Friday, October 10, 2014

audit hasil kontrak konstruksi

Mau konsul pak, kami terdapat permasalahan pada satker kami dan beberapa pokja memiliki beberapa perbedaan pandangan mengenai masalah ini.
Kami punya permasalahan sebagai berikut (pekerjaan konstruksi):
1. Draft Kontrak, berbunyi GABUNGAN Lumpsum&Harga Satuan
2. Pokja melakukan koreksi aritmatik,dan melakukan koreksi sesuai dgn aturan Gabungan Lumpsum&Harga Satuan
3. Salah satu harga terkoreksi, semula pada penawaran 3,7 M setelah koreksi menjadi 4M
4. Penawaran Terkoreksi 4M akhirnya menjadi pemenang lelang dan sudah dibuatkan BAHPnya.
5. PPK menerbitkan SPPBJ dgn pemenang adalah PT.A dengan penawaran terkoreksi 4M
6. PPK berkontrak dengan PT.A,nilainya 4M...pada SSKK dinyatakan jenis kontrak LUMPSUM.
7. Dalam perjalanannya terdapat pekerjaan tambah sebesar 35juta
8. Dalam pekerjaan tambah tidak dibuat adendum kontrak dan tidak dibuatkan gambar perubahan
Dari beberapa kenyataan diatas.
Satker dinilai oleh auditor bahwa Harus mengembalikan kelebihan bayar yaitu 35 juta dari pekerjaan tambah kurang,karna kontrak lumpsum tidak ada pekerjaan tambah kurang...ditambah 300juta karna dalam evaluasi menggunakan ketentuan kontrak gabungan namun implementasinya menggunakan lumpsum.
Namun kami berkesimpulan bahwa :
1. PPK bersama penyedia lalai dalam membuat kontrak yang seharusnya Kontrak Gabungan tetapi berbunyi Kontrak Lumpsum sehingga jika kontrak lumspsum maka tidak ada penambahan pekerjaan berarti pekerjaan tambah 35juta tidak diakui dan harus disetor. (Tidak ada pendukung pekerjaan tambah seperti adendum kontrak dan gambar perubahan)
2. Mengenai 300juta tidak bisa dianggap kelebihan bayar, karena dalam draft kontrak sudah disebutkan Gabungan sehingga koreksi aritmatiknya sudah benar,namun jika dalam implementasinya para pihak menggunakan lumpsum (akibat copy paste kontrak) maka komsekwensinya adalah nilai pekerjaan yang lumpsum adalah yang senilai 4M bukan yang 3,7M
Tanggapan
1.  Bila ada perselisihan mengenai kontrak maka kembali kepada urutan hirarki kontrak
Dalam hal ini SSKK di kontrak  lebih tinggi daripada draft kontrak, sehingga yang diacu adalah kontrak lumpsum
2.  Kontrak lumps sum tidak ada perubahan nilai total kontrak
3.  Selanjutnya bila ada perubahan ruang lingkup pekerjaan dengan fakta pekerjaan (ada tambahan secara fakta ada, senilai 35juta) hal ini bukan sebagai kerugian negara, tertib prosedur atau administrasi yang tidak terpenuhi
4.  Selanjutnya dengan melihat dokumen pengadaan, apakah memakai skema kontrak gabungan lumps usm dan harga satuan. Maka untuk bagian harga satuan dapat dikoreksi aritmatik.
5.  Dalam hal Ketika semua nilai RAB dari penyedia dilakukan/dikerjakan senilai Rp. 4M dan ada tambahan kerjaan senilai Rp. 35 juta, maka dinilai prestasi penyedia telah benar, tidak ada kerugian negara, secara administrasi ada pertentangan informasi jenis kontrak dan perlu ada adendum kontrak untuk 35 juta.

Selanjutnya silahkan dicari, aturan terkait dengan tanggapan tersebut.
Dalam hal ada pertanyaan agar disampaikan ke www.konsultasi.lkpp.go.id



1 comment:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Mia.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan miss Sety yang saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia dia juga mendapat pinjaman dari Ibu Cynthia baru Anda juga dapat menghubungi dia melalui email nya: arissetymin@gmail.com Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete