Friday, October 24, 2014

Diperkirakan tidak selesai pekerjaan konstruksi



Di kabupaten kami pada tahun anggaran 2014 terdapat pekerjaan jasa konstruksi yang menggunakan kontrak tahun tunggal, jika ada perubahan desain/ pekerjaan tambah yang sudah masuk dalam adendum kontrak, dan pekerjaan tersebut tidak selesai sampai dengan berakhirnya kontrak. apabila pejabat pembuat komitmen tidak memberikan perpanjangan waktu pelaksanaan dengan pertimbangan waktu pelaksanaan tidak mencukupi sampai dengan tanggal 31 desember (batas satu tahun anggaran), apakah penyedia tersebut bisa dikenakan blacklist atau sanksi yang lain ? terimakasih.
Perubahan design dan pekerjaan tambah dibuat dengan adendum kontrak, termasuk di dalamnya ada perpanjangan waktu kontrak atau tidak merubah waktu kontrak.

 Dalam Perka LKPP No. 14 tahun 2012 disebutkan sebagai berikut :

Perpanjangan Waktu Pelaksanaan Pekerjaan
1) Perpanjangan waktu pelaksanaan dapat diberikan oleh PPK atas pertimbangan yang layak dan wajar untuk hal-hal sebagai berikut:
a) pekerjaan tambah;
b) perubahan disain;
c) keterlambatan yang disebabkan oleh PPK;
d) masalah yang timbul di luar kendali Penyedia; dan/atau
e) keadaan kahar.
2)Waktu penyelesaian pekerjaan dapat diperpanjang sekurangkurangnya sama dengan waktu terhentinya Kontrak akibat keadaan kahar.
3)PPK dapat menyetujui perpanjangan waktu pelaksanaan atas Kontrak setelah melakukan penelitian terhadap usulan tertulis yang diajukan oleh Penyedia.
4)PPK dapat menugaskan Panitia/Pejabat Peneliti Pelaksanaan Kontrak untuk meneliti kelayakan usulan perpanjangan waktu pelaksanaan.
5)Persetujuan perpanjangan waktu pelaksanaan dituangkan dalam Adendum Kontrak.

Dengan demikian ketika ada adendum kontrak dan waktu kontrak untuk serah terima pertama disebut misal tanggal 31 Desember 2014 ( adanya kontrak dan adendum kontrak maka penyedia setuju dengan klausul kontrak, termasuk tanggal batas waktu pekerjaan), maka penyedia yang menyerahkan pekerjaan melebihi tanggal 31 Desember 2014 akan dikenakan denda, yang tidak menyelesaikan akan kena sanksi lainnya seperti daftar hitam. Selanjutnya agar dilakukan pengendalian kontrak, penyedia dapat diberitahu batasan-batasan tersebut.

Silahkan dibaca kembali di SSUK dan SSKK (klausul2 kontrak).

Selanjutnya bila Saudara ada pertanyaan agar disampaikan ke 
www.konsultasi.lkpp.go.id

3 comments:

  1. pak, mohon masukannya juga, kejadiannya hampir sama, kontrak berakhir tanggal 12 desember, namun bagaimana bila ada peristiwa kompensasi (penyedia pada saat awal belum bisa masuk ke lokasi ), dan penyedia minta perpanjangan waktu sampai dengan tanggal 31 desember 2014 sebagai kompensasi, mengingat batas akhir pemasukan SPM LS oleh bendahara tanggal 20 Desember 2014? mohon penjelasannya, terimakasih.

    ReplyDelete
  2. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Mia.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan miss Sety yang saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia dia juga mendapat pinjaman dari Ibu Cynthia baru Anda juga dapat menghubungi dia melalui email nya: arissetymin@gmail.com Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete
  3. jika penyedia jasa konstruksi tidak mampu menyelesaikan pekerjaan hingga batas waktu kontrak. Apakah konsultan perencana dan konsultan pengawas tetap dibayarkan? Terima kasih

    ReplyDelete