Sunday, October 6, 2013

Pengadaan langsung rental kendaraan



Pngadaan sewa kendaraan selama satu tahun untuk satu unit kendaraan (termasuk BBM, dll) dengan nilai HPS +/- Rp 70 juta.
Pertanyaan
1. Bolehkah kami menggunakan sistem Pengadaan Langsung? mengingat HPS < 200juta.
2. Bilamana yang mengajukan penawaran harga atas pekerjaan tersebut berasal dari suatu Koperasi Pegawai Negeri, apakah boleh kami menerima, mengevaluasi & memenangkan Koperasi tersebut bilamana koperasi tersebut memang layak untuk menang? 
3. Bilamana yang mengajukan penawaran harga atas pekerjaan tersebut berasal dari suatu badan usaha, namun di SIUP nya tidak tertera atas bidang pekerjaan tersebut, bolehkah kami menerima, mengevaluasi & memenangkan Badan Usaha tersebut bilamana Badan Usaha tersebut memang layak untuk menang? (maklum pak, mencari badan usaha yang SIUPnya sewa-menyewa kendaraan amat sulit, kalaupun ada, mereka biasanya meminta harga yang relatif amat mahal)

Jawaban 
Agar dilakukan Pengadaan Langsung kepada yang punya mobil yang akan direntalkan atau usaha rental yang sehari-hari memang bekerja menyewakan mobil rental. 
Bukan kepada mereka yang punya SIUP dsb yang sehari-hari bukan usaha rental.
Dokumennya STNK dan BPKP sudah cukup.
Kemudian dibuatkan SPK (surat Perintah kerja)
HPS dibuat sesuai dengan harga pasarnya seperti bila kita sendiri yang menyewa mobil

3 comments:

  1. Malam pak, jd kalo sewa kendaraan dibawah 50 juta apa diperbolehkan melalui individual dan bukan badan usaha? atau apabila rental tersebut memang sehari-hari menyewakan mobil tapi tidak punya SITU SIUP apakah bisa mnggunakan rental tersebut sebagai penyedia jasa? Mhn Bantuannya pak. Mkasih

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Selamat siang pak.
    Mohon pencerahan untuk penyusunan HPS sewa kendaraan roda dua komponennya apa saja?

    ReplyDelete