Friday, September 25, 2015

MATERIAL ON SITE

Pembayaran kontrak dapat memperhitungkan bahan yang ada di lapangan atau  material on site ( MOS ), jadi dilihat dulu bagaimana kontraknya, apakah sudah mencantumkan mengenai mos..

Namun untuk barang yang sifatnya mudah rusak (semen mengeras), yang rawan penyusutan volume selama penyimpanan.seperti pasir, batu dsb tidak dimasukkan sebagai bagian MOS yang dapat dibayar.

Material on site, bisa dihitung dibayar, bila dicantumkan di dalam kontraknya

PERKA 19 TAHUN 2014

Pasal 4

(1)Pembayaran terhadap peralatan dan/atau bahan yang menjadi bagian dari hasil pekerjaan yang akan diserahterimakan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 harus memenuhi persyaratan:
a. merupakan bagian dari pekerjaan meskipun belum dilakukan uji fungsi (commisioning);
b. berada di lokasi yang ditetapkan sebagaimana tercantum dalam Kontrak dan/atau perubahannya;
c. memiliki sertifikat uji mutu dari pabrikan/produsen;
d. bersertifikat garansi dari produsen/agen resmi yang ditunjuk produsen;
e. disetujui oleh PPK sesuai dengan capaian fisik yang diterima;
f. dilarang dipindahkan dari area lokasi yang ditetapkan sampai dengan waktu pemasangan dan/atau dipindahtangankan kepada pihak manapun sebagaimana tercantum dalam Kontrak dan/atau perubahannya; dan
g. Penyedia bertanggung jawab atas keamanan penyimpanan dan risiko kerusakan.

(2)Persyaratan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a sampai dengan huruf g dicantumkan dalam Kontrak dan/atau perubahannya.
(3)Dalam hal peralatan dan/atau bahan dibuat/dirakit oleh Penyedia, persyaratan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf c dan huruf d dapat digantikan dengan Surat Persetujuan dari PPK. (4)Pembayaran peralatan dan/atau bahan hanya diberikan untuk pekerjaan yang menggunakan kontrak harga satuan atau bagian pekerjaan yang menggunakan harga satuan pada Kontrak Gabungan Lump Sum dan Harga Satuan.

No comments:

Post a Comment