Thursday, April 7, 2016

KEGIATAN DENGAN ANGGARAN TAHUN JAMAK

Sering terjadi pelaksanaan kontrak konstruksi tidak cukup dikerjakan dalam beberapa bulan, bahkan perlu melewati tahun anggaran. Tetapi sering dipaksakan agar selesai dalam satu tahun anggaran.
Dalam perkiraan waktu perencanaan atau waktu lelang, hal demikian sudah terlihat.
Dengan demikian sebenarnya diperlukan adanya kontrak tahun jamak atau multi years.
Untuk menjadi kontrak tahun jamak, diperlukan jaminan anggaran, hal ini harus sudah dinyatakan pada saat mengusulkan anggaran, yaitu agar anggaran untuk kegiatan ini diusulkan multi years.
Jadi pengusulan multi years bukan pada pelaksanaan pelelangan  atau kontrak atau bukan pada pelaksanaan anggaran tetapi pada saat pembuatan anggaran.
Untuk anggaran Kementerian/Lembaga, pengusulan multi years dilakukan ke Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan. Namun sering Kemenkeu enggan untuk menyetujui adanya kegiatan multi years, karena akan mengurangi kebijakan anggaran untuk tahun-tahun berikutnya.
Sedangkan untuk Pemda, kewenangan kegiatan multi years, berada pada Kepala Daerah dan DPRD.
Ini lebih mudah, bila Kepala daerah dan DPRD dapat menyepakati.
Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 13 tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah sebagaimana diubah dalam Permendagri 21 tahun 2011, dijelaskan bahwa kegiatan tahun jamak harus memenuhi kriteria sekurang-kurangnya “merupakan pekerjaan konstruksi atas pelaksanaan kegiatan yang secara teknis merupakan satu kesatuan  untuk menghasilkan output dengan waktu penyelesaian lebih dari 12 bulan”.
Dalam pasal 54A ayat 3 dan 4 , penganggaran kegiatan tahun jamak berdasarkan persetujuan DPRD yang dituangkan dalam nota kesepakatan bersama antara kepala daerah dan DPRD.
Nota kesepatan tersebut harus memuat :
1.       Nama kegiatan
2.       Jangka waktu pelaksanaan kegiatan
3.       Jumlah anggaran
4.       Alokasi anggaran per tahun
Pasal 54a ayat 6
Jangka waktu pengganggaran kegiatan tahun jamak tidak melampui akhir tahun masa jabatan kepala daerah berakhir.

Untuk pemda dalam hal pekerjaan memerlukan dilakukan dalam tahun jamak, maka silakan usulkan kepada kepala daerah dan DPRD

1 comment:

  1. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda?
    Kami memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

    ReplyDelete