Friday, January 9, 2015

Penunjukan langsung bibit dan pupuk berdasar Perpres 172 tahun 2014

Perpres 172 tahun 2014
Merupakan perpres perubahan ketiga dari Perpres 54 tahun 2010
Perubahan tersebut adalah  penambahan pada pasal 38 ayat 5 huruf d menjadi 38 ayat 5 huruf d1 mengenai yang dapat dilakukan PENUNJUKAN LANGSUNG  sebagai berikut :

Pekerjaan pengadaan dan penyaluran benih unggul yang meliputi benih padi, jagung, kedelai serta pupuk  yang meliputi Urea, NPK dan ZA kepada petani dalam rangka menjamin ketersediaan benih dan pupuk secara tepat dan cepat untuk peningkatan ketahanan pangan.

Agar disimak ayat tersebut dan kondisi yang menuntut adanya penunjukan langsung. Momentum masa panen yang jangan terlewatkan.

Siapa penyedianya ? Bagaimana HPS nya ?

Penyedianya adalah produsen/pabrikan. Dalam hal produsen/pabrikan tidak melakukan transaksi kepada pembelinya maka dilakukan kepada distributor utamanya (distributor yang dibawah pabrikan/produsen).

Mengingat skala kebutuhan yang besar, harga untuk HPS tidak diambil dari harga kios, tetapi diambil pada level harga produsen/pabrikan atau bila penyedianya distributor utama maka harga hps diambil pada level distributor utama.
Dilakukan negosiasi harga.
Biaya kirim atau biaya pengemasan khusus,  dapat dipertimbangkan.

1 comment:

  1. Kalo ada penyedia yang mampu menyediakan benih dengan harga dibawah harga produsen/pabrikan apa syarat2 yg harus dipenuhi Pak ?

    ReplyDelete