header 2

𝘉𝘭𝘰𝘨 𝘪𝘯𝘪 𝘩𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘱𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘱𝘳𝘪𝘣𝘢𝘥𝘪 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘶𝘬𝘶𝘯𝘨 𝘬𝘦𝘮𝘢𝘫𝘶𝘢𝘯 𝘐𝘯𝘥𝘰𝘯𝘦𝘴𝘪𝘢 𝘮𝘦𝘭𝘢𝘭𝘶𝘪 𝘱𝘦𝘯𝘨𝘢𝘥𝘢𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘶𝘥𝘢𝘩 , 𝘦𝘧𝘪𝘴𝘪𝘦𝘯,𝘦𝘧𝘦𝘬𝘵𝘪𝘧,𝘵𝘳𝘢𝘯𝘴𝘱𝘢𝘳𝘢𝘯,𝘣𝘦𝘳𝘴𝘢𝘪𝘯𝘨, 𝘢𝘥𝘪𝘭/𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘥𝘪𝘴𝘬𝘳𝘪𝘮𝘪𝘯𝘢𝘵𝘪𝘧 𝘥𝘢𝘯 𝘢𝘬𝘶𝘯𝘵𝘢𝘣𝘦𝘭.

Harga Penawaran Penyedia Dibawah 80% dari HPS ( Okt 2014 )

Tulisan ini merupakan bagian dari buku "Pengantar Pengadaan Jasa Konstruksi dan Kontrak Jasa Konstruksi" yang ditulis oleh Mudjisantosa.

Dilakukan klarifikasi. Klarifikasi kewajaran harga apabila harga penawaran di bawah 80% (delapan puluh perseratus) HPS dengan ketentuan:

(1) apabila peserta tersebut ditunjuk sebagai pemenang lelang, harus bersedia untuk menaikkan Jaminan Pelaksanaan menjadi 5% (lima perseratus) dari nilai total HPS; atau
(2) apabila peserta yang bersangkutan tidak bersedia menaikkan nilai Jaminan Pelaksanaan, maka penawarannya digugurkan dan Jaminan Penawaran disita untuk negara serta dimasukkan dalam Daftar Hitam
Dalam Peraturan Kepala LKPP No. 14 tahun 2012 disebutkan sebagai berikut :
Evaluasi Harga
(1)   Evaluasi harga hanya dilakukan terhadap penawaran yang dinyatakan memenuhi syarat administrasi dan  teknis.
(2)   Berdasarkan hasil evaluasi harga, ULP membuat daftar urutan penawaran yang dimulai dari urutan harga penawaran terendah dan mengusulkan penawar terendah yang responsif sebagai calon pemenang.

Penawaran yang terendah belum tentu menang, bila harganya tidak wajar.
Namun bila nilainya terendah dan responsif  maka akan ditunjuk sebagai pemenang pelelangan.
Penawaran responsif adalah penawaran yang memenuhi persyaratan administrasi, teknis, harga dan kualifikasi, penawaran tersebut dapat dilaksanakan dan hasilnya dapat dipertanggunjawabkan.  
Jika pokja ULP  merasa penawaran yang diajukan penyedia  harganya terlampau rendah dan tidak wajar, agar dilakukan penilaian kewajaran dengan  melakukan klarifikasi ke penyedia termasuk klarifikasi ke tempat usaha penyedia untuk  membuktikan bahwa  harga penawaran tidak wajar dengan memeriksa metode pelaksanaan, harga bahan dasar setempat, harga pabrikan, peralatan yang dimiliki, biaya operasional alat, bahan-bahan yang dimiliki (misal stok semen melimpah di gudang, dalam kondisi baik), surat-surat pasokan, upah tenaga kerja, dokumentasi pekerjaan sebelumnya  dan komponen penting lainnya. Penawaran tak wajar itu, bisa juga karena penyedia mempunyai metode pelaksanaan yang  lebih efisien atau penyedia mempunyai strategi dalam melakukan bisnisnya. 
Berdasar Permen  PU Nomer 14 tahun 2013
Bila mengacu kepada peraturan Menteri PU, suatu pebawaran dari penyedia diperlukan adanya AHS (Analisa Harga Satuan), sedangkan bila mengikuti prosedural Perpres 54 tidak disyaratkan dalam penawran adanya Analisa Harga Satuan.
Berdasar peraturan Menteri PU, klarifikasi kewajaran harga apabila harga penawaran dibawah 80% HPS, harus dilakukan dengan ketentuan:
Pasal 6c
(1)   Evaluasi dokumen penawaran harus berdasarkan pada pedoman evaluasi penawaran dan ditetapkan dalam Dokumen Pengadaan.
(2)   Pada pengadaan Pekerjaan Konstruksi, untuk harga penawaran yang nilainya di bawah 80% (delapan puluh perseratus) HPS, wajib dilakukan evaluasi kewajaran harga dengan ketentuan:
a.   Meneliti dan menilai kewajaran harga satuan dasar  meliputi  harga upah, bahan, dan peralatan dari harga satuan penawaran, sekurang-kurangnya pada setiap mata pembayaran utama;
b.  Meneliti dan menilai kewajaran kuantitas/ koefisien dari unsur  upah, bahan, dan peralatan dalam Analisa Harga Satuan ;
c.   Hasil penelitian butir a. dan butir b. digunakan untuk  menghitung harga satuan yang  dinilai wajar tanpa  memperhitungkan keuntungan yang ditawarkan ; dan
d.  Harga satuan yang dinilai wajar digunakan untuk menghitung  total harga penawaran yang dinilai wajar  dan dapat  dipertanggung jawabkan.
e.   Total harga  sebagaimana dimaksud pada huruf d. dihitung  berdasarkan volume yang ada dalam daftar kuantitas dan harga.
(3)   Apabila  total  harga penawaran  yang diusulkan  lebih kecil dari hasil  evaluasi sebagaimana  dimaksud pada ayat (2) , maka  harga  penawaran  dinyatakan tidak wajar dan gugur harga.
(4)   Apabila total harga penawaran lebih besar dari hasil evaluasi sebagaimana dimaksud pada ayat (2), maka harga penawaran dinyatakan wajar dan apabila peserta tersebut ditunjuk sebagai pemenang pelelangan, harus bersedia untuk menaikkan Jaminan Pelaksanaan menjadi 5% (lima perseratus) dari nilai total HPS
.
(5)   Apabila peserta yang bersangkutan tidak bersedia menaikkan nilai Jaminan Pelaksanaan sebagaimana dimaksud pada ayat (4), penawarannya digugurkan dan Jaminan Penawaran dicairkan dan disetorkan ke kas Negara/Daerah, serta dimasukkan dalam Daftar Hitam.

Namun dalam hal dokumen pengadaannya mengikuti skema peraturan menteri pupr maka silakan dibaca juga

http://www.mudjisantosa.net/2016/09/harga-penawaran-penyedia-di-bawah-80.html


Selanjutnya bila ada pertanyaan agar disampaikan ke www.konsultasi.lkpp.go.id 

Post a Comment

5 Comments

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Mia.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan miss Sety yang saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia dia juga mendapat pinjaman dari Ibu Cynthia baru Anda juga dapat menghubungi dia melalui email nya: arissetymin@gmail.com Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete
  2. yth teman2 insan Konstruksi khususnya Konsultan :
    Pada umumnya kita menghendaki perbaikan billing rate dari tenaga ahli Konsultan, namun sayangnya kita sendiri tidak menghargai billing rate yg telah ditetapkan, kenyataan sering kita hanya menawar dibawah 80%, billing rate Team Leader dipsang 9.000.000 sangat jauh dengan gaji pegawai rendahan DKI yg sudah sampai 13.000.000,- Kita sangat tidak menghormati tenaga ahli bahkan juga tidak menghormati standar billing rate yg telah dikeluarkan oleh pemerintah.

    ReplyDelete
  3. Do you need to hack into any, databaseserver spy on Facebook,Emails, Whatsapp, Viber, Snapchat, Instagram and many more.
    I urge you to get in touch with the best people for the job, i have confirm the service when i need to spy on my spouse phone. They are good at Phone Cloning and Bitcoin/binary minning and any other hack job.
    Thanks guys for the team work HACKINTECHNOLOGYATGMAILDOTCOM

    +12132951376(WHATSAPP)

    ReplyDelete
  4. As-salamu alaikum

    Nama saya Kartika Fitri(kartikafitri74@gmail.com) dari Bogor (Indonesia), Saat Pandemi Covid19 ini usaha suami saya berhutang karena tidak bisa mengimbangi, jadi saya cari online bagaimana saya bisa mendapatkan pinjaman pribadi karena tidak punya agunan, saya menghubungi beberapa pinjaman perusahaan tetapi ternyata penipuan dan penipuan setelah mengirimi mereka uang, Anda tidak akan mendengar kabar dari mereka lagi

    Jadi saya melihat posting dari Mahammad Ismali (Mahammadismali234@gmail.com) tentang pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote Via email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com dengan bunga pinjaman 2%, jadi saya menghubungi mereka mengikuti prosedur mereka dan saya mendapatkan pinjaman saya Rp500,000,000.00 (500 juta) disetujui dan ditransfer ke kami

    Saya ingin berterima kasih kepada Perusahaan Pinjaman Dangote dan juga Mahammad ismali dan saya ucapkan terima kasih selamanya, saran saya kepada siapa pun yang membaca ini jangan buang waktu Anda mencari pinjaman lagi dimana hubungi Perusahaan Pinjaman Dangote dan saya bersumpah dengan hidup saya bahwa mereka adalah nyata dan sah

    ReplyDelete
  5. Are you in a financial crisis, looking for money to start your own business or to pay your bills?
    GET YOUR BLANK ATM CREDIT CARD AT AFFORDABLE PRICE*
    We sell this cards to all our customers and interested buyers
    worldwide,Tho card has a daily withdrawal limit of $5000 and up to $50,000
    spending limit in stores and unlimited on POS.

    YOU CAN ALSO MAKE BINARY INVESTMENTS WITH LITTLE AS $500 AND GET $10,000 JUST IN SEVEN DAYS

    **WHAT WE OFFER** 

    *1)WESTERN UNION TRANSFERS/MONEY GRAM TRANSFER*
    *2)BANKS LOGINS*
    *3)BANKS TRANSFERS*
    *4)CRYPTO CURRENCY MINNING*
    *5)BUYING OF GIFT CARDS*
    *6)LOADING OF ACCOUNTS*
    *7)WALMART TRANSFERS*
    *8)BITCOIN INVESTMENTS*
    *9)REMOVING OF NAME FROM DEBIT RECORD AND CRIMINAL RECORD*
    *10)BANK HACKING*
    **email blankatmmasterusa@gmail.com
    **you can also call or whatsapp us Contact us today for more enlightenment *
    *+1(539) 888-2243*
    **BEWARE OF SCAMMERS AND FAKE HACKERS IMPERSONATING US BUT THEY ARE NOT
    FROM *
    *US CONTACT US ONLY VIA THIS CONTACT **
    *WE ARE REAL AND LEGIT...........2020 FUNDS/FORGET ABOUT GETTING A LOAN..*

    IT HAS BEEN TESTED AND TRUSTED

    ReplyDelete