Saturday, October 18, 2014

Pengadaan langsung ke satu penyedia ?



Pada Kegiatan Pembuatan Jalan di Desa Karaya senilai Rp. 185 juta.
Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor: 70 Tahun 2012 pada pasal 57 ayat (5) huruf b. Pemilihan Penyedia Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa Lainnya dengan metode Pengadaan Langsung dilakukan sebagai berikut:
b. Permintaan penawaran yang disertai dengan klarifikasi serta negosiasi teknis dan harga kepada Penyedia untuk Pengadaan Langsung yang menggunakan SPK.

Pertanyaan :
1.      Apakah untuk pemilihan penyedia barang/jasa kegiatan tersebut diatas diharuskan mengundang lebih dari 1 (satu) calon penyedia, kemudian dilakukan evaluasi? (mengundang 2 penyedia dengan alasan membandingkan harga terendah)
2.      Apakah diperbolehkan/diperkenankan jika Pejabat Pengadaan mengundang calon penyedia terpilih untuk   memasukkan penawaran harga dan kemudian melakukan evaluasi? Dasar Pejabat Pengadaan Memilih karena penyedia telah menyerahkan persyaratan kualifikasi setelah pengumuman kegiatan tersebut.
3.      Jika dari hasil evaluasi terhadap calon penyedia terpilih semua persyaratan kualifikasi  dan harga memenuhi untuk ditetapkan sebagai pelaksana kegiatan, apakah diperlukan lagi mengundang penyedia lainnya? (untuk membandingkan harga).

Terima Kasih.

Tanggapan :
Cukup dilakukan atau diundang satu penyedia saja, kemudian dilakukan klarifikasi teknis dan negosiasi kewajaran harga. Bila tidak kompeten dan tidak sepakat harga yang wajar, maka dicari atau diundang penyedia lainnya.

No comments:

Post a Comment