Thursday, December 26, 2013

Penunjukan langsung menjadi pidana ?

Kalau kontrak harga pasar sebenarnya dan tidak ada suap/gratifikasi dsb maka hanya menjadi masalah kesalahan administrasi negara.
Penunjukan langsung dapat dilakukan bila
a.
Memenuhi syarat khusus dan tertentu
Sebagaimana disebut dalam pasal 38 Perpres 70 tahun 2012
b.  Setelah pelelangan ulang/seleksi/pemilihan langsung  ulang yang lulus prakualifikasi atau memasukkan penawaran  hanya satu.
Sebagaimana disebut dalam pasal 84 ayat 4 dan 5 Perpres 70 tahun 2012.
c.  Setelah pelelangan/seleksi  ULANG GAGAL
Sebagaimana disebut dalam pasal 84 ayat 6 

Bagaimana bila tidak memenuhi kriteria tersebut, misal karena tidak kompeten pelaksana pengadaan ? 
Atau  karena mendesak waktu ? 
Apalah perbuatan tersebut sebagai perbuatan melawan hukum ? 

Pengadaan suatu seni untuk mencari jalan terbaik dalam mendapatkan barang/jasa, aturan hanya untuk menuntun dalam kondisi normal, untuk kondisi-kondisi yang lain diperlukan keputusan-keputusan terbaik secara manejerial.  Ketika suatu tindakan penunjukan langsung secara manejerial menjadi relatif, akankah dinilai sebagai pelanggaran ? 

Kita mengukurnya dari :
1.harga kontrak yang terjadi yang diwujudkan dengan penyerahan barang dan jasa, apakah telah dibayar dengan nilai kewajaran harga pasar yang sebenarnya dari spesifikasi yang diberikan ? Bila ya, maka hal tersebut merupakan kesalahan administrasi. 
2. adakah aliran gratifikasi ? aliran gratifikasi atau penyuapan yang terima oleh para pelaksana pengadaan (PA/KPA/PPK/pokja ULP/PPHP0 atau orang-orang yang terkait seperti menteri/kepala daerah/istri/suami/Saudara dsb)


Pasal 2 ayat (1) UU TPK

“Setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara, dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana   penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 20 (dua  puluh) tahun dan denda paling sedikit Rp 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).”

Dua hal yang harus dipenuhi menjadi tindak pidana korupsi :
1. melawan hukum 
2. memperkaya diri atau orang lain yang merugikan keuangan negara/perekonomian negara


2 comments:

  1. Halo Dear nilai pelanggan,

    APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN KREDIT JIKA YA KEMBALI KE KAMI SEKARANG, EMAIL AS di (bishopelijahloanfirm002@hotmail.com) Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk membiayai bisnis Anda atau di tujuan apapun? kami bersertifikat dan sah dan berlisensi internasional pemberi pinjaman kredit Kami menawarkan pinjaman kepada perusahaan Bisnis, perusahaan dan individu pada tingkat bunga yang terjangkau dari 2%, Mungkin pinjaman jangka pendek atau panjang atau bahkan jika Anda memiliki kredit yang buruk, Kami akan memproses Anda pinjaman segera setelah kami menerima aplikasi Anda.

    kami adalah lembaga keuangan independen. Kami telah membangun reputasi yang sangat baik selama bertahun-tahun dalam menyediakan berbagai jenis pinjaman kepada ribuan pelanggan kami. Kami Tawarkan jasa pinjaman dijamin jumlah apapun untuk warga negara dan non-warga negara kami menawarkan pinjaman pribadi yang mudah, pinjaman / bisnis komersial, kredit mobil, pembiayaan sewa guna usaha / peralatan, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman rumah, untuk semua warga negara dan non-warga negara dengan baik baik atau buruk sejarah kredit. Jika Anda tertarik dengan tawaran pinjaman di atas kami Anda saran untuk mengisi informasi di bawah ini dan kembali ke kami untuk lebih jelasnya, Anda dapat menghubungi kami dengan email ini :( bishopelijahloanfirm002@hotmail.com) Kami akan menanggapi Anda segera setelah kami menerima Anda rincian aplikasi pinjaman.

    Tujuan kami adalah untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan kami dan memberi mereka layanan aman PAKET KAMI TERMASUK: * pinjaman rumah * kredit mobil * hipotek pinjaman * pinjaman bisnis * pinjaman internasional * * pinjaman pribadi dan banyak lagi.


    INFORMASI PEMINJAM, jika Anda tertarik mengisi informasi peminjam "s bawah sehingga akan dapat melanjutkan.

    INFORMASI PRIBADI

    Nama lengkap:
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    Lamanya:
    Jenis kelamin:
    agama:
    Provinsi / Negara:
    kota:
    Negara:
    Usia:
    Kontak Alamat :
    Pekerjaan:
    Pendapatan bulanan :
    Nomor ponsel :
    email:
    Tujuan Pinjaman:
    Apakah Anda menerapkan sebelum {ya atau tidak}

    Kembali ke saya sekarang

    Salam
    Bishop Elia

    ReplyDelete
  2. Halo, aku Joy Wilson, pemberi pinjaman kredit swasta, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya sah terdaftar dan disetujui untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: joywilsonloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete