header 2

𝘉𝘭𝘰𝘨 𝘪𝘯𝘪 𝘩𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘱𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘱𝘳𝘪𝘣𝘢𝘥𝘪 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘶𝘬𝘶𝘯𝘨 𝘬𝘦𝘮𝘢𝘫𝘶𝘢𝘯 𝘐𝘯𝘥𝘰𝘯𝘦𝘴𝘪𝘢 𝘮𝘦𝘭𝘢𝘭𝘶𝘪 𝘱𝘦𝘯𝘨𝘢𝘥𝘢𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘶𝘥𝘢𝘩 , 𝘦𝘧𝘪𝘴𝘪𝘦𝘯,𝘦𝘧𝘦𝘬𝘵𝘪𝘧,𝘵𝘳𝘢𝘯𝘴𝘱𝘢𝘳𝘢𝘯,𝘣𝘦𝘳𝘴𝘢𝘪𝘯𝘨, 𝘢𝘥𝘪𝘭/𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘥𝘪𝘴𝘬𝘳𝘪𝘮𝘪𝘯𝘢𝘵𝘪𝘧 𝘥𝘢𝘯 𝘢𝘬𝘶𝘯𝘵𝘢𝘣𝘦𝘭.

TENDER DINI


Percepatan pengadaan silakan baca SE Kepala LKPP No. 19 tahun 2019

Tender dini ?

Suatu kontrak agar tidak terlambat untuk dilakukan tanda tangan kontrak, atau karena harus dilakukan di awal tahun anggaran atau untuk memberi waktu pelaksanaan kontrak yang cukup, maka solusinya adalah dengan Tender dini atau seleksi dini , yaitu pengadaan dapat dilakukan sebelum anggaran efektif dilaksanakan.

Tender dini atau seleksi dini, nama lainnya seperti tender pra DIPA atau untuk APBD yaitu tender pra DPA.

Tender dini atau seleksi dini yaitu suatu pengadaan untuk tahun anggaran berikutnya dilakukan pada tahun anggaran sebelumnya, dengan proses s.d penetapan pemenang, namun kontraknya ditandatangani ketika anggaran sudah efektif dapat dicairkan ( misal per 2 Januari ).

Dalam dokumen pengadaan untuk tender dini agar dituliskan kalimat sebagai berikut :

"Tender dini bisa dibatalkan bila dana dalam dokumen anggaran yang telah disahkan tidak tersedia atau tidak cukup tersedia dalam DIPA/DPA Tahun Anggaran"

Kalimat di atas tertulis di dokumen PUPR ( SE 10 2018 ), dalam hal aplikasi mengenai surat penawaran tidak bisa diubah di aplikasi atau tidak bisa ditambah di aplikasi SPSE maka mengenai kalimat tersebut bisa dicantumkan di LDP atau IKP.

Apakah tender dini kontruksi harus berdasar SE 10 2018 ? SE ini hanya sekedar memberi contoh untuk tender dini untuk anggaran 2019. 
Sedangkan peraturan dapat dimulai tender dini bisa merujuk Perpres 16 tahun 2018 di Pasal 22 ayat (1)  Pengumuman RUP Kementerian/Lembaga dilakukan setelah penetapan alokasi anggaran belanja. 
Dengan adanya RUP maka bisa dilakukan proses pengadaan


Dalam PerLKPP 9 tahun2018
7.1.3 Waktu Penerbitan SPPBJ
Dalam hal Tender/Seleksi dilakukan mendahului tahun anggaran, SPPBJ dapat diterbitkan setelah persetujuan Rencana Kerja dan Anggaran atau Rencana Kerja Anggaran Perangkat Daerah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

7.2 Penandatanganan Kontrak
Penandatanganan Kontrak dapat dilakukan setelah DIPA/DPA disahkan. Dalam hal penandatangan kontrak dilakukan sebelum tahun anggaran, maka Kontrak mulai berlaku dan dilaksanakan setelah DIPA/DPA berlaku efektif. 

Berikut adalah contoh dari standar dokumen pengadaan SE 10 - 2018 :

BAB VI. BENTUK DOKUMEN PENAWARAN
A. BENTUK SURAT PENAWARAN PESERTA BADAN USAHA TUNGGAL/KSO
Nomor : _______, _____________ 20___
Lampiran :

Kepada Yth.:

Pokja _______UKPBJ____________ [K/L/PD] [diisi oleh Pokja Pemilihan]
di ______________________________

Perihal : Penawaran Pekerjaan_______________[nama pekerjaan diisi oleh Pokja Pemilihan]
Sehubungan dengan pengumuman tender Pascakualifikasi dan Dokumen Pemilihan nomor: _________________ tanggal ______________ (Diisi oleh Pokja Pemilihan) dan setelah kami pelajari dengan saksama Dokumen Pemilihan dan Berita Acara Pemberian Penjelasan [serta adendum Dokumen Pemilihan], dengan ini kami mengajukan penawaran untuk pekerjaan _____________________[diisi oleh Pokja Pemilihan] sebesar Rp_______________ (__________________________) termasuk PPN.
Penawaran ini sudah memperhatikan ketentuan dan persyaratan yang tercantum dalam Dokumen Pemilihan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut.
Penawaran ini berlaku selama _______ (__dalam huruf__) hari kalender sejak batas akhir pemasukan penawaran.
Sesuai dengan persyaratan, bersama Surat Penawaran ini kami lampirkan:
  1. Jaminan Penawaran Asli;
  2. Surat perjanjian Kerja Sama Operasi, (apabila ber-KSO);
  3. Dokumen Penawaran teknis, terdiri atas:
    1. Metode pelaksanaan pekerjaan;
    2. Jangka waktu pelaksanaan pekerjaan;
    3. Daftar isian Peralatan utama;
    4. Daftar isian Personel manajerial;
    5. Rencana Keselamatan Konstruksi (RKK);
    6. Daftar isian bagian pekerjaan yang akan disubkontrakkan (apabila disyaratkan); dan
    7. Dokumen lain yang disyaratkan (apabila ada).
  4. Dokumen Penawaran Harga terdiri atas:
1.    Daftar Kuantitas dan Harga;
2.    Daftar Keluaran dan Harga.
  1. Dokumen lain:
    a. Formulir rekapitulasi perhitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN),
(apabila memenuhi syarat untuk diberikan preferensi harga); dan b. Daftar barang yang diimpor (apabila ada).
Dengan disampaikannya Surat Penawaran ini, maka kami menyatakan sanggup
dan akan tunduk pada semua ketentuan yang tercantum dalam Dokumen Pemilihan serta Pokja Pemilihan tidak terikat untuk menetapkan penawaran terendah sebagai pemenang. Apabila dana dalam dokumen anggaran yang telah disahkan tidak tersedia atau tidak cukup tersedia dalam DIPA/DPA Tahun Anggaran, maka Pengadaan Barang/Jasa dapat dibatalkan dan kami tidak akan menuntut ganti rugi dalam bentuk apapun.

PT/CV/Fa/KSO_________________ [pilih yang sesuai dan cantumkan nama]
.........................

Jabatan


Referensi SE PUPR NO 10 tahun 2018


Post a Comment

3 Comments

  1. ASS..WR.WB.SAYA pak resky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN EYANG SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
    NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208)
    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
    DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL

    ReplyDelete
  2. My name is Mrs.Aisha Mohamed, am a Citizen Of Qatar.Have you been looking for a loan?Do you need an urgent personal loan or business loan?contact Dr James Eric Finance Home he help me with a loan of $42,000 some days ago after been scammed of $2,800 from a woman claiming to been a loan lender but i thank God today that i got my loan worth $42,000.Feel free to contact the company for a genuine financial service. Email:(financialserviceoffer876@gmail.com) call/whats-App Contact Number +918929509036

    ReplyDelete
  3. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    ReplyDelete