Monday, December 23, 2013

Pekerjaan Selesai tapi ditemukan kekurangan



Dalam pelaksanaan pekerjaan kontruksi diperiksa oleh konsultan pengawas telah selesai 100%. Kemudian dilakukan serahterima kepada panitia penerima hasil pekerjaan dan selanjutnya diproses pembayaran 100% oleh PPK.
Berikutnya dalam masa pemeliharaan PPK meragukan progres pekerjaan yang mencapai 100%. 
Selanjutnya dilakukan penilaian kembali oleh lembaga/perguruan tinggi yang kompeten, hasilnya dinilai pekerjaan hanya mencapai 96%. Konsultan pengawas menyadari adanya kesalahan dan penyedia bersedia memperbaiki.
Apakah hal demikian dinilai sebagai kerugian negara ?
PPK dalam pelaksanaan perikatan (kontrak) dapat memerintahkan kepada penyedia untuk memperbaiki, hal-hal yang telah menjadi kesepakatan dapat dinilai kembali bila ada hal yang meragukan. Dengan adanya proses koreksi dan perbaikan maka permasalahan ini adalah hukum perdata.
Dalam hal penyedia tidak bersedia maka dapat digugat secara perdata, namun ketika terjadi kesepakatan dengan penyedia untuk memperbaiki maka hal tersebut tidak terjadi kerugian negara.
Pasal 1506 KUHPerdata. “Ia diwajibkan menanggung terhadap cacat tersembunyi, meskipun ia sendiri tidak mengetahui tentang adanya cacat itu, kecuali jika ia, dalam hal yang demikian, telah diminta diperjanjikan bahwa ia tidak diwajibkan menanggung suatu apapun juga”.
Bagaimana bila ditemukan setelah kontrak selesai adanya kekurangan pekerjaan ?
Sepanjang hal tersebut bukan kesengajaan atau persengkokolan (kesepakatan untuk berbuat kecurangan atau pemalsuan) maka pilihannya dilengkapi atau ada penyetoran ke kas negara/daerah. 

Namun ketika temuan audit tidak dilakukan perbaikan, karena kontrak dengan pemerintah menggunakan uang publik maka sikap untuk tidak menyelesaikan kekurangan tersebut akan menjadi risiko pidana.
 
Jangan sampai menghukum orang yang dalam pemahaman orang tersebut telah melakukan pekerjaan dengan baik dan kekurangan yang ditemui bukan faktor kesengajaan dari yang bersangkutan.
Jangan sampai sikap berlebihan dalam menegakan hukum mengakibatkan kemajuan bangsa ini tersandera.

No comments:

Post a Comment