kompetensi.
Untuk pekerjaan yang kita memiliki kompetensi namun bukan pekerjaan sederhana/kecil dan tidak mempunyai cukup waktu maka lebih baik diserahkan kepada konsultan yang kompeten.
Era orde baru banyak pekerjaan konstruksi yang dilakukan sendiri oleh instansi teknis yang kompeten, tetapi hal demikian tidak menumbuhkembangkan dunia konsultan.

Selanjutnya silahkan dibaca kembali mengenai peraturan pekerjaan gedung negara di Peraturan Menteri PU No. 45 tahun 2007

Post a Comment

3 Comments

  1. sober living georgia
    Good blog along with the excellent quality stuff and I’m sure this will be greatly helpful.

    ReplyDelete
  2. Remarkable blog! I have no words to praise, it has really allured me.
    Best rehab Georgia

    ReplyDelete
  3. The reason for detoxification is to diminish the enthusiastic and actual precariousness which results from substance withdrawal. arquitecto zaragoza

    ReplyDelete