Wednesday, October 30, 2013

Stok di catalog tidak dapat dipesan lagi


Pengadaan Catalog secara Epurchasing disusun  atas dasar kebutuhan nasional.
Misal  ada 500 kota/kabupaten menyusun kebutuhan atas suatu obat tertentu  misal obat Z dengan total  kebutuhan ada 100.000 butir.
100.000 butir bisa disediakan oleh Pabrikan  W .
Maka LKPP  melakukan kontrak payung dengan kewajaran harga kepada Pabrikan W.
Semua instansi pemerintah seperti Rumah sakit pemerintah dapat melakukan pengadaan obat secara catalog dengan Epurchasing (bahkan untuk pengadaan obat secara epurchasing ini, bisa menyebut merek dan tidak diperlukan lagi negosiasi harga).  
Suatu saat semua kebutuhan Rumah Sakit akan mencapai lebih dari 100.000 butir, sehingga penyedia tersebut tidak bisa memenuhi lagi sesuai kontrak payung.
Stok sesuai kontrak payung telah dicapai dengan pabrikan W.  Penyedia tidak memenuhi karena kita memberi angka 100.000 butir yang didapat dari penjumlahan masing-masing kota/kabupaten, yang mungkin sekali angka yang disampaikan oleh kota/kabupaten tidak begitu akurat atau selama ini tidak teruji  bila dicocokkan dibandingkan dengan realisasinya.
Dalam hal ada kebutuhan obat tidak bisa dipenuhi lagi  oleh Pabrikan W tersebut, kita agar mencatat penyataan penyedia tersebut, yang selanjutnya kita dapat mengadakan melalui pelelangan atau pengadaan langsung.   Untuk kebutuhan obat yang sifatnya mendesak untuk  pelayanan masyarakat dapat dilakukan dengan penunjukan langsung.
Setiap pengadaan langsung atau penunjukan langsung agar dilakukan kewajaran harga.

No comments:

Post a Comment