Saturday, March 31, 2018

DENDA KETERLAMBATAN PEKERJAAN berdasar Pepres 16 tahun 2018

           Kontrak                 Rp      1milyar
           PPN                       Rp      100juta
           Nilai kontrak         Rp.      1,1 milyar

Klausul di kontrak bahwa pengenaan denda keterlambatan 1/1000 perhari dari nilai kontrak.

Pekerjaan terlambat 54 hari.

Berapa denda keterlambatan yang harus dipotong dari pembayaran ?
Rp......

Rp. 1 milyar  x 1/1000 x 54 hari = rp 54 juta

Catatan :
1. buatlah pengendalian kontrak melalui rancangan kontrak yang efektif dan lakukan pengendalian pelaksanaan kontrak dengan baik sehingga kontrak  tidak menjadi terlambat
2. tidak ada batasan pengenaan sebesar denda maksimal 5%
3. pengenaan denda tidak menghitung nilai PPN
4.  hasil pekerjaan yang serah terimanya untuk dapat dimanfaatkan harus sudah selesai semua atau harus selesai 100%  maka klausul denda yang tepat adalah dari nilai kontrak ( nilai total kontrak - PPN ) bukan dari bagian kontrak
5. batasan 50 hari atau 90 hari tidak disebut dalam perpres 16 tahun 2018 ( mungkin dalam aturan menteri keuangan nantinya ), yang penting ingat pengendalian kontrak

Denda keterlambatan berdasar Perpres 16 tahun 2018

Pasal 78

(3) Perbuatan atau tindakan Penyedia yang dikenakan sanksi adalah:
     f. terlambat menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan Kontrak.

(4) Perbuatan atau tindakan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ayat (2), dan ayat (3) dikenakan:
     e. sanksi denda.

(5) Pelanggaran atas ketentuan sebagaimana dimaksud pada:
     f. ayat (3) huruf f dikenakan sanksi denda keterlambatan.


Pasal 79

(4)  Pengenaan sanksi denda keterlambatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 78 ayat (5) huruf f ditetapkan oleh  PPK dalam Kontrak sebesar 1%0 (satu permil) dari nilai kontrak atau nilai bagian kontrak untuk setiap hari  keterlambatan.
(5) Nilai kontrak atau nilai bagian kontrak sebagaimana dimaksud pada ayat (4) tidak termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Unduh Perpres 16 tahun 2018



Denda keterlambatan berdasar Perpres 54 tahun 2010 dan perubahannya 

    Pasal 120**)
Selain perbuatan atau tindakan sebagaimana dimaksud  dalam Pasal 118 ayat (1), Penyedia Barang/Jasa yang terlambat menyelesaikan pekerjaan dalam jangka waktu sebagaimana ditetapkan dalam Kontrak karena kesalahan Penyedia Barang/Jasa, dikenakan denda keterlambatan sebesar 1/1000 (satu perseribu) dari nilai Kontrak atau nilai bagian Kontrak untuk setiap hari keterlambatan.
Penjelasan: Bagian kontrak adalah bagian pekerjaan yang tercantum di dalam syarat-syarat kontrak yang terdapat dalam rancangan kontrak dan dokumen kontrak. Penyelesaian masing-masing pekerjaan yang tercantum pada bagian kontrak tersebut tidak tergantung satu sama lain dan memiliki fungsi yang berbeda, dimana fungsi masing-masing bagian kontrak tersebut tidak terkait satu sama lain dalam pencapaian kinerja pekerjaan. 


1 comment:

  1. Saya ingin menyampaikan kepada seluruh TKI dan TKW yang bekerja di negeri orang saya atas nama IBU MARINA saya seorang TKI DI MALAYSIA pengen pulang ke indo tapi ngak ada ongkos sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan susah gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak kebetulan suami saya buka-buka internet mendapatkan nomor KYAI ANOM SUROTHO katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah jadi saya coba hubungi KYAI ANOM SUROTHO dan saya minta angka bocoran TOTO MALAYSIA angka yang di berikan TOTO 4D (1229) ternyata betul-betul tembus 100% bagi saudarai-saudara di indo mau di luar negeri apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah anda hubungi KYAI ANOM SUROTHO di nomor (_085_298_569-393_) silahkan buktikan sendiri..
    "K L I K DI S I NI"

    ReplyDelete