header 2

𝘉𝘭𝘰𝘨 𝘪𝘯𝘪 𝘩𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘱𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘱𝘳𝘪𝘣𝘢𝘥𝘪 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘶𝘬𝘶𝘯𝘨 𝘬𝘦𝘮𝘢𝘫𝘶𝘢𝘯 𝘐𝘯𝘥𝘰𝘯𝘦𝘴𝘪𝘢 𝘮𝘦𝘭𝘢𝘭𝘶𝘪 𝘱𝘦𝘯𝘨𝘢𝘥𝘢𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘶𝘥𝘢𝘩 , 𝘦𝘧𝘪𝘴𝘪𝘦𝘯,𝘦𝘧𝘦𝘬𝘵𝘪𝘧,𝘵𝘳𝘢𝘯𝘴𝘱𝘢𝘳𝘢𝘯,𝘣𝘦𝘳𝘴𝘢𝘪𝘯𝘨, 𝘢𝘥𝘪𝘭/𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘥𝘪𝘴𝘬𝘳𝘪𝘮𝘪𝘯𝘢𝘵𝘪𝘧 𝘥𝘢𝘯 𝘢𝘬𝘶𝘯𝘵𝘢𝘣𝘦𝘭.

CARA MENGHITUNG ANGGARAN SAYEMBARA DESIGN GEDUNG PEMERINTAH

Dapat dibuat oleh konsultan perencana  atau dilakukan dengan sayembara design.
Diharapkan dengan sayembara akan ada design gedung yang indah,  bagus dan dapat memasukkan  nilai arsitektural budaya lokal, tidak sekedar fungsional saja.  
Dalam hal dilakukan dengan sayembara, bagaimana dengan cara menganggarankan dan menentukan nilai hadiahnya ?

Pembayaran konsultan perencana berdasar Permen PU 45 tahun 2007 sbb :

1. tahap konsep rancangan                                                           10%
2. tahap pra rancangan                                                                20%
3. tahap pengembangan                                                               25%
4. tahap rancangan gambar detail dan penyusunan RKS serta RAB   25%
5. tahap pelelangan                                                                       5%
6. tahap pengawasan berkala                                                         15%
                                                                                ===============
                                                                                               100%

Porsi untuk ruang lingkup pekerjaan sayembara adalah angka 1 dan angka 2 senilai 30%

Contoh nilai anggaran pekerjaan konstruksi senilai Rp. 100,1 miliar (silahkan lihat Permen PU 45/2007), termasuk anggaran untuk konsultan perencana sekitar Rp 2,6 miliar maka hadiah sayembara adalah maksimal =  Rp 2.6miliar x 30% = 780 juta

Rp 780 juta dibagi untuk 3 pemenang. Agar peserta sayembara bersaing menuju nomer 1 maka agar dibuat hadiah nomer satu agar bernilai tinggi.

Contoh nomer satu dapat dibuat maksimal Rp. 450  juta, nomer dua Rp. 200 juta dan  nomer tiga rp 130 juta.

Kalau hadiah ini dinilai besar... bisa dibuat dibawah nilai tersebut. 

Post a Comment

5 Comments

  1. Salam Pengadaan.....
    Menimbang bahwa pengadaan barang/jasa pemerintah yang efisien, terbuka dan kompetitif sangat diperlukan bagi ketersediaan barang/jasa yang terjangkau dan berkualitas, sehingga akan berdampak pada peningkatan pelayanan publik; dan kebutuhan pengaturan mengenai tata cara pengadaan barang/jasa yang sederhana, jelas dan komprehensif, sesuai dengan tata kelola yang baik, sehingga dapat menjadi pengaturan yang efektif bagi para pihak yang terkait dan juga membuat penyelenggara mempunyai pilihan-pilihan terbaik; maka dengan alasan tersebut kami rencananya akan melaksanakan kegiatan Pengadaan melalui Sayembara Desain dan RAB Landscape & Pool Garasi gedung DPRD Kab. TTS T.A 2015 dengan pagu anggaran Rp. 100.000.000,- dan tim teknis telah menyiapkan seluruh dokumen baik administrasi maupun dokumen pendukung lainnya (lengkap tinggal pelaksanaan) tetapi yang menjadi pertanyaan adalah?
    1. dalam DPA Perubahan Anggaran 2015 SKPD kami yang ada hanya Pejabat Pengadaan dan Tim Teknis?
    2. Apakah kegiatan sayembara tersebut bisa dilakukan oleh Pejabat Pengadaan dan dibantu oleh Tim Teknis? Apakah tidak bertantangan dengan ketentuan dalam Perpres No. 4 tahun 2015?
    3. Jika bisa dilaksanakan Apakah ada regulasi atau aturan yang membolehkan Pejabat Pengadaan melaksanakan kegitan tersebut? Sehingga bisa membantu kami jika kedepan terjadi permasalahan hukum.
    Mohon informasinya......Sekian

    ReplyDelete
  2. sayembara dilakukan oleh yang mengerti pekerjaan arsitek / konstruksi. bila nilainya dibawah 200 juta dengan pejabat pengadaan/tim teknis mengerti pekerjaan arsitek/ konstruks ya bisa..kalo ada pertanyaan agar disampaikan ke www.konsultasi.lkpp.go.id

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas Infonya
    Sukses & terus Berkarya

    ReplyDelete
  4. Berarti anggaran langsung habis pak ya...

    ReplyDelete
  5. Mohon izin, pak Mudji,..... koreksi dikit, yg 30% (780 jt) itu masih harus diproporsikan terhadap biaya Personil dan Non Personil......... Jadi dalam pelaksanaan Sayembara ada biaya penyelenggaraan yg merupakan bagian dari Non Personil.
    Porsi Non Personil selayaknya mengacu pada batasan max 40%, seperti pada komposisi biaya pada anggaran perencanaan secara umum. Trims.

    ReplyDelete