Wednesday, August 28, 2013

Pengadaan Jasa Konsultan yang gagal



Dalam pengadaan jasa konsultan dengan seleksi sederhana untuk HPS senilai Rp.  180 juta secara metode evaluasi kualitas dan biaya yang lulus kualifikasi ada 8 perusahaan penyedia jasa konsultan.
Daftar pendek (short list) dibuat dari 8 penyedia tersebut dirangking menjadi lima penyedia.
Dalam penawaran yang diundang 5 penyedia tersebut, kemudian yang memasukan penawaran hanya dua saja.
Karena yang memasukkan penawaran hanya dua (yang berarti penawaran kurang dari tiga penyedia) maka seleksi dinilai gagal.
Kemudian diulang lagi diberi undangan kepada para penyedia short list tadi.
Dalam pemasukan ulang penawaran tetap dua penyedia, sehingga diteruskan dengan proses evaluasi. Hasil evaluasi dua penyedia tersebut tidak lulus teknis.
Selanjutnya pokja ULP setelah rapat bersama dengan PPK dan pemilik kegiatan  merubah persyaratan teknis untuk diseleksi ulang kembali.  Bagaimana mekanismenya ?
Silahkan diundang kembali 5 penyedia yang masuk daftar pendek. Lima penyedia tersebut yang lulus daftar pendek adalah penyedia yang masih memenuhi kualifikasi, kecuali bila persyaratn kualifikasi ada yang dirubah. Dalam hal yang memasukkan penawaran hanya dua penyedia silahkan diteruskan dan terhadap penyedia yang terplih nantinya dilakukan klarifikasi teknis dan negosiasi harga.

No comments:

Post a Comment