Monday, July 31, 2017

PENGENDALIAN KONTRAK LEBIH PENTING DARIPADA DISKUSI PEMBERIAN KESEMPATAN 50 HARI

LAPORAN HARIAN DARI KONTRAKTOR KONSTRUKSI

Untuk kepentingan pengendalian dan pengawasan pelaksanaan pekerjaan, seluruh aktivitas kegiatan pekerjaan dilokasi pekerjaan dicatat dalam buku harian sebagai bahan laporan harian pekerjaan yang berisi rencana dan realisasi pekerjaan harian.

Laporan harian berisi:
a. jenis dan kuantitas bahan yang berada di lokasi pekerjaan;
b. penempatan tenaga kerja untuk tiap macam tugasnya;
c. jenis, jumlah dan kondisi peralatan;
d. jenis dan kuantitas pekerjaan yang dilaksanakan;
e. keadaan cuaca termasuk hujan, banjir dan peristiwa alam lainnya yang berpengaruh terhadap kelancaran pekerjaan; dan
f. catatan-catatan lain yang berkenaan dengan pelaksanaan.

Laporan harian dibuat oleh penyedia, apabila diperlukan diperiksa oleh konsultan, dan disetujui oleh wakil PPK.

Bisakah laporan harian yang berisi realisasi pekerjaan harian dicocokkan dengan kurva S sehingga diketahui adanya keterlambatan pekerjaan atau masih on schedule ?

IĆ½ya laporan harian dibuat oleh penyedia dan disetujui/ditandatangani oleh konsultan pengawas bahwa progres harian yg tercapai saat itu sdh sesuai yg direncanakan. Kalau terjadi penyimpangan below schedule konsultan memberikan catatan harian sebab keterlambatan, kecenderungan dan solusi/ansipasinya. Misalnya mesin excavator rusak, alat pancang rusak dll. Laporan harian ini kemudian dikompilasi dan digunakan sbg bahan untuk rapat mingguan (biasanya tiap 2 minggu/bln) diperiksa/di tt oleh PPK sekaligus membahas antisipasi atas kecenderungan bila ada hambatan dan PPK mengeluarkan instruksi buat penyedia dan kons pengawas.
Laporan harian ini merupakan laporan atas progres harian yg hrs dicapai sbg breakdown dari S-curve selama periode pelaksanaan dibreakdown scr bulanan, mingguan dan harian. Jadi keterlambatan sebetulnya sdh bisa diketahui sejak dini dan antisipasi juga hrs sedini mungkin.

Catatan dan instruksi PPK dalam rapat 2 mingguan ini dpt digunakan sbg landasan u membuat peringatan, SCM dan pemutusan kontrak.

Kalau langkah2 ini dipenuhi maka tidak mungkin terjadi dispute saat pemutusan kontrak.

No comments:

Post a Comment