Wednesday, December 30, 2015

LELANG HANYA SATU JAM

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Kebijakan Pengadaan barang dan jasa Pemerintah (LKPP) tengah membuat sistem lelang pekerjaan konstruksi dengan waktu tersingkat yakni satu jam.
Kepala LKPP Agus Prabowo mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menjadi daerah percontohan penerapan sistem baru tersebut. 
"Ini ide baru, untuk mencari kontraktor, pekerjaan konstruksi. Sudah disiapkan oleh tim LKPP, nah Pak Gubernur bersedia dan Pemprov DKI bersedia dijadikan pilot project," kata Agus, di Balai Kota, Selasa (29/12/2015).
Melalui sistem itu, pemenang lelang bisa ditentukan dalam waktu satu jam. Rencananya, sistem itu akan terealisasi tahun 2016 mendatang. Jika berhasil, sistem itu akan diujicoba ke daerah lain.
Sistem tersebut diberi nama competitive catalog (comcat). Ada pun beberapa pekerjaan konstruksi yang dikerjakan melalui sistem tersebut seperti perbaikan trotoar, jalan, dinding turap, dan lainnya.
Dengan sistem e-katalog ini dalam sejam bisa dapat kontraktornya.
"Jadi ini mempercepat proses lelang. Biasanya kan lelang berhari-hari, sekarang satu jam juga sudah dapat pemenangnya," kata Agus.
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku sangat terbantu melalui sistem baru ini. Basuki mengatakan, sistem ini akan digunakan untuk perbaikan trotoar.
Mengingat luas trotoar di Jakarta mencapai 8 juta kilometer. Sehingga membutuhkan banyak kontraktor untuk memperbaiki serta merawat trotoar.
"Jadi kalau kami mau buru-bur nih, tambal lubang, atau bangun sheetpile (dinding turap) cepat, kalau prosedur bisa berhari-hari nih, ini hitungan jam. Begitu kami buka (lelang), orang masukin, sudah ada harga, langsung sistem dan mesin aplikasi akan mutusin siapa pemenangnya," kata Basuki.
Penulis: Kurnia Sari Aziza

No comments:

Post a Comment