Sunday, March 6, 2016

Harga satuan timpang kaitannya dengan kerugian negara atau harga mark up ?

Pada saat evaluasi oleh pokja ULP
Harga satuan timpang bagi pokja ulp tidak digugurkan dan tidak dikoreksi/tidak diubah, cuman diklarifikasi bahwa logis/sesuai harga pasar atau tidak sesuai.. kegunaan dinyatakan timpang atau tidak nanti bagi pelaksanaan kontrak oleh ppk.

 Pada saat pelaksanaan kontrak oleh PPK
Bagi ppk dalam pelaksanaan kontrak jika menambah volume untuk item harga satuan timpang maka tambahan volume bila dinyatakan harganya timpang maka dinego sesuai narga pasarnya,,,bila item tersebut harganya dinilai tidak timpang maka boleh digunakan harganya..jadi harga satuan timpang ..menjadi pertimbangan ketika adanya tambahan volume..kalo tidak tambah volume..tidak perlu bicara harga satuan timpang...

Pada saat pembayaran
Untuk harga satuan timpang sesuai volume dalam kontrak boleh dibayar dan bukan merupakan kerugian negara.
Dalam hal ada tambahan volume, bila harga tersebut merupakan harga timpang maka pembayaran untuk tambahannya ( volume tambahan ), harus dilakukan negosiasi kewajaran harga.
Dalam hal harganya walaupun tinggi diatas 110% ( dinilai sebagai harga pasar, meski diatas 110% dari item harga ini di HPS), maka dibayar sesuai harga yang tertulis untuk item ini dikontrak.

Mark up ?
Bila ada suatu item pekerjaan dengan ada harga timpang, bukanlah suatu mark up harga, sepanjang nilai total penawaran masih dibawah total nilai HPS, meski auditor/aph memiliki bukti real atas item harga tersebut lebih rendah daripada harga item penawaran penyedia. Dalam hal ada yang timpang, pasti ada satu atau beberapa item penawaran lain yang jauh dibawah harga sesuai item harga dari HPS.

Pembahasan yang perlu dibaca :
 http://www.mudjisantosa.net/2012/06/harga-satuan-timpang.html

6 comments:

  1. Sebaiknya dalam pemaparan diatas perlu dicantumkan pasal atau dasar beberapa bunyi berupa penjelasan untuk pendukung kalimat tersebut supaya dapat dilakukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. INILAH KISAH NYATA SAYA . . . . . . .DENGAN SOLUSI CEPAT KAYA
      BAYAR HUTANG DENGAN CEPAT SUKSES DAN PUNYA USAHA SENDIRI
      MOMENT BERSEJARAH BUAT HIDUP SAYA DAN KELUARGA

      Saya membawa kabar baik kepada Anda semua warga negara indonesia saya di panggung ini, Tuhan telah benar-benar setia kepada saya dan seluruh rumah saya sejak bulan Mei 2017, kesaksian dan kabar baik saya berjalan seperti ini,
      Nama saya Y Sigit Wijatmaka, islam dalam agama dan saya berasal dari kota Serang indonesia, dengan alamat saya di bawah ini:
      Jl. Azalea 6 No. 65 Taman Lembah Hijau Lippo Cikarang, RT 005 / RW 007 Serang, saya seorang pemasar dan juga seorang penasihat bisnis di perusahaan tempat saya bekerja, saya ingin menggunakan platform ini untuk menginformasikan semua hal di platform ini yang yang membutuhkan dan mencari dana dengan cepat yang tulus.
      Saya dan istri saya dapat Anda lihat di foto profil saya berada dalam hutang yang sangat besar dan kami memutuskan untuk mencari pinjaman secara cepat dan instan tanpa resiko untuk melunasi hutang dan kami menghubungi KI JAMBRONG untuk mengajukan pinjaman dari PENARIKAN DANA GAIB yang pada bulan MEI 2017 yang lalu,
      INILAH KISAH PAHIT SAYA . . . .ATAU BISA DIBILANG DALAM SEJARAH HIDUP SAYA YANG KELAM
      kami ditipu oleh pemilik PERUSAHAAN dengan meminta kami membayar banyak biaya yang kami bayar dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjamannya, kami kehilangan sekitar 55 juta ke perusahaan pinjaman palsu di syngapore karena kami mengajukan pinjaman sebesar 1 miliar dan dengan semua biaya yang kami bayar, kami tidak mendapat pinjaman dan saya dan istri saya sangat frustrasi dan saya dipecat dari pekerjaan saya di perusahaan tempat saya bekerja karena saya juga mengambil pinjaman dari perusahaan tempat saya bekerja dan kami bangkrut dan muak dengan kehidupan .

      AWAL TITIK BALIK KEHIDUPAN SAYA. . . .BISA DIBILANG INILAH KISAH HIDUP SUKSES SAYA

      Jadi, Tuhan sangat baik hati, kami berdoa agar Tuhan mengarahkan kami ke seorang yang bisa membantu keadaan dan ke uangan kami,pada hari yang bersejarah dalam hidup saya tepatnya pada hari sabtu tanggal 20 Mei 2017, saya sedang browsing internet ketika saya bisa menemukan kesaksian seorang wanita indonesia dengan nama Novi Setyaningsih dengan alamat facebook/email setyaningsihnovi@yahoo.com
      yang berasal dari kota megalang, bagaimana Tuhan mengubah kehidupan finansialnya melalui KI JAMBRONG dengan pinjaman DANA GAIB dia meminta saya untuk menghubungi KI JAMBRONG dan dia mengenalkan saya kepada KI JAMBRONG dan dia memberi saya keberanian UNTUK mengajukan pinjaman dari KI JAMBRONG dan saya pun menghubungi beliau dengan NOMOR 0853-1712-1219
      dan SAYA mendapat pinjaman dari KI JAMBRONG sebesar 5 MILYAR yang merupakan pemilik PADEPOKAN . PENARIKAN DANA GAIB yang kemudian mengubah hidup saya sebelumnya yang di hina dan tidak dihargai oleh orang ,sekarang saya sudah berkecukupan dan mapan sebagai 1 keluarga punya usaha sendiri dan MOBIL PRIBADI kemudian untuk informasi lebih lanjut tentang KI JAMBRONG bisa MENGHUBUNGI = 0853-1712-1219 BELIAU benar-benar membantu kehidupan saya pinjaman dari DANA GAIB benar-benar mengubah hidup saya TERIMA KASIH KI JAMBRONG SEMOGA SEHAT SELALU
      akhirnya 5 Milyar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN SILAHKAN HUB AKI JAMBRONG DI 0853-1712-1219.)

      Catatan: satu kata sudah cukup untuk orang bijak dan terima kasih banyak atas bacaan kesaksian dan kabar baik saya
      Tuhan memberkati kalian semua!

      Delete
  2. Sebaiknya dalam pemaparan diatas perlu dicantumkan pasal atau dasar beberapa bunyi berupa penjelasan untuk pendukung kalimat tersebut supaya dapat dilakukan.

    ReplyDelete
  3. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda?
    Kami memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

    ReplyDelete
  4. Bagaimana jika ada salah satu item pekerjaan yg harga di DKH nya lebih mahal dari harga di analisa satuan pekerjaan , apakah penawaran tersebut bisa dikalahkan ? mengingat hal tersebut karena salah pengetikan yang seharusnya harga di analisa yang dimasukan ke dalam DKH tks

    ReplyDelete
  5. Apakah boleh peserta lelang memakai sfesifikasi teknis yang ada di dalam dokumen pengadaan untuk melengkapi penawarannya ? dan bagaimana jika spesifikasi tersebut digunakan ternyata dikalahkan oleh pokja dengan alasan ada item pekerjaan yang tidak sesuai dengan tipe pekerjaan yang dilelangkan , padahal itu adalah kesalahan PPK dalam membuat spesifikasi teknis nya yg ada di dalam dok lelang tersebut , dan kalau mau bijak seharusnya pokja harus merubahnya karena berarti spetek tersebut cacat karena tidak sesuai peraturan . dalam hal ini adalah pelelangan pek bangunan gedung dan ternyata didalam spektek ada item pekerjaan Base Corse . mohon petunjuk tks.

    ReplyDelete