Thursday, February 4, 2016

Analisa harga satuan yang kegedean mengakibatkan kerugian negara ?

Bisakah auditor mempermasalahkan analisa harga satuan dari penyedia yang terlampir di penawarannya yang tidak wajar, sedangkan dokumen pengadaan tidak mensyaratkan penyedia menyampaikan analisa harga satuan ?

Dalam kontrak, kalau ada harga satuan timpang bisa dibayar.
Jadi kalo analisa harga satuan ada yang kegedean, khan nggak masalah. Semua total harga penawaran penyedia khan masih dibawah hps.

3 comments:

  1. Kalau pendapat saya ini bukan masalah harga satuan timpang.. tetapi komponen koef yang tidak wajar..Ini pandangan saya terkait analisa harga satuan dalam kontrak HS dalam kontrak HS maupun campuran
    1. Pemenang lelang tidak selalu harga terendah, karena berdasarkan penilaian dalam hal ini mulai dari kesuaian metode kerja, jenis material, jenis peralatan, personil dll sehingga ditentukanlah pemenang. Ketika pemenang tidak melaksanakan metode, alat, dll sesuai dengan yang ditawarkan berarti apakah pemenang itu layak dimenangkan? Padahal mungkin ada penawar yang kalah krn metodenya sama dengan yg pemenang kerjakan tetapi tdk sesuai yg diinginkan oleh pemberi pekerjaan. Selama perubahan metode disetujui oleh PPK dan terdapat justifikasi teknis pasti pemeriksa tdk akan mempermasalahkan karena implementasi hukum dll akan diterima oleh PPK 100% sedang kontraktor 0%. Contoh yang kerap terjadi adalah beton yang cast on site menjadi precast (hal ini rata2 karena pihak kontraktor tdk cukup waktu alasannya, padahal karena mereka ingin lbh murah secara global, dan pihak ppk seringkali dalam posisi terjebak, maka posisi harga penawaran precastnya dipas2kan dgn cast on site, dan pemeriksa punya hak untuk menguji harga tersebut yang lagi2 PPK menjadi kambing hitam karena acc). Masih banyak contoh lainnya seperti penggunaan alat, lokasi dumping, dll.

    ReplyDelete
  2. 2. Penggelembungan komponen2/koefisien dalam harga satuan untuk meminimalisir kurang volume atau tidak menggunakan alat sesuai persyaratan. Contoh pemendahan material baja yang seharusnya menggunakan alat berat crane, karena ingin “efisien” maka menggunakan tenaga orang, maka untuk memperkecil nilai kemahalan pihak penyedia jasa memperkecil nilai koef crane dari yang seharusnya dan memperbesar koef truck dari nilai sebenarnya. Apakah menurut bapak ini bukan pemahalan harga atas trucknya? Contoh ke 2 koef besi beton dibuat seminimal mungkin agar bila ada temuan kekurangan volume tulangan dibandingkan dengan gambar akan menjadi tidak berupa kerugian karena koef dalam analisanya memang kecil? Contoh 3 JMF dan trial mix yang ternyata tidak sebesar kebutuhan bahan yang ditawarkan kadang over dosis sampai dengan bahan di penawaran bisa membuat 2x volume apakah bukan suatu pemborosan thp keuangan daerah/negara?
    3. Dsb.. yang saya susah klo menulisnya satu persatu

    ReplyDelete
  3. Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu kelly
    KellyWoodLoanFirmLtd
    (Kellywoodloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete