Tuesday, December 3, 2013

Surat dukungan pabrikan

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah pada penjelasan Pasal 96 ayat (9) dinyatakan bahwa untuk pengadaan barang impor dilengkapi dengan sertifikat keaslian (certificate of origin) dan surat dukungan pabrikan/prinsipal (supporting letter).

Surat dukungan pabrikan dimaksudkan untuk memberi jaminan ketersediaan barang serta adanya layanan purna jual/ketersediaan suku cadang dari pabrikan. Distributor resmi dari pabrikan dapat memberikan dukungan sepanjang telah memperoleh ijin dari pabrikan yang bersangkutan untuk menerbitkan surat dukungan pabrikan/prinsipal dimaksud

Penerbitan maupun pencabutan surat dukungan oleh pabrikan/principal kepada peserta lelang merupakan hak prerogatif dari pabrikan/prinsipal tersebut. Meski demikian harus diingat bahwa penerbitan maupun pencabutan surat dimaksud harus murni berdasarkan etika dan kaidah bisnis yang baik bukan berdasarkan kepentingan untuk melakukan persekongkolan atau monopoli yang akan bertentangan dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Pemberi dan yang diberi surat dukungan, mengingat adanya kemungkinan risiko atau ketidakjelasan maka perlu membuat kejelasan adanya dukungan dan kesepakatan yang jelas mengenai adanya hak dan kewajiban sehubungan dengan surat dukungan. 

4 comments:

  1. Ketentuan mengenai certificate of origin untuk pengadaan alkes ada dimana pak?

    ReplyDelete
  2. Untuk pengadaan barang yang bukan impor, apa diperbolehkan menyaratkan surat dukungan pabrikan semata-mata untuk menjamin ketersediaan barang dan apa juga boleh mensyaratkan sertifikat HAKI/Merk untuk barang tersebut guna menjamin kepastian dan keaslian barang tersebut?

    ReplyDelete
  3. Jika PT/CV yg meminta surat dukungan tdk memesan barang pada si pembuat surat dukungan padahal si peminta suruh sdh menang tender.. apakah ada konsekuensi hukumnya.. trm ksh

    ReplyDelete
  4. KABAR BAIK BERITA BAIK

    Halo semuanya, saya SUWANDI dari Indonesia. Saya menyarankan Anda semua di sini untuk tidak mengajukan pinjaman di mana-mana untuk perusahaan atau pemberi pinjaman di halaman web ini, sebagian besar perusahaan di sini adalah palsu, curang dan penipuan, dan juga beberapa kesaksian di sini salah mereka adalah orang yang sama. Karena itu, berhati-hatilah untuk tidak menjadi mitra mangsa Indonesia. Saya ditipu empat kali sekitar Rp 200.000.000 untuk biaya pendaftaran, biaya transfer, bea masuk dan biaya asuransi, setelah pembayaran ini saya tidak mendapatkan pinjaman, tetapi mereka meminta saya untuk membayar lagi dan lagi. Ini akan menarik Anda untuk Mengetahui ada undang-undang tentang pembiayaan hukum atau aturan boardings ini dalam memperoleh pinjaman dari setiap hukum pemberi pinjaman atau perusahaan. Saya bersyukur bahwa saya menerima pinjaman cepat sebesar $ 250.000 dari sebuah perusahaan yang teman saya Achmad Halima telah perkenalkan. Perusahaan pinjaman yang benar dan dapat dipercaya (ALEXANDER ROBERT). Mereka sekarang adalah perusahaan terbesar di AS, Eropa, dan di seluruh Asia. Misi dan komitmen Anda kepada Alexander's Loan Company didedikasikan untuk memudahkan impian Anda dan membantu kita semua yang telah ditipu dan ditipu dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda keramahan kelas dunia. Perusahaan Pinjaman Alexander atau pemberi pinjaman tahu apa yang harus ada di sepatu Anda dan mereka berusaha keras untuk tidak melupakan perasaan itu. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dengan menyampaikan kepada Anda informasi yang perlu Anda ketahui, jika Anda perlu tahu dan hak untuk menawarkan pinjaman (pedagang atau pinjaman pribadi) dan layanan keuangan.

    Saya sangat berbakti untuk membantu negara saya mendapatkan pinjaman terhadap penipuan dan segera, email saya adalah (suwandirobby01@gmail.com) atau (achmadhalima@gmail.com)

    Hubungi saya atau (alexanderrobertloan@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut, saya bersedia membantu. Tuhan memberkati kalian semua.

    ReplyDelete