Friday, October 9, 2015

GUGUR SUBSTANSIAL

BAGAIMANA DALAM SUATU PENAWARAN ADA HAL YANG TIDAK JELAS ATAU ADA HAL/INFORMASI YANG BERTENTANGAN ?

Dalam melakukan evaluasi, dapat terjadi pokja ULP, terlalu bersemangat menggugurkan suatu penawaran.

Penawaran gugur bila tidak memenuhi secara substansial yang disyaratkan dalam dokumen.

Syarat substansial yaitu terpenuhinya penyampaian dokumen yang disyaratkan, kriteria yang harus dinilai memenuhi dan  memenuhi hal-hal penting untuk tercapainya pekerjaan.

Hal-hal yang tidak substansial, seperti kesalahan pengetikan, kesalahan penulisan nama pokja (pokja II tertulis pokja IV ), kesalahan penulisan nama paket pekerjaan (padahal semua dokumen ditujukan untuk paket ini) dst, jangan sampai menggugurkan suatu penawaran.

Tidak Substansial Menggugurkan
Dokumen pengadaan meminta dua dokumen pernyataan tetapi Penyedia memenuhi dengan satu dokumen tetapi berisi dua pernyataan.

Bagaimana bila dalam suatu penawaran dari penyedia, terdapat suatu penjelasan atau informasi saling berbeda ?
Hal demikian agar diklarifikasi saja, hasil klarifikasi tidak untuk merubah/menambah dokumen, tetapi untuk memperjelas yang dimaksud dalam penawaran.
Penjelasan yang sesuai dapat membuat penawaran lulus, bila penjelasan tidak sesuai atau akan mempengaruhi tidak tercapainya pekerjaan maka penawaran akan digugurkan.

Klarifikasi yang sifatnya pertemuan agar dibuatkan berita.

Dalam Perka LKPP No. 14 tahun 2012

4) Dalam klarifikasi, peserta hanya diminta untuk menjelaskan hal hal yang menurut Kelompok Kerja ULP/Pejabat Pengadaan kurang jelas, namun tidak diperkenankan mengubah substansi penawaran.
5) Pengertian/batasan tentang substansi penawaran harus dicantumkan dengan jelas dalam Dokumen Pengadaan dan dijelaskan kepada peserta sebelum batas akhir pemasukan penawaran.

Kelompok Kerja ULP dilarang menggugurkan penawaran dengan alasan:
(1) ketidakhadiran dalam pemberian penjelasan dan/atau pembukaan penawaran; dan/atau
(2) kesalahan yang tidak substansial, misalnya kesalahan pengetikan, penyebutan sebagian nama atau keterangan, warna sampul, surat penawaran tidak berkop perusahaan, tidak distempel, dan/atau dokumen penawaran tidak dilak/tidak dijilid.

penawaran dinyatakan memenuhi persyaratan administrasi, apabila:
(1)         syarat-syarat substansial yang diminta berdasarkan Dokumen Pengadaan dipenuhi/dilengkapi

Apabila dalam evaluasi teknis terdapat hal-hal yang kurang jelas atau meragukan, Kelompok Kerja ULP melakukan klarifikasi dengan peserta. Dalam klarifikasi peserta tidak diperkenankan mengubah substansi penawaran. Hasil klarifikasi dapat menggugurkan penawaran;


Dalam Permen PUPR no 31 tahun 2015

27.1 Dalam mengevaluasi dokumen penawaran, Pokja ULP dapat melakukan klarifikasi terhadap hal-hal yang tidak jelas dalam dokumen penawaran. Peserta harus memberikan tanggapan atas klarifikasi. Klarifikasi tidak boleh mengubah substansi dan harga penawaran. Klarifikasi dan tanggapan atas klarifikasi harus dilakukan secara tertulis.
27.2 Terhadap hal-hal yang diragukan berkaitan dengan dokumen penawaran, Pokja ULP dapat melakukan konfirmasikebenarannya termasuk peninjauan lapangan kepada pihak-pihak/instansi terkait.
27.3 Hasil klarifikasi/konfirmasi dapat menggugurkan penawaran

Syarat-syarat substansial yang diminta berdasarkan Dokumen Pengadaan dipenuhi/dilengkapi

Apabila ditemukan hal-hal dan/atau data yang kurang jelas maka
dilakukan klarifikasi secara tertulis namun tidak boleh mengubah
substansi formulir isian kualifikasi.




2 comments:

  1. yth. bpk mudjisantosa
    pak saya mau menanyakan pendapat kalo menurut pembahasan artikel diatas menurut bapak tidak menggugurkan jika salah penulisan nama pekerjaan, nah ini saya alami sekarang maka dari itu saya mohon pencerahannya pak, saya digugurkan karena salah penulisan nama pekerjaan pada perihal di surat penawaran sedangkan untuk mengajukan nilai dan nama paket sudah benar di surat penawaaran untuk data yg lain baik itu kualifikasi dan surat lain yang menyebutkan nama paket pekerjaan sudah benar semua.. saya mohon balasannya pak karna sekarng proses masih berjalan.. dan jika memang tidak menggugurrkan dasar apa yang saya gunakan untuk saya ajukan pada ULP atau panitia pak.. mohon pencerahannya dan balasannya pak.. matur nuwun sanget untuk pak mudjisantosa

    ReplyDelete
  2. Kepada yang terhormat,
    Bapak Mudjisantosa


    1. Brosur Barang (Water Meter) yang kami tawarkan uraian spesifikasinya sesuai dengan yang tertuang pada spesifikasi pada dokumen pengadaan yang dikehendaki oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK);
    2. Water Meter yang kami tawarkan merk ITRON dan pada Brosur Water Meter yang dimaksud, uraian spesifikasinya sesuai dengan yang tertuang pada spesifikasi pada dokumen pengadaan yang dikehendaki oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK);
    3. Water Meter yang kami tawarkan, mendapat Surat Dukungan dari Distributor/Agen dengan melampirkan Brosur Barang (Water Meter)

    Pertanyaan kami :

    pada pengisian pada Formulir Sepsifikasi, perusahaan kami ada kesalahan pengetikan dalam menuangkan Spesifikasi yang tertuang pada Brosur Water Meter yang kami tawarkan, apakah hal ini dapat menggugurkan...? perusahaan kami dalam hal ini tidak memenuhi syarat...? mohon penjelasannya. Terima kasih

    ReplyDelete